Daftar Ukuran Ampere Aki Motor: Bahaya Jika Tidak Sesuai!

Advertisements

Ukuran Ampere Aki Motor – Untuk mendukung beberapa sistem Kelistrikan pada sebuah kendaraan berfungsi dan berjalan dengan lancar, perlu adanya sebuah komponen. Komponen tersebut bernama Aki, Battery atau ada juga yang menyebutnya sebagai. Seperti halnya pada kendaraan roda dua atau motor yang membutuhkan daya listrik yang di Supply oleh Aki.

Menggunakan aki di kendaraan roda 2, tentunya kalian perlu mengetahui ukuran standar nya. Sehingga nantinya Aki tersebut bisa sesuai dan mampu menyediakan listrik untuk seluruh komponen elektronik pada motor tersebut. Namun berapa ukuran ampere Aki motor?

Pada beberapa produk Aki motor yang beredar di pasaran Indonesia memiliki ukuran Ampere yang berbeda-beda. Hal tersebut tentunya bertujuan agar para pemilik motor bisa memilih atau menentukan Aki mana yang cocok untuk motor kesayangannya. Walaupun begitu, kalian perlu waspada ketika memilih Aki motor agar Ampere sesuai dengan bawaan pabrik atau yang dianjurkan.

Advertisements

Nah pada artikel kali ini, admin Ujikokoh.com akan menyajikan ulasan tentang ukuran Ampere Aki motor baik untuk motor Matic, Bebek maupun motor Jantan atau Sport. Untuk menuju ke pembahasan ukuran Ampere Accu motor, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Ukuran Ampere Aki Motor
Advertisements

Ukuran Ampere Aki Motor

Ampere adalah satuan yang menunjukkan kuatnya arus listrik yang dapat mengalir. Dimana semakin banyak Ampere yang dialirkan, maka semakin besar juga beban Kelistrikan yang mampu dihidupkan.

Pada sebuah Aki motor memiliki tegangan dan kapasitas. Dan pada umumnya, Aki untuk motor memiliki ukuran standar tegangan 12 Volt. Sedangkan untuk ukuran standar Ampere Aki roda dua sebesar 2 sampai dengan 8 Ampere.

Penggunaan Aki pada motor tentunya sudah ditentukan atau dihitung secara cermat oleh setiap pabrikan. Sehingga nantinya Aki bisa mensuplai kebutuhan Kelistrikan di motor tersebut. Daftar ukuran Ampere Accu motor adalah sebagai berikut:

Tipe MotorUkuran Tegangan AkiUkuran Kapasitas Aki
Ukuran Aki Motor Matic12 V3,5 – 6 Ampere
Ukuran Aki Motor Bebek12 V5 Ampere
Ukuran Aki Motor Jantan12 V5 Ampere
Ukuran Aki Motor Sport12 V7 – 9 Ampere

Namun apakah bahaya jika menggunakan Accu motor tidak sesuai ukuran standar? Untuk ketahui penjelasan bahaya menggunakan Aki tidak sesuai ukuran standar, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Apa Bahaya Ukuran Ampere Aki Tidak Sesuai Standar?

Penggunaan ukuran Ampere Aki pada kendaraan roda 2 yang tidak sesuai tentunya akan menimbulkan beberapa masalah. Misalnya kalian menggunakan ukuran Aki dengan Ampere yang lebih tinggi atau besar, maka bisa menyebabkan pengisian menjadi lambat.

Buat kalian yang ingin tahu berapa lama waktu pengecasan Aki motor, kemarin admin Ujikokoh.com sudah pernah mengulas tentang berapa lama cas Aki motor.

Selain itu, juga bisa menyebabkan terjadinya Korsleting maupun terjadi kebakaran pada kabel Kelistrikan. Serta bisa mengakibatkan kerusakan pada generator atau alternator dan bisa mengakibatkan pengisian Aki menjadi terganggu.

Begitu juga jika kalian menggunakan ukuran Aki yang lebih rendah atau non standar spesifikasi, nantinya bisa menyebabkan Aki tidak kuat atau mampu untuk mengoperasikan sistem elektronik tertentu. Salah satunya yaitu tidak bisa untuk menjalankan sistem starter elektrik pada motor tersebut.

Buat kalian yang ingin ketahui penyebab Aki motor tekor, admin Ujikokoh.com sudah merangkum mengenai penyebab Aki motor tekor. Selain Aki motor, Ujikokoh.com juga sudah pernah membahas mengenai penyebab aki mobil panas.

Nah setelah ketahui baya menggunakan ukuran Aki tidak sesuai standar, sekarang bagaimana cara mengetahui ukuran Ampere Aki? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Cara Mengetahui Ampere Aki Motor

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk ketahui ukuran Ampere Aki. Misalnya dengan melihat di body motor, label pada Aki motor maupun dengan menggunakan alat Ampere meter. Cara ketahui ukuran Ampere Aki adalah sebagai berikut:

1. Ketahui Ukuran Aki Pada Body Motor

Cara mengetahui ukuran Ampere Aki yang pertama yaitu dengan melihat atau membaca nya pada body kendaraan. Dimana biasanya pada tempat pemasangan Aki akan dilengkapi dengan panduan atau catatan mengenai standar Aki pada motor tersebut.

2. Ketahui Ukuran Ampere Pada Body Aki

Cara mengetahui ukuran Ampere Aki motor kedua yaitu dengan melihat atau membaca nya pada body dari Aki tersebut. Dimana setiap Aki pastinya akan terdapat label atau informasi mengenai ukuran Aki. Diantaranya mengenai ukuran Tegangan (Volt) dan Kapasitas (Ampere).

3. Hitung Ampere Aki Menggunakan Alat

Cara menghitung ukuran Ampere Aki selanjutnya yaitu dengan menggunakan alat. Dimana alat tersebut bernama Ampere Meter. Alat tersebut dapat mengetahui ukuran Aki secara real time atau sesuai dengan kesehatan dari Aki tersebut. Sehingga hasil ukuran dari Aki tersebut bisa akurat dan tepat.

Itulah informasi mengenai ukuran Ampere Accu motor yang berhasil admin Ujikokoh.com rangkum. Bagaimana, apakah masih ada yang bingung mengenai ukuran Battery motor?

Akhir Kata

Menarik kesimpulan artikel di atas, bahwa ukuran Ampere Aki motor untuk setiap jenis motor memiliki ukuran yang berbeda-beda. Misalnya pada motor Matic, memiliki ukuran 3,5 sampai 6 A, pada motor bebek dan motor jantan memiliki ukuran 5 A dan pada motor Sport memiliki ukuran 7 sampai 9 A.

Sekian artikel kali ini tentang ukuran Ampere Accu motor sesuai standar pabrikan. Terima kasih sudah bersedia mengunjungi Ujikokoh.com dan semoga artikel di atas tentang daftar ukuran Ampere Accu motor dapat bermanfaat buat kalian semuanya.

Sumber gambar: Tim Ujikokoh.com

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Yanuar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *