30 Ukuran Gear Agar Nafas Panjang Untuk Semua Motor!

Advertisements

Ukuran Gear Agar Nafas Panjang – Setiap pabrikan motor tentunya sudah menghitung ukuran Sparepart agar tahan dan bisa disesuaikan dengan segala kondisi jalan. Misalnya mengenai ukuran suspensi, tinggi motor maupun mengenai komponen kecil lainnya seperti Gear. Ukuran Gear standar pabrik tentunya sudah disesuaikan dengan kondisi jalan lurus, menurun maupun menanjak.

Tidak jarang para pemilik motor ingin mengubah Gear motor dari ukuran standar pabrikan menjadi ukuran Gear yang bisa digunakan untuk mendapatkan Top Speed. Namun berapa ukuran Gear agar nafas panjang untuk setiap tipe motor?

Pabrikan tentunya sudah menentukan ukuran atau Gear Ratio yang cocok untuk motor sesuai dengan rumus maupun perbandingan. Sehingga untuk mendapatkan ukuran Gear agar nafas panjang, kalian juga perlu menggunakan rumus atau perbandingan kombinasi Gear. Sehingga nantinya motor kalian bisa mendapatkan kecepatan maksimal atau Top Speed nya.

Advertisements

Nah pada artikel kali ini, Ujikokoh.com akan menyajikan ulasan mengenai ukuran Gear agar nafas panjang untuk semua motor. Namun sebelum masuk ke pembahasan tersebut, silahkan simak pengertian tentang Gear agar nafas panjang berikut ini.

Ukuran Gear Agar Nafas Panjang
Advertisements

Arti Gear Agar Nafas Panjang

Yang dimaksud dengan Gear nafas panjang adalah penggunaan Gear di motor agar bisa menciptakan atau mendukung motor mencapai kecepatan maksimal. Sehingga dengan mengubah ukuran roda gigi maupun panjang rantai, nantinya kalian bisa mendapatkan motor dengan nafas panjang.

Seperti sudah disinggung sebelumnya, bahwa ukuran Gear untuk menunjang Top Speed sebuah motor, kalian perlu menggunakan rumus atau perbandingan yang sesuai. Untuk mengetahui rumus atau perbandingan agar mendapatkan Gear nafas panjang, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Rumus Gear Agar Nafas Panjang

Ada dua rumus atau tips untuk menentukan ukuran gir agar nafas panjang. Dimana rumus ini bisa digunakan untuk semua jenis motor, baik motor bebek, Sport maupun tipe motor lainnya yang menggunakan Gear. Rumus atau perbandingan untuk mendapatkan ukuran gir agar nafas panjang adalah sebagai berikut:

Menaikkan Ukuran Gear Depan

Cara pertama untuk mendapatkan ukuran gir nafas panjang yakni dengan menaikkan ukuran gir depan. Sehingga dengan menaikkan ukuran gir depan menjadi yang lebih besar nantinya akan menghasilkan kecepatan motor yang maksimal. Pasalnya putaran Gear depan semakin besar dan hampir sebanding dengan putaran Gear belakang. Alhasil roda bisa berputar lebih cepat dibandingkan dengan ukuran Gear sebelumnya.

Contoh :

Pada suatu motor memiliki ukuran Gear depan 14 (14 mata Gear) dan Gear belakang memiliki ukuran 42 (42 mata Gear). Sehingga untuk mendapatkan gir agar nafas motor panjang yakni dengan mengubah atau mengganti ukuran gir depan menjadi lebih besar.

Yakni dengan mengganti ukuran Gear depan menjadi 15. Sehingga ukuran Gear yang sebelumnya itu 14 diganti menjadi Gear yang ukuran nya 15 (15 mata Gear). Dengan begitu nantinya putaran

Yakni dengan mengganti ukuran Gear depan menjadi 15. Sehingga ukuran Gear yang sebelumnya itu 14 diganti menjadi Gear yang ukuran nya 15 (15 mata Gear). Dengan begitu nantinya putaran Gear depan jauh lebih besar dibandingkan sebelumnya. Dan kecepatan motor bisa mencapai Top Speed. Sehingga persamaan dapat ditulis sebagai berikut:

Ukuran Gear Belakang : Ukuran Gear Depan = Rasio Final Gear

42 : 15 = 2,8

Menurunkan Ukuran Gear Belakang

Cara kedua untuk mendapatkan ukuran gir nafas panjang yakni dengan menurunkan ukuran gir belakang. Sehingga dengan menurunkan ukuran gir belakang menjadi yang lebih kecil nantinya akan menghasilkan kecepatan motor yang maksimal. Pasalnya putaran Gear belakang menjadi semakin kecil dan hampir sebanding dengan putaran Gear depan. Alhasil roda bisa berputar lebih cepat dibandingkan dengan ukuran Gear sebelumnya.

Contoh :

Pada suatu motor memiliki ukuran Gear depan 14 (14 mata Gear) dan Gear belakang memiliki ukuran 42 (42 mata Gear). Sehingga untuk mendapatkan gir agar nafas motor panjang yakni dengan mengubah atau mengganti ukuran gir belakang menjadi lebih kecil.

Yakni dengan mengganti ukuran Gear belakang menjadi 40. Sehingga ukuran Gear yang sebelumnya itu 42 diganti menjadi Gear yang ukuran nya 40 (40 mata Gear). Dengan begitu nantinya putaran Gear belakang jauh lebih kecil dibandingkan sebelumnya. Dan kecepatan motor bisa mencapai Top Speed. Sehingga persamaan dapat ditulis sebagai berikut:

Ukuran Gear Belakang : Ukuran Gear Depan = Rasio Final Gear

40 : 14 = 2,8

Sesuai dengan 2 rumus atau perbandingan di atas, dapat disimpulkan bahwa semakin kecil Rasio Final Gear maka akan menghasilkan motor yang memiliki nafas panjang. Sehingga untuk mendapatkan ukuran gir agar motor memiliki nafas panjang, silahkan ciptakan Rasio Final yang lebih kecil dari ukuran standar nya.

Nah setelah ketahui rumus atau perbandingan untuk menciptakan ukuran gir dengan nafas panjang, sekarang berapa ukuran gir agar nafas panjang untuk semua motor? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Ukuran Gear Agar Nafas Panjang

Tabel ukuran gir agar nafas panjang yang akan Ujikokoh.com sajikan berikut ini yakni dengan menurunkan ukuran gir standar gir belakang. Misalnya ukuran Gear standar pada suatu motor 42 maka dalam tabel di turunkan ukuran nya menjadi 40. Daftar ukuran Gear agar nafas panjang untuk semua motor adalah sebagai berikut:

1. Motor Yamaha

Tipe MotorUkuran Gear DepanUkuran Gear Belakang
Jupiter Z 113 T39 T
Jupiter MX15 T37 T
Force 1 14 T14 T37 T
Jupiter Z New14 T38 T
Jupiter Z15 T34 T
Vega ZR15 T38 T
Vega R New15 T33 T
Byson14 T38 T
Scorpio15 T42 T
New Vixion14 T41 T
Vixion14 T40 T
Rxking14 T35 T
Jupiter MX New14 T36 T
R1515 T45 T

2. Motor Honda

Tipe MotorUkuran Gear DepanUkuran Gear Belakang
Supra 15 T15 T38 T
Gl Pro Neo14 T44 T
Gl Max NT14 T39 T
Astrea Grand14 T34 T
CS114 T41 T
Kharisma / Supra X 12514 T33 T
Supra Fit New14 T34 T
Megapro New14 T44 T
Revo Abs / Blade14 T35 T
Tiger13 T41 T
CBR15014 T34 T

3. Motor Suzuki

Tipe MotorUkuran Gear DepanUkuran Gear Belakang
Shogun 12514 T33 T
Satria FU 15014 T41 T
Smash 14 T14 T33 T
Smash New14 T34 T
Thunder 12514 T42 T

Buat kalian yang tidak mengetahui apa itu T pada Gear motor itu artinya “Tooth” atau mata gigi. Daftar ukuran gir agar nafas panjang di atas hanya sebagai contoh saja. Sehingga bisa kalian gunakan sebagai patokan untuk mendapatkan ukuran gir motor agar nafas panjang.

Buat kalian yang ingin tahu tentang merk Gear terbaik untuk motor, kemarin Ujikokoh.com sudah pernah merangkum tentang beberapa merk Gear Motor terbaik. Serta buat kalian yang ingin baca informasi lainnya seputar ukuran motor, silahkan kunjungi halaman Kategori Tips Motor dari Ujikokoh.com.

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai ukuran Gear agar nafas panjang untuk semua jenis motor. Bagaimana, apakah masih ada yang bingung ketika akan menentukan ukuran gir motor agar bisa memiliki nafas yang panjang dan bisa mencapai Top Speed?

Sekian artikel kali ini tentang ukuran gir motor agar nafas panjang. Terima kasih sudah bersedia mengunjungi Ujikokoh.com dan semoga artikel di atas tentang ukuran gir agar nafas panjang bisa menambah informasi buat kalian semuanya.

Sumber gambar: Tim Ujikokoh.com

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Yanuar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *