Sistem Penerangan Motor : Pengertian, Komponen & Fungsi

Advertisements

Sistem Penerangan Motor – Sistem penerangan motor adalah sebuah sistem yang digunakan untuk menjalankan komponen penerangan, yaitu lampu. Dimana sepeda motor ataupun kendaraan bermotor lainnya membutuhkan sebuah penerangan, terlebih lagi jika berkendara di malam hari.

Sistem penerangan ini sendiri terdiri dari sejumlah komponen, dan dari setiap komponen tersebut dirangkai menjadi satu ke satuan sehingga dapat memberikan penerangan pada kendaraan. Sistem penerangan ini sendiri tidak hanya mengacu pada lampu utama, namun mengacu juga pada lampu berhenti, signal dan dashboard.

Nah, untuk kalian yang sekiranya ingin mengetahui bagaimana sistem penerangan pada motor, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan. Karena kami akan membahas informasi seputar penerangan motor secara lengkap.

Advertisements

Untuk itu, bagi kalian yang ingin mengetahui informasi tersebut secara lengkap, maka kami sarankan kepada kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan. Supaya kalian dapat mengetahui informasi seputar sistem penerangan pada motor.

Sistem Penerangan Motor
Sumber: autoexpose.org
Advertisements

Fungsi Sistem Penerangan Motor

Seperti yang sudah kami sedikit jelaskan diatas, dimana sistem penerangan memiliki fungsi untuk memberikan penerangan pada kendaraan bermotor. Karena kendaraan bermotor sendiri selain digunakan pada waktu siang hari, digunakan juga pada waktu malam hari.

Dan pada saat motor digunakan pada waktu malam hari, maka akan membutuhkan penerangan. Karena tanpa adanya penerangan, maka hal tersebut akan sangat membahayakan pengguna kendaraan bermotor itu sendiri. Pengendara bermotor tidak mungkin dapat melihat jalan tanpa adanya penerangan.

Komponen Sistem Penerangan Motor

Sistem penerangan motor sendiri terdiri dari beberapa komponen, beberapa komponen tersebut diantaranya adalah baterai, saklar, kabel dan lampu. Dari beberapa komponen tersebut, kemudian dirangkai menjadi satu kesatuan. Sehingga tercipta sebuah sistem penerangan pada kendaraan bermotor.

1. Baterai

Baterai atau aki merupakan sumber listrik pada sistem penerangan, karena tanpa adanya sumber listrik, maka sistem tersebut tidak dapat bekerja. Dan selain sistem penerangan, beberapa komponen pada sepeda motor lainnya yang membutuhkan sumber listrik juga tidak dapat bekerja seperti misalnya klakson.

2. Saklar

Saklar atau switch merupakan komponen yang digunakan untuk mengaktifkan dan mematikan sistem penerangan. Meskipun untuk keluaran motor terbaru saat ini sudah tidak tersedia saklar untuk lampu utama, namun masih tetap ada beberapa saklar untuk lampu lainnya, seperti lampu signal atau sein.

3. Kabel

Kabel adalah komponen yang memiliki fungsi untuk menghubungkan komponen satu dengan komponen lainnya, terutama untuk menghubungkan sumber listrik ke beberapa komponen lainnya. Diaman setiap motor pasti memiliki kabel body motor yang dirangkan untuk setiap komponen pada motor.

4. Lampu

Lampu adalah komponen terakhir yang memiliki fungsi sebagai sumber cahaya. Komponen ini sendiri terdiri dari beberapa macam, yaitu ada lampu utama, lampu sein / signal, dan lampu berhenti. Dimana setiap lampu tersebut memiliki fungsinya masing-masing.

Cara Kerja Sistem Penerangan Motor

Cara kerja sistem penerangan sendiri sebenarnya sangat sederhana, yaitu pada saat saklar di aktifkan atau pada posisi on, maka sumber listrik akan mengalir ke fuse dan relay, kemudian akan menghidupkan lampu. Begitu juga sebaliknya, pada saat saklar dimatikan, maka aliran listrik akan terhenti dan lampu akan mati.

Apabila sistem penerangan tersebut tidak bekerja sebagaimana mestinya, maka ada beberapa kerusakan pada salah satu komponen yang ada. Entah itu dari sumber listrik, kabel atau lampu itu sendiri. Apabila ada kerusakan, maka harus memeriksa satu per satu mulai dari sumber listriknya.

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian dulu informasi yang dapat Uji Kokoh berikan mengenai pengertian, fungsi dan komponen sistem penerangan motor untuk saat ini, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan tambahan informasi bagi kalian semuanya.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *