Starter Motor Mati Tapi Klakson Hidup, Penyebab & Solusi

Advertisements

Starter Motor Mati Tapi Klakson Hidup – Elektrik starter merupakan komponen yang digunakan untuk menghidupkan mesin kendaraan, komponen ini bekerja dengan cara dihubungkan dengan aki atau bateri yang dilanjutkan ke dinamo starter yang berfungsi untuk memutar piston untuk pertama kali.

Komponen ini juga terkadang mengalami sebuah kendala, seperti misalnya starter motor mati tapi klakson hidup dan beberapa permasalahan lainnya. Apabila kondisi starter motor mati, maka hal tersebut akan membuat sulit penggunanya. Karena harus menggunakan kick starter.

Nah, untuk kalian yang sekiranya saat ini sedang mengalami permasalahan starter motor mati tapi klakson hidup, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu pembahasan yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan secara lengkap untuk kalian semua.

Advertisements

Karena pada kesempatan ini kami akan mambahas tentang cara mengatasi dan penyebab starter motor mati tapi klakson hidup, barang kali saja setelah kalian melihat informasi tersebut, permasalahan yang kalian hadapi akan terbantu dan terselesaikan.

Starter Motor Mati Tapi Klakson Hidup
Sumber: liputan6.com
Advertisements

Starter Motor Mati Tapi Klakson Hidup

Kondisi starter motor mati biasanya dikarenakan oleh aki atau baterai yang sudah soak. Akan tetapi, jika motor tidak dapat distarter namun kondisi klakson masih hidup. Maka hal tersebut sudah terlihat jelas sumber permasalahannya terdapat pada rangkaian starter motor, bukan karena aki soak.

Sehingga dalam kasus ini, beberapa penyebab permasalahannya bisa dikarenakan oleh beberapa rangkaian pada starter motor. Dan untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut, maka harus diperiksa terlebih dahulu komponen-komponen pada setiap rangkaian starter motor.

Penyebab Starter Motor Mati Tapi Klakson Hidup

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, dimana kondisi starter motor mati namun klakson masih tetap hidup bukan dikarenakan oleh aki motor soak. Namun dapat disebabkan oleh komponen pada rangkaian motor starter yang rusak.

Adapun beberapa komponen pada rangkaian starter motor yang dapat menyebabkan hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Starter Elektrik Kotor

Komponen pertama bisa dikarenakan switch atau tombol elektrik starter mengalami masalah, permasalahan tersebut bisa dikarenakan ada kerusakan komponen atau hanya karena kondisi kotor. Maka dari itu, hal pertama yang dapat dilakukan adalah memeriksa switch elektrik starter.

2. Kabel Starter Rusak

Bagian selanjutnya yang dapat menyebabkan permasalahan ini adalah kabel starter putus atau rusak. Kondisi kabel yang bermasalah dapat menyebabkan aliran listrik dari aki tidak berjalan sebagaimana mestinya, sehingga hal tersebut dapat menyebabkan starter motor mati.

3. Dinamo Starter Bermasalah

Penyebab selanjutnya dapat dikarenakan oleh dinamo starter bermasalah. Apabila komponen ini yang mengalami masalah, maka hal tersebut juga dapat mempengaruhi terhadap kondisi motor tidak dapat distarter. Karena dinamo starter merupakan komponen yang pertama kali akan menggerakan mesin.

4. Sekring Putus

Komponen selanjutnya yang dapat menyebabkan permasalahan ini adalah sekring atau fuse putus. Sekring memiliki fungsi untuk memutuskan aliran listrik apabila terjadi korsleting atau arus listrik terlalu besar. Akan tetapi jika sekring putus, maka tidak ada aliran listrik yang lewat.

5. Busi Lemah

Hal terakhir yang dapat menyebabkan starter motor tidak bisa hidup adalah busi lemah. Dimana fungsi busi adalah untuk memercikan bunga api yang nantinya akan diteruskan untuk memberi kompresi pada mesin. Apabila komponen ini lemah atau rusak, maka tidak akan terjadi percikan bunga api yang digunakan untuk membuat kompresi.

Cara Mengatasi Starter Motor Mati Tapi Klaskson Hidup

Setelah mengetahui beberapa penyebab permasalahan, lantas bagaimana cara mengatasi starter motor mati tapi klakson hidup? Adapun cara mengatasi permasalahan tersebut harus memeriksa setiap komponen yang telah kami jelaskan pada bagian penyebab permasalahan diatas.

Jadi kami sarankan untuk memeriksa switch starter motor terlebih dahulu, pastikan komponen ini benar-benar bekerja sebagaimana mestinya. Selain itu, kalian juga membersihkan komponen ini, barang kali saja karena kondisi switch yang kotor sehingga menghambat aliran listrik.

Apabila komponen tersebut bukan merupakan sumber permasalahan, maka hal selanjutnya adalah memeriksa rangkaian kabel starter motor. Pastikan semua kabel masih dalam kondisi bagus dan tidak ada yang terputus atau rusak, apabila ada kondisi kabel yang putus atau rusak maka bisa coba untuk diperbaiki.

Setelah memeriksa rangkaian kabel starter motor ternyata permasalahan tersebut masih belum teratasi, maka silahkan dilanjutkan dengan memeriksa komponen selanjutnya, yaitu dinamo starter. Pastikan komponen tersebut dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Apabila komponen tersebut memang bukan merupakan sumber dari permasalahan, maka silahkan dilanjutkan kembali ke penyebab selanjutnya yang telah kami jelaskan diatas sampai ditemukan sumber dari permasalahan tersebut. Sehingga permasalahan tersebut dapat teratasi.

Akhir Kata

Demikian itu informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi starter motor mati tapi klakson hidup yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami sampaikan diatas dapat memberikan banyak manfaat.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *