Takaran Oli Shock Depan Yamaha Byson : Harga & Waktu Ganti

Advertisements

Takaran Oli Shock Depan Yamaha Byson – Shock absorber atau dalam bahasa Indonesia adalah peredam kejut merupakan salah satu komponen pada kendaraan yang akan membuat para pengguna merasa nyaman pada saat berkendara.

Pada kendaraan roda dua, terdapat dua shock absorber, yaitu shock depan dan belakang. Shock depan dan belakang motor dirancang dengan model yang berbeda, dimana shock belakang dirancang lebih kuat karena untuk menahan beban utama kendaraan.

Citayam

Sedangkan untuk shock depan dirancang lebih sederhana karena hanya untuk meredam energi benturan dari roda dengan jalan agar lebih terasa nyaman di stang motor. Dan pada kesempatan ini kami ingin memberikan informasi takaran oli shock depan Yamaha Byson.

Advertisements

Barang kali saja diantara kalian ada yang sedang mencari informasi tersebut, karena ingin mengganti oli shock depan Yamaha Byson. Namun kalian belum mengetahui berapa ukuran oli shock depan motor tersebut. Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat informasi ini terlebih dahulu.

Takaran Oli Shock Depan Yamaha Byson
Advertisements

Takaran Oli Shock Depan Yamaha Byson

Takaran oli shock depan Yamaha Byson sendiri terbagi menjadi dua, karena motor Yamaha Byson dirancang dengan dua model saat ini, yaitu Yamaha Byson karbu dan FI (Fuel Injection) dan kedua model motor tersebut memiliki ukuran oli shock yang berbeda. Dimana takaran oli shock kedua model motor tersebut adalah sebagai berikut.

Tipe MotorTakaran Oli Shock Depan
Yamaha Byson Karbu459 ml
Yamaha Byson FI487 ml

Takaran oli shock depan diatas merupakan takaran untuk satu buah shock absorber. Karena model shock depan memiliki dua buah shock absorber, maka takaran oli shock diatas dikalikan 2 (dua). Sebagai contoh oli shock depan Yamaha Byson karbu berukuran 459 ml, maka total untuk kedua shock menjadi 459 + 459 = 918 ml.

Dimana ukuran oli shock depan ini memang cenderung sangat banyak, jika dibandingkan dengan Takaran Oli Shock Depan Honda Verza yang hanya membutuhkan oli 159 ml untuk satu tabung shock depan, jadi untuk total kebutuhan oli hanya menjadi 318 ml saja.

Waktu Ganti Oli Shock Depan Yamaha Byson

Lantas kapan waktu ganti oli shock depan Yamaha Byson? Adapun waktu ganti oli shock depan cenderung lebih lama dibandingkan dengan waktu ganti oli mesin, kurang lebih bisa mencapai 20.000 km, namun bisa memiliki waktu penggantian lebih lama atau lebih cepat tergantung dari pemakaian motor itu sendiri.

Harga Oli Shock Depan Yamaha Byson

Sedangkan untuk harga oli shock depan Yamaha Byson sendiri dibandrol dengan harga Rp 32.400 untuk merk Yamalube dengan kapasitas oli satu botol adalah 150 ml. Jadi untuk takaran oli shock depan Yamaha Byson yang mencapai 918 ml untuk dua buah shock.

Maka diperlukan kurang lebih 6 botol oli shock depan dengan takaran oli 150 ml untuk dua buah shock depan Yamaha Byson. Sehingga biaya untuk membeli oli shock depan dengan harga diatas kurang lebih adalah mencapai Rp 194.400 untuk pembelian 6 (enam) buah botol.

Cara Merawat Shock Depan Yamaha Byson

Setelah mengetahui berapa ukuran oli shock depan Yamaha Byson, maka ada beberapa tambahan informasi yang ingin kami berikan, yaitu cara merawat shock depan. Dimana masa pakai shock depan motor bisa lebih awet dan kondisi oli juga bisa lebih awet apabila merawat shock depan dengan benar.

Dimana cara merawat shock depan Yamaha Byson yang benar ialah sebagai berikut:

1. Bersihkan Secara Rutin

Hal pertama yang dapat dilakukan ialah membersihkan shock depan secara rutin. Hal tersebut bertujuan agar tidak ada kotoran yang masuk ke dalam shock absorber yang nantinya dapat menyebabkan kebocoran dan dapat menyebabkan oli shock depan habis.

2. Memperhatikan Beban Muatan

Hal kedua yang dapat dilakukan adalah memperhatikan beban muatan kendaraan. Karena setiap kendaraan pasti sudah dirancang dengan beban muatan maksimal yang dapat dibawa, dengan memperhatikan beban muatan tersebut pastinya dapat membuat kondisi shock depan menjadi lebih awet.

3. Menghindari Jalanan Rusak

Hal terakhir adalah menghindari jalanan rusak. Penggunaan shock depan yang terlalu sering terkena jalan rusak apalagi melewati lubang besar dapat membuat kondisi shock cepat rusak, terutama akan mudah bocor pada bagian seal yang nantinya dapat membuat shock bocor.

Sehingga kami sarankan bagi kalian para pengguna sepeda motor, untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan motor dan pastikan untuk selalu menghindari lubang-lubang yang ada dijalan atau menghindari jalanan rusak. Kalau pun harus melewati jalanan rusak, usahakan untuk menjalankan motor secara perlahan.

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi mengenai takaran oli shock depan Yamaha Byson yang pada kesempatan ini dapat Uji Kokoh berikan, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami sampaikan diatas dapat menambah pengetahuan kalian seputar dunia otomotif.

Sumber Gambar:

  • universalbyson.blogspot.com
Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.