Soal Ujian Teori SIM C 2021 : Tips Mengerjakan

Soal Ujian Teori SIM C – Apakah kalian merupakan pengendera sepeda motor ? Jika demikian, kalian pasti tahu bahwa SIM C adalah surat-surat penting dalam berkendara.

Berbicara mengenai SIM C, tahukah kalian pada pembuatan SIM C ada tahap ujian teori atau tertulis. Pada tahap tersebut peserta akan dihadapkan dengan 30 soal.

Soal-soal tersebut juga harus diselesaikan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan, yaitu 30 menit. Lalu apa saja sih soal ujian teori SIM C ? Tenang, semua itu akan kami jelaskan pada bagian pembahasan.

Sebelum itu, kalian juga perlu tahu bahwa proses pembuatan SIM C juga ada test taua ujian praktek. Pada tahapan ini peserta wajib melewati 3 jenis ujian, yaitu keseimbangan, ketangkasan dan kecekatan.

Ini Dia Soal Ujian Teori SIM C Lengkap Dengan Tips Mengerjakan

Ini Dia Soal Ujian Teori SIM C Lengkap Dengan Tips Mengerjakan

Nah, bagi kalian yang baru akan membuat SIM C, berikut kami akan menjelaskan sedikti mengenai soal ujian teori SIM C. Bukan hanya itu, Ujikokoh juga memiliki informasi mengenai tips sukses lolos ujian teori dan praktek pada pembuatan SIM C. Untuk itu, langsung saja simak selengkapnya dibawah ini.

Tahap Pembuatan SIM C

Tahap Pembuatan SIM C

Dalam proses pembuatan SIM C kalian perlu melewati beberapa tahapan, antara lain adalah :

  1. Mengisi Formulir data diri.
  2. Mengikuti seleksi ujian teori / tertulis.
  3. Mengikuti seleksi ujian praktek.
  4. Melengkapi berkas persyaratan (KTP dan Foto).
  5. Membayar biaya pembuatan SIM C.
  6. Pengambilan SIM C.

Namun pada pembahasan kali ini kami akan khusus memberikan tips atau kiat sukses supaya lolos seleksi ujian teori dan praktek. Karena jika kedua tahapan tersebut bisa kalian lewati, selebihnya petugas akan membimbing kalian sampai proses pengambilan SIM C.

Soal Ujian Teori SIM C

Soal Ujian Teori SIM C

SIM C merupakan surat izin mengemudi bagi para pengendara sepeda motor. Oleh karena itu, pada proses pembuatannya kalian akan dihadapkan dengan 30 soal teori mengenai rambu-rambu lalu lintas.

Nah, bagi kalian yang akan mengikuti seleksi pembuatan SIM C, kami sarankan untuk mempelajari materi tentang peraturan lalu lintas. Kalian bisa menggunakan buku Undang Undang Lalu Lintas yang bisa dibeli melalui Tokopedia.

Soal ujian teori SIM C sendiri wajib kalian selesaikan dalam waktu kurang dari 30 menit. Kemudian agar bisa lolos ke tahap selanjutnya, kalian wajib menjawab dengan benar minimal 21 soal.

Tips Mengerjakan Soal Tertulis SIM C

Tips Mengerjakan Soal Tertulis SIM C

Kemudian kami juga memiliki tips sukses agar lolos tahap ujian teori SIM C. Apa sajakah tips tersebut ? Silahkan simak selengkapnya dibawah ini :

  • Pastikan kalian berdoa sebelum mengerjakan soal.
  • Pastikan kalian sudah mempelajari materi terkait rambu-rambu lalu lintas, khususnya untuk kendaraan roda dua.
  • Ikuti tahap seleksi pada pagi hari agar otak kalian lebih fresh untuk mengingat materi yang sudah dipelajari.
  • Kerjakan soal dengan benar dan teliti kembali.
  • Sebisa mungkin jangan mencotek.
  • Berhenti mengerjakan soal setelah petugas memberi aba-aba bahwa waktu mengerjakan sudah habis.

Tips Lolos Ujian Praktek SIM C

Tips Lolos Ujian Praktek SIM C

Setelah berhasil lolos ujian teori, selanjtunya kalian akan diminta untuk mengikuti tahap selanjutnya, yaitu ujian praktek. Pada tahapan ini kami sarankan untuk menggunakan motor matic. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kalian gunakan pada tahap ujian praktek SIM C :

  • Berdoa sebelum mulai ujian praktek.
  • Pada uji keseimbangan gunakan kecepatan motor yang stabil (mulai dari 0 km/h – 40 km/h).
  • Gunakan kecepatan 30 km/h saat melintasi ringtangan slalom.
  • Pastikan motor kalian memiliki kualitas rem yang baik agar bisa melewati uji kecekatan pada tahap ujian praktek.

FAQ

Apa Itu SIM C ?

Merupakan surat izin mengemudi untuk para pengguna kendaraan roda dua. Ketentuan mengenai SIM C telah diatur dalam Undang Undang yang berlaku.

Tentang Apa Soal Ujian Tertulis SIM C ?

Ujian tertulis SIM C berisi tentang rambu-rambu lalu lintas dan pengetahuan lainnya terkait peraturan lalu lintas untuk kendaraan roda dua.

Bagaimana Caranya Agar Lolos Ujian Tertulis SIM C ?

Pelajari semua materi tentang rambu-rambu lalu lintas, bisa melalui buku maupun menonton video mengenai materi tersebut di Youtube.

Selain BAYAR PAJAK MOTOR, pengguna kendaraan roda dua juga wajib mempunyai SIM C. Nah, untuk membuat surat izin mengemudi sepeda motor silahkan datang ke kantor Samsat di Daerah kalian. Sesampainya disana kalian akan dibimbing untuk setiap tahapan, salah satunya adalah ujian teori. Untuk ujian tersebut Ujikokoh.com telah memberikan sedikit bocoran mengenai soal serta tips mengerjakannya pada ulasan diatas.

You May Also Like

About the Author: Suhendar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *