Tips Mudik Naik Motor Bawa Bayi Yang Aman

Advertisements

Tips Mudik Naik Motor Bawa Bayi – Salah satu tradisi pada saat lebaran terutama pada saat Hari Raya Idul Fitri adalah mudik atau pulang kampung bagi mereka yang merantau atau memiliki pekerjaan jauh dari tempat tinggal asal mereka.

Alat transportasi yang dapat digunakan untuk mudik itu ada berbagai macam, mulai dari alat transportasi pribadi seperti misalnya menggunakan mobil atau motor dan alat transportasi umum seperti menggunakan bus, kereta api atau pesawat.

Nah untuk kalian yang sekiranya ingin mudik naik motor, ditambah lagi dengan kalian bawa bayi. Maka tidak ada salahnya apabila melihat terlebih dahulu informasi tentang tips mudik naik motor bawa bayi yang pada kesempatan ini akan kami berikan.

Advertisements

Dimana pada tips mudik tersebut berisikan persiapan motor untuk mudik sampai dengan cara gendong bayi yang benar, sehingga perjalanan mudik kalian akan terasa lebih nyaman. Untuk lebih jelasnya, bisa langsung melihat informasinya dibawah ini.

Tips Mudik Naik Motor Bawa Bayi
Advertisements

Persiapan Mudik Naik Motor Bawa Bayi

Sebelum melakukan perjalanan mudik menggunakan motor, pastikan kalian sudah mempersiapkan motor tersebut terlebih dahulu. Karena perjalanan mudik pastinya menempuh jarak yang sangat jauh, oleh karena itu perlu persiapan khusus.

1. Perlengkapan Motor Untuk Mudik

Hal pertama yang perlu dilakukan ialah mempersiapkan perlengkapan motor untuk mudik. Seperti yang telah kami jelaskan diatas, apabila jarak perjalan mudik itu sangat jauh sehingga perlu perlengkapan khusus pada motor.

Beberapa perlengkapan yang perlu dipersiapkan diatasnya adalah wind shield atau penghalang angin, dimana aksesoris ini akan sangat membantu pengemudi motor agar tidak mudah masuk angin saat berkendara.

Ditambah lagi untuk kalian yang bawa anak atau bayi aksesoris ini akan sangat membantu. Selain itu juga perlu kursi tambahan, terutama untuk yang membawa anak usia diatas 1 tahun ke atas.

Dimana kursi tersebut bisa diletakan pada bagian depan, namun kursi tersebut lebih diperuntukan untuk jenis motor matic. Apabila kalian menggunakan jenis motor sport maka tidak bisa menambahkan kursi tambahan untuk anak.

2. Kondisi Motor Untuk Mudik

Hal berikutnya adalah mempersiapkan motor untuk mudik, pastikan semua kondisi motor dalam keadaan baik. Sehingga sangat diutamakan untuk melakukan servis atau tune up motor sebelum digunakan untuk mudik.

Terutama ialah mengganti oli sebelum mudik, usahakan juga untuk menggunakan oli terbaik, seperti misalnya Oli Yang Bagus Untuk Motor Satria, apabila kalian mudik naik motor Suzuki Satria.

Hal tersebut bertujuan agar proses perjalanan saat mudik naik motor bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan, terutama gangguan karena kondisi motor yang tiba-tiba mengalami kerusakan ditengah jalan.

Tips Mudik Naik Motor Bawa Bayi

Setelah mengetahui apa saja perlengkapan mudik naik motor, maka saatnya mengetahui tips mudik naik motor bawa bayi atau anak. Karena kondisi naik motor tanpa bawa anak akan sangat berbeda, terlebih lagi dengan jarak yang ditempuh sangat jauh.

Cara Gendong Bayi Saat Naik Motor Saat Mudik

  • Pastikan bagian penapasan bayi tidak tertutupi. Kalau pun harus ditutup, usahakan untuk menutup dengan bahan yang tidak terlalu tebal.
  • Pastikan posisi tangan bayi tidak terlipat secara paksa.
  • Pilihlah bahan untuk menopang bayi yang dingin, agar bayi lebih merasa nyaman.
  • Pastikan pada bagian penopang pantap bayi berukuran lebar dan juga dapat menopang kedua paha bayi secara sempurna.
  • Pastikan posisi pantat bayi lebih rendah dari paha serta posisi lututnya.
  • Pastikan alat untuk menggendong bayi bisa menyangga bagian punggung sampai dengan kepala bayi.

Cara Membonceng Anak Naik Motor Saat Mudik

  • Pastikan anak memakai helm dengan benar dan standar SNI.
  • Pastikan anak menggunakan jaket yang tebal dan menggunakan masker agar terhindar dari angin dan kotoran saat berkendara.
  • Pastikan anak tidak berdiri diatas motor dengan tujuan untuk melihat pemandangan atau apapun yang dapat menarik perhatiannya demi keselamataan saat berkendara.
  • Usahakan anak duduk di bagian depan motor, apabila anak berusia 1 atau 2 tahun ke atas bisa menambahkan aksesoris kursi tambahan pada bagian depan.

Akhir Kata

Kami sarankan untuk kalian yang masih memiliki bayi usia 2 bulan sampai dengan 8 bulan, alangkah baiknya kalian mudik naik mobil ataupun alat transportasi umum. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi resiko pada bayi.

Karena bagaimana pun, kondisi bayi dengan usia dibawah 1 tahun masih rentan dengan berbagai macam hal. Sehingga kami sarankan untuk menggunakan mobil ataupun alat transportasi umum agar kondisi bayi lebih aman.

Sekiranya cukup sekian dulu informasi tentang tips mudik naik motor bawa bayi 2 bulan sampai dengan 8 bulan yang aman dari Uji Kokoh, mudah-mudahan saja informasi tentang tips mudik naik motor diatas bisa memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.