7 Tempat Bayar Pajak Motor dan Mobil Terdekat : Kantor Pos, ATM

Tempat Bayar Pajak – Pajak Motor dan Mobil adalah pajak yang wajib dibayarkan oleh setiap pemilik kendaraan bermotor yang menggunakan kendaraannya dijalanan umum. Sehingga untuk anda yang menggunakan kendaraan bermotor baik itu sepeda motor atau mobil, maka anda wajib membayarkan pajak kendaraan tersebut setiap tahunnya.

Pajak kendaran bermotor juga dibagi menjadi dua jenis, yaitu pajak kendaraan tahunan dan pajak kendaraan 5 tahunan. Dimana pajak kendaraan tahunan adalah pajak kendaraan yang wajib dibayarkan setiap tahun, sedangkan pajak kendaraan 5 tahunan adalah pajak yang wajib dibayarkan setiap 5 tahun.

Perbedaan antara pajak kendaraan tahunan dan 5 tahunan sebenarnya hanya terdapat STNK kendaraan, karena setiap 5 tahun sekali STNK kendaraan akan diganti. Selain itu, pada saat melakukan pajak 5 tahunan juga bisasanya kondisi fisik kendaraan akan diperika kembali, seperti misalnya nomor kerangka dan nomor mesin apakah masih sesuai atau tidak.

Kemudian, biaya pajak 5 tahunan biasanya akan sedikit lebih mahal, karena terdapat beberapa biaya tamahan seperti biaya penerbitan STNK baru. Kemudian ada juga biaya penggantian plat nomor kendaraan. Sehingga biaya pajak kendaraan 5 tahunan akan sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan biaya pajak tahunan.

Tempat Bayar Pajak Motor dan Mobil Terdekat

Tempat Bayar Pajak Motor dan Mobil Terdekat

Untuk anda yang sekiranya ingin membayar pajak kendaraan bermotor milik anda, namun anda belum mengetahui tempat untuk membayar pajak kendaraan bermotor tersebut. Maka ada baiknya jika anda melihat dahulu pembahasan yang akan kami berikan untuk hari ini. Dimana hari ini kami akan membahas tentang tempat bayar pajak motor dan mobil.

Sebelum anda mengetahui dimana saja tempat bayar pajak, maka anda juga harus mengetahui bagaimana CARA MENGHITUNG PAJAK yang benar. Sehingga jumlah pajak kendaraan yang anda bayarkan apakah itu sesuai dengan pajak kendaraan yang seharusnya anda bayarkan atau tidak.

Bagi anda yang sudah ingin mengetahui dimana saja tempat yang bisa dipakai untuk membayar pajak, maka anda bisa langsung saja melihat pebahasan yang akan kami sajikan berikut ini:

Tempat Bayar Pajak Terdekat

Salah satu tempat yang bisa digunakan untuk membayar pajak ini ada banyak dan anda bisa langsung mengunjungi tempat – tempat tersebut karena tempat untuk bayar pajak biasanya akan dekat dari rumah anda. Lalu dimana saja tempat yang dapat digunakan untuk membayar pajak? berikut adalah beberapa tempat yang bisa anda pilih sesuai dengan tempat terdekat dengan rumah anda.

Kantor Samsat

Tempat Bayar Pajak Di Kantor Samsat

Kantor samsat adalah salah satu tempat yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi anda, karena di Kantor Samsat inilah kita bisa langsung mengurus berbagai macam proses pajak kendaraan, mulai dari memeriksa fisik kendaraan dan mendapatkan plat nomor kendaraan Sehingga salah satu tempat yang sudah pasti dapat digunakan untuk membayar pajak adalah kantor samsat.

Samsat Keliling

Tempat Bayar Pajak Di Samsat Keliling

Opsi tempat lainnya yang dapat anda pilih untuk membayar pajak motor atau mobil ialah Samsat Keliling. Samsat keliling merupakan mobil dari kepolisian yang biasanya akan bertempat di kecamatan setiap daerah. Dan biasanya ada jadwal Samsat Keliling yang bisa anda ikuti apabila anda ingin membayar pajak di Samsat Keliling.

Kantor Pos

Cara Bayar Pajak Di Kantor Pos

Tempat berikutnya yang dapat digunakan untuk membayar pajak ialah Kantor Pos. Selain dapat digunakan untuk membayar pajak, Kantor Pos juga dapat digunakan untuk membayar tagihan lainnya seperti tagihan listrik dan sebagainya.

Adapun untuk cara membayar Pajak melalui Kantor Pos ialah dengan cara mendatangi konter pada Kantor Pos terdekat, kemudian membawa SNTK dan KTP asli sesuai dengan nama yang terdaftar pada STNK. Ditambah dengan surat kuasa yang akan disiapkan oleh petugas Kantor Pos.

Minimarket

Cara Membayar Pajak Di Minimarket

Tempat lainnya yang bisa digunakan untuk membayar pajak adalah Minimarket, beberapa minimarket yang umumnya dapat digunakan untuk membayar pajak adalah Indomaret dan Alfamart. Kedua minimarket tersebut sudah dapat digunakan untuk membayar pajak.

Adapun untuk cara membayar pajak kendaraan di minimarket juga sama dengan cara membayar di Kantor Pos, cukup dengan membawa STNK dan KTP asli yang sesuai dengan nama yang ada pada STNK. Maka anda sudah dapat langsung membayar pajak kendaraan anda.

Bayar Pajak Motor dan Mobil Online

Selain dapat membayar secara langsung di tempat-tempat yang telah tersedia untuk membayar pajak, proses pembayaran pajak juga dapat dilakukan secara online. Karena seiring dengan perkembangan zaman, saat ini membayar pajak juga dapat dilakukan secara online.

Adapun beberapa cara membayar pajak secara online dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Bank / ATM

Membayar Pajak Lewat ATM

Cara membayar pajak secara online pertama yang dapat dilakukan ialah melalui Bank atau ATM. Beberapa Bank yang saat ini sudah dapat digunakan untuk bertransaksi membayar pajak diantaranya adalah Bank Sinarmas, BTPN, Mandiri, BCA, BRI, BNI dan lainnya.

  1. Cara Bayar Pajak Melalui Bank

Pertama-tama mengisi formulir SSP yang biasanya terdapat 4 rangkap, dimana pada lembar pertama berisikan Arsip Wajib Pajak, lembar kedua KKPN, lembar ketiga WP dan KPP dan lembar yang terakhir adalah lembar bank persepsi.

Setelah anda mengisi semua formulir SSP dengan lengkap, anda tinggal menuju konter pembayaran dan membayar pajak kendaraan dan jangan lupa juga untuk menyimpan struk pembayaran setelah selesai.

  1. Cara Bayar Pajak Melalui ATM

Bagi yang ingin membayar pajak melalui ATM, langkah-langkahnya adalah menu pilih transaksi, kemudian pilih menu lainnya, setelah itu memilih menu pembayaran dan memilih menu pajak. Setelah itu pilih Penerimaan Negara dan masukan Kode Biling yang telah anda dapatkan.

Periksa data pembayaran yang telah tampil pada mesin ATM, apabila data telah sesuai, maka anda bisa melanjutkan proses pembayaran. Dan jangan lupa juga untuk menyimpan struk BPN setelah melakukan pembayaran.

E-Commerce

Cara Membayar Pajak Online

Cara bayar pajak online yang berikutnya ialah melalui market place, dimana beberapa market place saat ini telah menyediakan layanan untuk proses pembayaran pajak. Beberapa market place yang dapat digunakan adalah Tokopedia.

Caranya cukup mengunjungi situs Tokopedia.com kemudian pilih menu pembayaran dan pilih menu pajak. Setelah itu anda tinggal mengisi kode biling yang telah anda miliki. Kemudian pilih menu bayar. Jangan lupa juga anda untuk menyimpan bukti pembayaran yang telah anda lakukan.

E-Billing

Bayar Pajak Motor dan Mobil Online

Tempat terakhir yang dapat anda pilih untuk membayar pajak ialah melalui E-Biling yang dapat anda kunjungi di https://djponline.pajak.go.id. Setelah itu anda tinggal masuk kedalam akun yang telah anda miliki. Bagi anda yang belum memiliki akun maka anda dapat mendaftar terlebih dahulu.

Setelah itu pilih menu bayar, dan pilih menu E-Biling, setelah itu tinggal mengisi biaya pajak yang perlu dibayarkan. Setelah itu pilih menu buat kode biling yang nantinya akan digunakan untuk membayar. Setelah itu anda bisa membayar pajak melalui beberapa cara seperti melalui ATM, Bank, Mobile/Internet Banking.

FAQ

Itu dia pembahasan tentang tempat bayar pajak motor dan mobil yang sekiranya Ujikokoh.com dapat berikan kepada anda, semoga saja pembahasan yang baru kami berikan diatas tadi dapat memberikan banyak manfaat untuk anda.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *