Rem Tangan Mobil Tidak Berfungsi ? Penyebab & Cara Mengatasi

Advertisements

Rem Tangan Mobil Tidak Berfungsi – Rem tangan mobil merupakan sebuah sistem pengereman yang terdapat kendaraan roda empat atau lebih. Rem tangan mobil dikenal juga sebagai rem parkir, karena sistem pengereman ini banyak digunakan pada kondisi mobil diam.

Rem tangan pada mobil umumnya berupa tuas yang posisinya terletak di bagian tengah sebelah tuas transmisi. Namun seiring dengan perkembangan zaman, terdapat beberapa jenis rem tangan, mulai dari rem tangan geser sampai dengan jenis rem tangan tombol atau Auto Hold Brake.

Citayam

Dan pada kesempatan ini, kami ingin membahas informasi tentang rem tangan mobil tidak berfungsi. Kondisi ini biasanya dapat terjadi apabila pemakaian mobil sudah cukup lama, menjadikan ada beberapa komponen yang rusak dan menyebabkan komponen utama tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Advertisements

Apabila kalian sedang mengalami kondisi tersebut, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat informasi yang pada kesempatan ini akan kami berikan. Karena pada pembahasan yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini akan disajikan secara lengkap, mulai dari penyebab sampai dengan cara mengatasinya.

Rem Tangan Mobil Tidak Berfungsi
Advertisements

Ciri-Ciri Rem Tangan Mobil Tidak Berfungsi

Sebelum kami bahas lebih lanjut tentang kenapa rem tangan mobil tidak bekerja dengan baik, maka ada baiknya jika kalian mengetahui terlebih dahulu beberapa ciri-ciri rem tangan mobil tidak berfungsi terlebih dahulu. Dengan mengetahui beberapa ciri tersebut, maka kalian dapat mengetahui kondisi rem tangan itu sendiri.

1. Perhatikan Suara Klik Pada Tuas

Rem tangan jenis stik umumnya memiliki jumlah klik antara lima sampai tujuh pada saat ditarik. Apabila suara klik yang dihasilkan lebih dari tujuh, maka ada baiknya jika kalian periksakan rem tangan pada mobil kalian. Karena bisa saja terjadi perubahan pada settingan rem tangan tersebut.

2. Tuas Rem Tangan Keras

Apabila kondisi rem tangan keras pada saat ditarik atau dilepas, maka hal tersebut bisa menandakan jika kondisi kampas rem sudah tipis atau bisa juga menandakan kabel atau slim rem terjepit. Sehingga menyebabkan tuas rem menjadi keras pada saat ditarik atau dilepas.

Penyebab Rem Tangan Mobil Tidak Berfungsi

Setelah mengetahui beberapa ciri-ciri apabila rem tangan tidak bekerja sebagaimana mestinya, maka saatnya mengetahui apa saja yang menjadi penyebab rem tangan mobil tidak berfungsi dengan baik. Dimana terdapat beberapa penyebab permasalahan tersebut yang diantaranya adalah

1. Setelan Kampas Rem

Penyebab pertama bisa dikarenakan setelan kampas rem yang sudah berkurang, hal tesebut dapat menjadikan cengkraman kampas rem ke tromol menjadi berkurang atau kurang kuat. Sehingga rem tangan pada mobil tidak bekerja sebagaimana mestinya.

2. Kampas Rem Aus

Penyebab selanjutnya bisa dikarenkan kampas rem sudah aus. Pada kondisi ini juga tidak berbeda jauh dengan penyebab pertama, dimana kampas rem tidak dapat mencengkram tromol dengan kuat. Sehingga hal tersebut menjadikan rem tangan tidak bekerja secara sempurna.

3. Kabel Rem Tangan Putus

Penyebab ketiga bisa dikarenakan kabel rem tangan sudah mulai berkurang kekuatannya atau bahkan sudah putus. Pada kondisi seperti ini, biasanya rem tangan tidak akan berfungsi dengan baik. Karena kondisi tersebut tidak terjadi penarikan rem pada mobil sebagaimana mestinya.

4. Tuas Rem Tangan Rusak

Penyebab terakhir bisa dikarenakan tuas rem tangan rusak. Kondisi ini juga tidak berbeda jauh dengan kondisi diatas, dimana rem pada mobil tidak terjadi pengereman. Karena tidak ada penarikan kampas rem yang seharusnya dilakukan oleh tuas rem tangan itu sendiri.

Cara Mengatasi Rem Tangan Mobil Tidak Berfungsi

Adapun untuk mengatasi rem tangan mobil tidak berfungsi harus disesuaikan dengan penyebab dari masalah itu sendiri. Jadi sebelum kalian mengatasi permasalahan tersebut, ada baiknya jika kalian memeriksa terlebih dahulu setiap komponen pada rem tangan.

Kalian bisa mulai memeriksa kondisi tuas rem tangan pada mobil, kemudian memeriksa kabel rem tangan. Setelah itu bisa dilanjutkan memeriksa kondisi rem pada mobil, apakah kampas rem masih dalam kondisi baik dan masih bekerja atau berfungsi dengan baik.

Apabila dari beberapa penyebab diatas masih belum dapat mengetasi permasalahan rem tangan mobil tidak bekerja, maka kami sarankan kepada kalian untuk memeriksakan kondisi rem tangan kailan di bengkel. Barang kali saja ada beberapa komponen lainnya yang juga rusak.

Akhir Kata

Demikian itu informasi mengenai rem tangan mobil tidak berfungsi yang dapat Uji Kokoh berikan untuk kalian semua pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja informasi yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian semuanya.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.