4 Perbedaan Servis Ringan dan Lengkap AHASS

Advertisements

Perbedaan Servis Ringan dan Lengkap AHASS – AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) adalah bengkel resmi untuk sepeda motor Honda, dimana setiap pengguna sepeda motor Honda lebih direkomendasikan untuk melakukan perbaikan atau servis motor Honda di AHASS.

Karena mekanik di AHASS sendiri sudah terlatih dan lebih memahami setiap kondisi motor Honda itu sendiri, sehingga penanganan untuk setiap permasalahan pada motor Honda akan jauh lebih sesuai. Dan kondisi motor Honda itu sendiri akan menjadi lebih maksimal, karena ditangani dengan tepat.

Bengkel AHASS sendiri menawarkan beberapa pilihan paket servis, diantaranya adalah paket ringan, lengkap dan berat. Dimana setiap paket memiliki perbedaan, mulai dari tindakan yang dilakukan, biaya sampai waktu servis yang harus dilakukan pada motor Honda tesebut.

Advertisements

Nah, untuk kalian yang sekiranya baru pertama kali menggunakan motor Honda dan belum pernah melakukan servis di bengkel AHASS, maka tidak ada salahnya apabila kalian melihat terlebih dahulu informasi yang akan kami berikan mengenai perbedaan servis ringan dan lengkap di AHASS.

Perbedaan Servis Ringan dan Lengkap AHASS
Sumber Gambar: liputan6.com
Advertisements

Tujuan Servis Ringan dan Lengkap AHASS

Tujuan utama melakukan servis adalah untuk menjaga kondisi kendaraan tetap bagus, sehingga dapat memberikan performa maksimal pada saat digunakan. Adapun untuk servis ringan atau lengkap yang dipilih oleh pengguna tergantung dari kondisi motor itu sendiri.

Apabila kondisi motor masih dalam keadaan baik atau normal, tidak ada gangguan pada saat digunakan. Maka kami sarankan untuk memilih paket servis ringan. Sedangkan untuk tindakan yang lebih detail lagi, maka kalian bisa memilih paket servis lengkap untuk kendaraan yang ingin di servis.

Sedangkan untuk kondisi motor yang mengalami sebuah permasalahan, maka ada baiknya kalian pilih paket berat. Karena paket berat tidak termasuk ke dalam servis rutin, melainkan paket tersebut dapat dipilih apabila kondisi motor mengalami kerusakan dan membutuhkan penanganan khusus.

Tindakan Servis Ringan dan Lengkap AHASS

Seperti yang sudah sedikit kami jelaskan diatas, tindakan yang dilakukan pada paket lengkap jauh lebih banyak dibandingkan dengan paket servis ringan. Karena paket lengkap sendiri sudah mencakup semua tindakan pada servis ringan, ditambah dengan tindakan pada paket servis lengkap.

Sedangkan untuk tindakan pada paket servis ringan, tidak ada penambahan tindakan yang dilakukan untuk paket servis lengkap. Sehingga untuk kalian yang sekiranya ingin memeriksa motor lebih detail, dengan tujuan mengetahui kondisi motor. Maka bisa memilih paket servis lengkap.

Adapun beberapa tindakan yang dilakukan pada servis ringan dan lengkap itu sendiri diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Tindakan Servis Ringan

  • Cleaning dan Setting sistem bahan bakar
  • Cleaning saringan udara
  • Checking dan ganti oli mesin
  • Cleaning busi
  • Setting dan melumasi rantai roda
  • Setting rem roda depan & belakang
  • Checking kondisi aki
  • Checking kondisi lampu & klakson

2. Tindakan Servis Lengkap

  • Checking dan melumasi kabel gas
  • Checking dan Setting stang kemudi
  • Mengencangkan setiap baut & mur
  • Checking kondisi ban & roda
  • Setting klep
  • Setting kopling

Biaya Servis Ringan dan Lengkap AHASS

Perbedaan selanjutnya untuk servis ringan dan lengkap adalah pada biaya yang dikeluarkan, dimana biaya servis lengkap tentunya jauh lebih besar dibandingkan dengan biaya servis ringan. Dengan rincian biaya servis ringan dan lengkap di AHASS itu sendiri adalah sebagai berikut.

1. Biaya Servis Ringan

Untuk biaya servis ringan sendiri terbagi menjadi dua, yaitu biaya untuk motor karburator dan injeksi. Karena motor Honda sendiri terbagi menjadi dua sistem bahan bakar yang digunakan, yaitu karbuartor dan injeksi. Sehingga biaya service yang dikenakan untuk setiap sistem bahan bakar juga berbeda-beda.

Biaya Servis Ringan Motor Karburator

Tipe MotorBiaya Servis
Honda CUB 100 CCRp. 45,000
Honda Kharisma / Supra X 125 Series / KiranaRp. 60,000
Honda Revo 110 / Blade 110Rp. 50,000
Honda Beat / Scoopy / Spacy / VarioRp. 55,000
Honda WINRp. 55,000
Honda GL Pro / GL MaxRp. 55,000
Honda New Mega Pro / Mega ProRp. 70,000
Honda CS1Rp. 70,000
Honda TigerRp. 85,000
Honda PhantomRp. 85,000
Honda NSRRp. 100,000

Biaya Servis Ringan Motor Injeksi

Tipe MotorBiaya Servis
Honda Revo 110Rp. 45,000
Honda Supra X 125 SeriesRp. 60,000
Honda New Blade 125Rp. 60,000
Honda Vario / Spacy / Beat / ScoopyRp. 60,000
Honda Vario 150Rp. 75,000
Honda Verza / Mega ProRp. 80,000
Honda CBR 150R / CB 150RRp. 115,000
Honda CBR 250R / PCXRp. 125,000

2. Biaya Servis Lengkap

Sedangkan untuk biaya servis lengkap di AHASS juga terbagi menjadi dua berdasarkan sistem bahan bakar yang digunakan, yaitu karburator dan injeksi. Dimana untuk rincian biaya service lengkap motor Honda karburator dan injeksi di AHASS sendiri adalah sebagai berikut.

Biaya Servis Lengkap Motor Karburator

Tipe MotorBiaya Servis
Honda CUB 100 CCRp. 60,000
Honda Supra X 125 Series / Kirana / KharismaRp. 70,000
Honda Revo 110 / Blade 110Rp. 65,000
Honda Vario / Scoopy / Beat / SpacyRp. 70,000
Honda WINRp. 65,000
Honda GL Pro / GL MaxRp. 65,000
Honda New Mega Pro / Mega ProRp. 80,000
Honda CS1Rp. 80,000
Honda TigerRp. 110,000
Honda PhantomRp. 110,000
Honda NSRRp. 130,000

Biaya Servis Lengkap Motor Injeksi

Tipe MotorBiaya Servis
Honda Revo 110Rp. 60,000
Honda Supra X 125 SeriesRp. 75,000
Honda New Blade 125Rp. 75,000
Honda Vario / Scoopy / Beat / SpacyRp. 75,000
Honda Vario 150Rp. 85,000
Honda Verza / Mega ProRp. 90,000
Honda CBR 150R / CB 150RRp. 135,000
Honda CBR 250R / PCXRp. 160,000

Waktu Servis Ringan dan Lengkap AHASS

Sedangkan untuk waktu servis sendiri tergantung dari jumlah kilometer pada motor itu sendiri, biasanya untuk kilometer motor yang masih rendah cukup melakukan servis ringan saja. Sedangkan untuk servis lengkap biasanya dilakukan setelah beberapa kali melakukan servis ringan.

Atau bisa juga kalian memilih paket servis lengkap setiap kali motor tersebut akan melakukan perjalanan yang sangat jauh, seperti misalnya digunakan untuk mudik. Karena orang mudik sendiri biasanya memiliki jarak tempuh yang sangat jauh, sehingga tidak ada salahnya bagi kalian untuk memilih servis lengkap sebelum mudik.

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian dulu informasi yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan mengenai perbedaan servis ringan dan lengkap AHASS, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan banyak tambahan informasi bagi kalian semuanya yang memang sedang membutuhkan.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *