5 Perbedaan Rem Tromol dan Cakram : Kelebihan & Kekurangan

Advertisements

Perbedaan Rem Tromol dan Cakram – Rem merupakan salah satu komponen kendaraan yang sangat penting, dimana fungsi utama rem adalah untuk mengurangi kecepatan pada kendaraan. Dengan demikian kendaraan dapat berhenti dengan aman dan nyaman.

Jenis rem sendiri ada dua macam, yaitu rem tromol dan cakram. Kedua jenis rem tersebut memiliki fungsi yang sama namun memiliki komponen dan cara kerja yang sangat berbeda. Kemudian kualitas dari pengurangan kecepatannya juga berbeda.

Kendaraan-kendaraan yang diproduksi pada masa kini, biasanya lebih banyak menggunakan jenis rem cakram. Meskipun masih ada beberapa tipe kendaraan yang menggunakan jenis rem tromol semuanya atau dikombinasi antara keduanya.

Advertisements

Dan pada kesempatan ini, Ujikokoh ingin memberikan informasi seputar perbedaan rem tromol dan cakram. Barang kali saja masih ada diantara anda yang belum mengetahui perbedaan dari kedua jenis rem tersebut dan anda ingin mengetahuinya.

Perbedaan Rem Tromol dan Cakram
Advertisements

Pengertian Rem Tromol dan Cakram

Sebelum kami lanjutkan ke pembahasan perbedaan antara kedua rem tersebut, maka ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu pengertian rem tromol dan juga rem cakram. Dengan mengetahui pengertiannya saja sudah dapat terlihat perbedaan antara kedua rem tersebut.

Pengertian Rem Tromol

Rem tromol adalah jenis rem yang bekerja dengan cara menggesekan sepatu rem dengan drum yang berputar mengikuti putaran roda. Gesekan antara sepatu rem dan drum inilah yang nantinya akan memperlambat laju kendaraan sampai dengan berhenti.

Sepatu rem pada rem tromol dibuat dengan bahan koefisien gesekan tinggi, hal tersebut bertujuan supaya rem bisa memperlambat laju kendaraan dengan lebih baik. Kemudian masa pakai sepatu rem juga menjadi lebih tahan lama, meskipun sering terjadi gesekan.

Pengertian Rem Cakram

Rem cakram dalah jenis rem yang bekerja dengan cara menjepit cakram atau piringan yang terpasang pada roda kendaraan. Penjepit yang digunakan untuk menjepit cakram adalah caliper yang dilengkapi dengan piston untuk mendorong brake pads ke piringan.

Bahan untuk membuat cakram sendiri biasanya dari bahan keramik campuran, hal tersebut bertujuan supaya cakram lebih tahan panas akibat gesekan tinggi pada saat melakukan proses pengereman. Sedangkan bahan brake pads tidak berbeda jauh dengan bahan sepatu rem pada rem tromol.

Kelebihan dan Kekurangan

Setelah mengetahui pengertian kedua rem tersebut, maka saatnya anda mengetahui juga kelebihan dan kekurangan kedua rem tersebut. Dengan mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangannya, maka anda bisa menentukan untuk lebih bagus menggunakan jenis rem yang mana.

Kelebihan Rem Tromol dan Cakram

Pembahasan pertama yang diberikan adalah kelebihan rem tromol dan cakram, dimana beberapa kelebihan kedua rem tersebut adalah sebagai berikut:

Kelebihan Rem Tromol

  • Sistem kerja rem mudah
  • Kinjera pengereman lebih halus
  • Harganya terjangkau

Keleihan Rem Cakram

  • Bentuk rem lebih sederhana dan simpel
  • Daya cengkram lebih kuat
  • Perawatan mudah dilakukan

Kekurangan Rem Tromol dan Cakram

Selanjutnya akan kami bahas kekurangan rem cakram dan tromol, dimana beberapa kekurangan kedua rem tersebut bisa langsung anda lihat dibawha ini.

Kekurangan Rem Tromol

  • Kemampuan mengeremen tidak terlalu kuat
  • Proses GANTI KAMPAS REM cukup rumit
  • Memiliki bentuk besar

Kekurangan Rem Cakram

  • Komponen rem cakram lebih cepat kotor
  • Kampas rem cakram memiliki masa pakai lebih pendek
  • Tidak cocok digunakan pada kendaraan berat
  • Harga lebih mahal

Perbedaan Rem Tromol dan Cakram

Setelah mengetahui beberapa hal tentang rem tromol dan cakram, maka saatnya kembali ke pokok pembahasan yaitu perbedaan anatara kedua rem tersebut. Dimana perbedaan paling mencolok ada 4 (empat) hal yang bisa langsung anda lihat dengan jelas dibawah ini.

1. Model Rem

Perbedaan pertama ialah model rem, dimana rem tromol dirancang dengan model tertutup karena menggunakan drum yang terhubung dengan roda. Sedangkan rem cakram dirancang dengan model terbuka dengan piriangan yang terhubung dengan roda untuk berhenti.

2. Komponen

Perbedaan kedua ialah terdapat pada komponen. Kedua rem ini memiliki perbedaan yang terlihat begitu jelas, dimana pada rem tromol tidak dilengkapi dengan adanya caliper yang digunakan untuk menekan piston ke brake pads kemudian dilanjutkan ke piringan.

3. Daya Rem

Perbedaan selanjutnya terdapat pada kemampuan atau daya rem. Daya rem cakram memang jauh lebih tinggi, namun rem cakram kurang memiliki ketahanan tinggi apabila digunakan pada jenis kendaraan berat. Oleh karena itu kendaraan berat lebih banyak menggunakan jenis rem tromol atau rem angin.

4. Harga

Perbedaan terakhir tentunya terdapat pada harga rem, dimana harga rem cakram sedikit lebih mahal. Oleh karena itu, tidak sedikit kendaraan dengan harga murah masih menggunakan rem tromol, karena memang harga rem tromol jauh lebih murah.

Akhir Kata

Demikian itu informasi tentang perbedaan rem tromol dan cakram yang sekiranya dapat kami berikan pada kesempatan hari ini, kami harap informasi tentang perbedaan rem diatas bisa memberikan tambahan pengetahuan kepada anda-anda sekalian.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.