5 Syarat Ambil BPKB Secara Lengkap di SAMSAT, BCA Finance, BAF, FIF

Syarat Ambil BPKB – BPKB yang merupakan kepanjangan dari Buku Pemilik Kendaraan Bermotor merupakan buku yang diterbitkan atau dikeluarkan oleh SATLANTAS POLRI sebagai bentuk bukti kepemilikian dari kendaraan bermotor. BPKB umumnya akan diterbitkan bersamaan dengan STNK dan TNKB.

Kendaraan yang umumnya diperbolehkan digunakan dijalan ialah kendaraan yang dilengkapi dengan surat-surat (BPKB dan STNK) lengkap. Kemudian pengendara juga harus memiliki SIM (Surat Ijin Mengemudi). Sedangkan untuk kendaraan yang tidak dilengkapi dengan surat-surat, maka kendaraan tersebut tidak dapat digunakan secara hukum.

Nah untuk anda yang sekiranya dalam waktu dekat ini baru saja membeli sebuah kendaraan, biasanya kendaraan tersebut belum dilengkapi dengan surat-surat. Karena memang jenis kendaraan bermotor baru surat-suratnya baru akan diurus ketika kendaraan tersebut telah laku terjual.

Sehingga akan ada waktu menunggu kelengkapan surat-surat kendaraan tersebut, akan tetapi untuk jenis kendaraan baru masih tetap dapat digunakan karena memang sudah ada pengecualian dan memiliki surat jalan yang diberikan untuk pemilik kendaraan baru.

Syarat Ambil BPKB Secara Lengkap

Syarat Ambil BPKB Secara Lengkap

Pada saat surat-surat (BPKB dan STNK) kendaraan baru telah jadi, biasanya pemilik kendaraan akan dihubungi dan diminta untuk mengambil surat-surat tersebut. Nah untuk mengambil BPKB atau STNK itu biasanya memerlukan beberap syarat yang perlu dilengkapi.

Dan tempat pengambilan BPKB atau STNK itu ada beberapa tempat, seperti contohnya di kantor SAMSAT, BCA atau Adira Finance dan beberapa tempat lainnya. Apabila anda merasa belum mengetahui apa saja syarat ambil BPKB itu, maka langsung saja anda melihat informasi selengkapnya yang akan Ujikokoh.com berikan dibawah ini.

Pengambilan BPKB di SAMSAT

Pengambilan BPKB di SAMSAT

Tempat pertama yang umumnya dituju untuk mengambil surat BPKB adalah kantor SAMSAT, karena memang kantor ini yang mengurus segala urusan yang berhubungan dengan lalu lintas. Adapun untuk syarat-syarat yang perlu dipersiapkan untuk ambil BPKB di kantor SAMSAT adalah sebagai berikut.

  1. Resi pengambilan BPKB
  2. STNK baru (Fotocopy)
  3. KTP pemilik kendaraan (Asli / Fotocopy)
  4. KTP pengambil (Fotocopy)
  5. SURAT KUASA PENGAMBILAN BPKB

Bagi anda yang mengambil BPKB tanpa diwakilkan, maka untuk poin ke 4 dan 5 bisa dilewati. Akan tetapi untuk anda yang diwakilkan, maka poin ke 4 dan 5 harus dilengkapi persyaratannya.

Pengambilan BPKB di BCA Finance

Pengambilan BPKB di BCA Finance

Tempat berikutnya yang biasanya dituju untuk ambil BPKB adalah BCA Finance, karena sepeda motor yang dijual itu biasanya berhubungan dengan pihak Bank, maka untuk pengambilan BPKB akan dilakukan di Bank sesuai dengan Bank yang menjalin hubungan dengan dealer tempat anda membeli kendaraan.

Adapun beberapa syarat yang perlu dilengkapi apabila anda akan mengambil BPKB di BCA Finance adalah sebagai berikut.

  1. KTP pemlik (asli)
  2. Bukti kwitansi pelunasan
  3. Surat Kuasa bermaterai Rp 6.000
  4. Surat Keterangan dari Desa (Jika alamat tinggal dan KTP berbeda)

Poin nomor 3 harus dilengkapi bagi anda yang ingin mengambil BPKB di BCA Finance dengan cara diwakilkan oleh orang lain, akan tetapi untuk mengambil sendiri maka tidak perlu melengkapi syarat tersebut.

Pengambilan BPKB di Adira Finance

Pengambilan BPKB di Adira Finance

Pengambilan BPKB selanjutnya dapat dilakukan di Adira Finance, dimana perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan yang membiayai pembelian produk seperti kendaraan bermotor. Bagi anda yang membeli kendaraan di sebuah dealer yang bekerja sama dengan Adira Finance, maka anda harus mengambil BPKB di kantor tersebut.

Adapun untuk syarat mengambil BPKB di Adira Finance adalah sebagai berikut.

  1. KTP Pemilik (Asli)
  2. Bukti Pembayaran Terakhir / Pelunasan
  3. Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Sama dengan dua tempat untuk ambil BPKB diatas, apabila orang yang mengambil BPKB merupakan pemilik dari kendaraan itu sendiri, maka syarat pada poin nomor 3 tidak diperlukan.

Syarat Pengambilan BPKB di BAF

Cara Pengambilan di BAF

BAF atau kepanjangan dari Bussan Auto Finance adalah tempat selanjutnya yang umumnya dituju untuk mengambil BPKB. Adapun untuk syarat pengambilan BPKB di BAF adalah sebagai berikut.

  1. KTP Pemilik (Asli)
  2. Bukti pembayaran terakhir
  3. STNK (Asli)
  4. Surat Kuasa bermateri Rp 6.000
  5. Surat Pernyataan pihak ke 3
  6. KTP Penerima Kuasa (Asli)

Apabila pemilik kendaraan mengambil sendiri BPKB tersebut di kantor BAF, maka syarat pada poin ke 4 sampai 6 tidak perlu dilengkapi. Akan tetapi untuk anda yang diwakilkan, maka poin ke 4 sampai ke 6 harus dilengkapi.

Syarat Pengambilan BPKB di FIF

Cara Mengambil di Kantor FIF

FIF atau kepanjangan dari Federal International Finance merupakan sebuah perusahaan pembiayaan yang didirikan oleh Astra bagi para konsumen yang membeli kendaraan bermotor dengan merek Honda. Perusahaan ini telah didirikan sejak tahun 1989.

Adapun untuk syarat pengambilan BPKB di FIF adalah sebagai berikut.

  1. KTP Pengambil (Asli dan Fotocopy)
  2. Bukti Pembayaran Terakhir
  3. Surat Kuasa Bermaterai

Sama dengan beberapa tempat yang telah kami jelaskan diatas, surat kuasa digunakan bagi anda yang ingin mengambil BPKB akan tetapi diwakilkan. Bagi anda yang melakukan pengambilan sendiri, maka surat tersebut tidak diperlukan.

Demikian itu untuk informasi mengenai syarat ambil BPKB yang sekiranya kami dapat berikan kepada anda untuk hari ini, kami berharap informasi yang baru saja kami berikan diatas tadi dapat berguna bagi anda-anda semuanya. Terutama untuk anda-anda yang memang belum mengetahui informasi tersebut.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *