3 Perbedaan Shock Tabung dan Biasa Pada Motor

Advertisements

Perbedaan Shock Tabung dan Biasa – Shockbreaker merupakan komponen yang memiliki fungsi untuk meredam kejutan akibat gesekan antara roda pada kendaraan dengan jalan, sehingga para pengguna akan tetap merasa nyaman saat berkendara meskipun melewati jalanan rusak sekalipun.

Shockbreaker sendiri memiliki banyak jenis dan varian, mulai dari shock oli dan gas. Kemudian ada juga varian shock tabung dan biasa. Dimana dari setiap jenis dan varian shock tersebut memiliki fungsi yang sama, namun memiliki hasil redam berbeda-beda sesuai dengan jenis dan variannya.

Dan pada kesempatan ini kami ingin memberikan informasi mengenai perbedaan shock tabung dan biasa pada motor, barang kali saja masih ada diantara kalian yang belum mengetahui apa perbedaan dari kedua varian shockbreaker tersebut secara lengkap.

Advertisements

Maka dari itu, kami sarankan kepada kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan. Barang kali saja setelah melihat informasi yang kami berikan hari ini kalian menjadi tahu apa perbedaan shockbreaker tabung dan biasa secara lengkap.

Perbedaan Shock Tabung dan Biasa
Advertisements

Pengertian Shock Tabung dan Biasa

Shock tabung merupakan shockbreaker dengan adanya komponen tambahan berupa tabung yang berisikan gas, sedangkan shock biasa merupakan shockbreaker biasa yang terdiri pegas, tabung shockbreaker dan as saja. Sehingga dari sisi penampilan sudah sangat terlihat perbedaan kedua shock tersebut.

shockbreaker tabung sendiri tersedia dengan model tabung atas dan tabung bawah. Secara umum tidak ada perbedaan shockbreaker tabung atas dan bawah secara signifikan, hanya saja alur kerja dari kedua varian shockbreaker tabung atas dan bawah tersebut saja yang berbeda.

Untuk jenis shockbreaker tabung atas, cara kerjanya adalah oli akan dipompa ke atas terlebih dahulu. Setelah itu baru akan masuk ke dalam as shockbreaker ke bawah. Sedangkan untuk shockbreaker tabung bawah, cara kerjanya oli akan langsung melewati as shockbreaker.

Perbedaan Shock Tabung dan Biasa

Secara fungsional shockbreaker tabung dan biasa memiliki fungsi yang sama, hanya saja hasil dari pemegasan pada kedua jenis shockbreaker ini yang berbeda. Nah, untuk kalian yang ingin mengetahui secara lengkap perbedaan shock tabung dan biasa, maka bisa langsung melihatnya dibawah ini.

1. Penampilan Shockbreaker

Dilihat dari penampilan atau desainnya, kedua varian shock ini sudah memiliki perbedaan yang terlihat jelas. Dimana shockbreaker tabung dilengkapi dengan komponen tabung, sedangkan shockbreaker biasa tidak diberi komponen tabung. Sehingga para pengguna shockbreaker tabung biasanya menggunakannya untuk menambah nilai keindahan pada motor.

2. Komponen Tambahan

Seperti yang telah kami jelaskan diatas, shockbreaker tabung memiliki komponen tambahan berupa tabung. Sedangkan shock biasa tidak dilengkapi dengan komponen tambahan. Akan tetapi, komponen tambahan tersebut memiliki fungsi untuk menempatkan sebuah gas.

Dimana tabung pada shockbreaker tersebut berisikan sebuah gas yang nantinya akan berpengaruh terhadap elastisitas shockbreaker itu sendiri. Jadi komponen tambahan tersebut sebenarnya bukan sekedar komponen tambahan saja, melainkan juga memiliki sebuah fungsi.

3. Tingkat Elastisitas

Dengan adanya tambahan gas pada shockbreaker tabung, maka hal tersebut dapat berpengaruh terhadap tingkat elastisitas shockbreaker itu sendiri. Dimana shockbreaker tabung umumnya akan terasa lebih keras dibandingkan dengan shockbreaker biasa yang tidak dilengkapi tabung.

Hal ini sama halnya dengan perbedaan shock oli dan gas, dimana tingkat elastisitas shock gas jauh lebih keras dibandingkan dengan shock oli. Sehingga shockbreaker tabung juga akan terasa lebih keras meskipun shockbreaker ini masih tetap menggunakan oli didalamnya.

Harga Shock Tabung dan Biasa

Setelah mengetahui perbedaan kedua varian shock tersebut, maka hal terakhir yang perlu diketahui ialah harga shock tabung dan biasa. Dimana harga kedua varian shockbreaker tersebut sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh, kembali lagi ke merk shockbreaker itu sendiri.

Dimana harga shockbreaker tabung dan biasa ada yang memiliki harga ratusan ribu, namun untuk harga shockbreaker biasa tidak mencapai jutaan. Karena harga shockbreaker tabung motor biasa ada yang mencapai harga jutaan, seperti misalnya harga shockbreaker tabung RCB.

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi dari Uji Kokoh yang membahas tentang informasi perbedaan shock tabung dan biasa, kami harap informasi yang baru saja kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan tambahan informasi seputar dunia otomotif kalian.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *