√ Ukuran Celah Klep Motor Yamaha Terlengkap Semua Tipe 2023

Advertisements

Ukuran Celah Klep Motor Yamaha – Salah satu komponen mesin motor yang mempunyai peranan sangat penting yaitu mengenai klep atau katup. Dimana untuk mesin pada sebuah motor dapat dihidupkan, perlu adanya klep yang berada di bagian saluran masuk dan pembuangan hasil pembakaran.

Pada setiap motor tentunya juga perlu dilakukan penyetelan celah klep. Dan setiap jenis motor memiliki ukuran celah katup yang berbeda-beda. Seperti halnya pada ukuran celah katup motor Yamaha. Namun berapakah ukuran celah klep motor Yamaha?

Ada beberapa fungsi utama dari klep pada suatu motor, baik pada motor bebek, motor matic maupun motor jantan atau sport. Ukuran celah klep motor Yamaha bisa kalian dapatkan informasinya melalui artikel ini. Sehingga nantinya bagi kalian yang akan menyetel celah katup motor sendiri, setidaknya sudah ketahui ukuran standar pabrikan dari jenis motor Yamaha yang kalian miliki.

Advertisements

Nah pada artikel kali ini, admin Ujikokoh.com akan menyajikan daftar ukuran celah klep motor Yamaha sesuai standar pabrikan nya. Namun sebelum masuk ke daftar ukuran celah katup Yamaha, silahkan simak ulasan mengenai fungsi celah katup dan penjelasan mengenai alat ukur celah katup motor berikut ini.

Ukuran Celah Klep Motor Yamaha
Advertisements

Fungsi Celah Klep Motor

Ada beberapa fungsi celah klep motor yang wajib kalian ketahui. Dimana fungsi utama dari celah klep motor yaitu untuk mengatur waktu kapan klep motor harus membuka dan menutup.Sehingga dengan celah klep motor harus disesuaikan dengan kondisi dari mesin motor.

Nah setelah ketahui fungsi celah klep motor, sekarang apa manfaat mengatur celah klep motor? Silahkan simak jawabannya berikut ini.

Kenapa Celah Klep Motor Perlu di Setel?

Banyak pengendara yang bertanya mengenai kenapa celah klep motor perlu dilakukan penyetelan. Dimana alasan paling utama mengenai kenapa celah klep motor perlu di setel yaitu karena ketika mesin dihidupkan, maka klep akan bergerak secara terus menerus. Sehingga bisa membuat celah klep motor menjadi berubah seiring dengan berjalannya waktu.

Oleh karena itu, untuk mengembalikan celah katup motor ke ukuran yang pas, maka perlu dilakukan adanya penyetelan lagi. Sehingga nantinya performa motor seperti kompresi di ruang bakar menjadi lebih sempurna. Dan tentunya tenaga dari motor tersebut menjadi lebih maksimal dibandingkan dengan sebelum di setel celah klep nya.

Nah setelah mengetahui fungsi dan manfaat mengatur celah katup motor, sekarang apa nama alat untuk mengukur celah klep motor? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Alat Ukur Celah Klep Motor

Alat Ukur Celah Klep Motor

Salah satu alat yang banyak dipakai oleh bengkel atau montir ketika melakukan penyetelan celah klep motor yaitu Fealer Gauge. Dimana alat ukur celah klep ini dapat digunakan untuk mengukur celah klep motor maupun mobil.

Bentuk alat ukur celah klep ini seperti penggaris tipis dan pada masing-masing Fealer Gauge sudah memiliki ukuran ketebalan sendiri-sendiri. Sehingga untuk menggunakan Fealer Gauge untuk mengukur celah klep motor, kalian tinggal memasukkan alat ini di tengah celah klep motor.

Nah setelah ketahui beberapa informasi di atas mengenai celah katup motor, sekarang berapa ukuran celah katup untuk semua jenis atau tipe motor Yamaha? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Ukuran Celah Klep Motor Yamaha

Daftar ukuran celah katup motor Yamaha yang akan admin Ujikokoh.com sajikan pada artikel ini yaitu untuk jenis motor bebek, motor matic dan motor jantan atau sport dari pabrikan Yamaha. Untuk ketahui rincian ukuran katup masuk (IN) dan katup keluar (EX) dari beberapa motor Yamaha adalah sebagai berikut:

Ukuran Celah Klep Motor Bebek Yamaha

Ukuran celah katup motor bebek Yamaha diantaranya seperti motor Vega, Jupiter, Crypton dan beberapa tipe motor Yamaha lainnya. Daftar ukuran celah katup motor bebek Yamaha diantaranya sebagai berikut:

Tipe Motor Bebek YamahaUkuran Celah Klep In (mm)Ukuran Celah Klep Out (mm)
Yamaha Force 1150.080.10
Yamaha Crypton0.050.08
Yamaha Vega0.050.08
Yamaha Vega ZR0.050.08
Yamaha Jupiter Z0.050.08
Yamaha Jupiter Z10.080.10
Yamaha Jupiter MX 1350.100.15
Yamaha Jupiter MX King0.100.15

Buat kalian yang ingin ketahui ukuran bearing roda belakang dari tipe Yamaha Jupiter Z, kemarin admin Ujikokoh.com juga sudah merangkum tentang ukuran laher belakang Jupiter Z.

Ukuran Celah Katup Motor Matic Yamaha

Ukuran celah katup motor matic Yamaha diantaranya seperti motor Mio, Fino, Nmax dan beberapa tipe motor Yamaha lainnya. Daftar ukuran celah katup motor matic Yamaha diantaranya sebagai berikut:

Tipe Motor Matic YamahaUkuran Celah Klep In (mm)Ukuran Celah Klep Out (mm)
Yamaha Mio Sporty0.080.10
Yamaha Mio J0.100.10
Yamaha Mio Soul GT0.100.10
Yamaha Mio M30.100.10
Yamaha X-Ride 1250.100.15
Yamaha Xeon0.100.15
Yamaha Fino 1250.080.10
Yamaha Nmax0.100.15
Yamaha Lexi 1250.100.15
Yamaha Aerox0.100.15
Yamaha Nouvo0.080.10

Ukuran Celah Katup Motor Sport Yamaha

Ukuran celah katup motor sport atau jantan Yamaha diantaranya seperti motor Vixion, Byson dan beberapa tipe motor Yamaha lainnya. Daftar ukuran celah katup motor sport Yamaha diantaranya sebagai berikut:

Tipe Motor Sport YamahaUkuran Celah Klep In (mm)Ukuran Celah Klep Out (mm)
Yamaha Vixion0.150.18
Yamaha Byson0.100.12
Yamaha Xabre0.150.18
Yamaha R150.150.18
Yamaha Scorpio Z0.100.15

Berbeda dengan ukuran celah klep, pada setiap jenis motor juga memiliki ukuran panjang klep sendiri-sendiri. Buat kalian yang ingin ketahui ukuran katup untuk semua jenis motor, kemarin admin Ujikokoh.com sudah pernah merangkum tentang ukuran klep motor.

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai daftar ukuran celah klep motor Yamaha yang berhasil admin Ujikokoh.com rangkum. Bagaimana, apakah masih ada yang bingung mengenai ukuran celah katup motor Yamaha standar pabrikan setelah membaca tabel di atas?

Sekian artikel kali ini tentang ukuran katup motor Yamaha untuk jenis motor bebek, matic dan juga sport. Terima kasih sudah bersedia mengunjungi Ujikokoh.com dan semoga artikel di atas tentang ukuran jarak renggang katup motor Yamaha dapat bermanfaat buat kalian semuanya.

Sumber gambar: Tim Ujikokoh.com

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Yanuar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *