Apa Itu ISC Pada Mobil ? Fungsi, Penyebab Rusak & Biaya Service

Advertisements

Apa Itu ISC Pada Mobil – Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang saat ini banyak digunakan, karena dengan menggunaka mobil perjalanan bisa lebih nyaman dibandingkan dengan menggunakan sepeda motor. Selain itu, menggunakan mobil juga dapat membawa banyak barang.

Meskipun menggunakan mobil lebih jauh nyaman dibandingkan dengan menggunakan sepeda motor, namun untuk masalah perawatan mobil jauh lebih banyak dan tentunya jauh lebih banyak mengeluarkan biaya jika dibandingkan dengan biaya perawatan sepeda motor.

Salah satu bagian pada mobil yang umumnya sering mengalami permasalahan ialah ISC. Meskipun komponen ini memang jarang sekali rusak, namun jika penggunaan mobil tersebut terlalu sering dan sudah digunakan sangat lama, maka tidak menutup kemungkinan komponen ISC dapat rusak.

Advertisements

Nah, untuk kalian yang sekiranya belum mengetahui apa itu ISC pada mobil dan belum mengetahui apa fungsi dari ISC pada mobil. Maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu infromasi yang pada kesempatan ini akan kami berikan.

Apa Itu ISC Pada Mobil
Advertisements

Apa Itu ISC Pada Mobil

ISC pada mobil adalah sebuah komponen elektronik yang digunakan untuk mengatur putaran mesin pada saat kondisi mesin idle. Komponen elektronik tersebut bekerja mengatur jumlah pasokan udara yang masuk melalui idle port ketika katup gas pada posisi tertutup.

Komponen ISC sendiri berhubungan dengan komponen lain pada mobil yaitu AC. Hal tersebut dikarenakan pemakaian AC pada mobil membuat kinerja mesin menjadi lebih berat, karena putaran mesin digunakan juga untuk memutar kompresor AC. Dengan kondisi seperti itu, maka ISC akan mengatur pasokan udara menjadi lebih banyak.

Fungsi ISC Pada Mobil

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, secara umum ISC memiliki fungsi untuk mengatur pasokan udara. Namun masih terdapat fungsi lain ISC, yaitu untuk mengatur RPM. Pengaturan RPM tersebut akan diperintahkan oleh ECU yang nantinya disalurkan ke ISC.

Fungsi ISC lainnya juga dapat mengurangi getaran pada mesin, hal tersebut diakrenakan beban mesin berkurang. Dimana ISC dapat mengatur kinerja mesin secara maksimal tanpa harus membuat mesin harus bekerja secara berlebihan yang dapat menimbulkan getaran.

Komponen ISC Pada Mobil

ISC tidak berbeda jauh dengan komponen lainnya pada mobil, dimana komponen ini juga terdiri dari beberapa komponen lain yang diantaranya adalah MAF, CKP, TPS, Barometric Pressure Sensor dan masih banyak lagi komponen ISC lainnya. Untuk lebih jelasnya, bisa langsung melihat komponen ISC tersebut dibawah ini.

1. MAF Sensor

MAF sensor memiliki fungsi untuk mengirimkan data jumlah udara / massa udara sesuai dengan aliran yang sedang terjadi.

2. CKP Sensor

CKP sensor memiliki fungsi untuk mengukur RPM mesin atau kecepatan mesin, dimana komponen ini yang akan menjadi feedback atau kinerja dari ISC yang nantinya akan diteruskan ke komponen lainnya.

3. TPS Sensor

TPS sensor berfungsi untuk mengetahui posisi katup gas, yang nantinya digunakan untuk menentukan seberapa besar aliran udara yang dibutuhkan dengan cara menentukan sudut katup.

4. Barometric Pressure Sensor

Barometric pressure sensor berfungsi untuk mengetahui tekanan udara pada suhu serta ketinggian mobil tersebut berada.

5. ECT Sensor

ECT sensor memiliki fungsi untuk mengetahui tingkat suhu air pada mesin pendingin.

6. AC Refrigerant Pressure Sensor

AC refrigerant pressure sensor memiliki fungsi untuk mengukur tekanan pada freon AC dengan tujuan agar mesin tetap dapat hidup meskipun terdapat beban dari kompresor AC.

7. Idle Air Controller

Idle air controller merupakan komponen yang berfungsi untuk mengontrol semua penghitungan data dari setiap sensor.

8. ISC Valve

ISC valve merupakan katup yang nantinya bekerja untuk menyalurkan udara berdasarkan dari penghitungan pada ECU.

Penyebab ISC Pada Mobil Tidak Bekerja

Lantas apa yang menjadi penyebab ISC tidak bekerja? Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh banyak hal, karena komponen ISC sendiri sangat banyak seperti yang sudah kami jelaskan diatas. Salah satu komponen penting yang menjadi penyebab ISC tidak bekerja adalah ISC valve.

Dimana ISC valve memiliki peranan untuk menyuplai besarnya udara berdasarkan dari beberapa data sensor yang telah diterima oleh ECU. Apabila komponen tersebut tidak bekerja sebagaimana mestinya, maka hal tersebut dapat menjadi penyebab ISC tidak bekerja.

Namun penyebab umum ISC tidak bekerja adalah usia pemakaian, karena setiap komponen pada mobil pasti memiliki usia pakai. Apabila komponen tersebut sudah melebihi usia pakainya, maka komponen tersebut dapat mengalami kerusakan yang menyebabkan tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Biaya Service ISC Pada Mobil

Untuk kalian yang sekiranya sedang mengalami permasalahan tersebut, pastinya kalian akan bertanya-tanya berapa biaya service ISC pada mobil? Besarnya biaya servis ISC itu sendiri tergantung dari kerusakan, sehingga tidak ada biaya pasti untuk perbaikan komponen tersebut.

Namun pada umumnya biaya untuk service ISC berada pada kisaran Rp 500.000 sampai Rp 5.000.000 tergantung dari kerusakan yang terjadi pada ISC itu sendiri. Jadi untuk kalian yang sedang mengalami permasalahan tersebut, paling tidak menyiapkan biaya service yang telah kami sebutkan tersebut.

Akhir Kata

Demikian itu informasi tentang apa itu ISC pada mobil yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan untuk kalian, mudah-mudahan saja informasi yang telah kami berikan diatas tadi dapat menambah pengetahuan kalian seputar dunia otomotif.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *