3 Arti Kode Ban Motor Secara Lengkap : Jenis & Biaya Ganti Ban

Advertisements

Arti Kode Ban Motor – Ban merupakan salah satu komponen kendaraan yang sangat penting, dimana komponen ini yang nantinya langsung berinteraksi dengan jalan. Selain itu, ban juga yang akan memberikan kenyamanan pada saat berkendara.

Karena selain memberikan kenyamanan saat berkendara, ban juga akan meredam energi benturan antara kendaraan dengan jalan. Oleh karena itu, pemilihan ban sesuai dengan kendaraan itu sangat penting. Karena setiap ban sudah dirancang berdasarkan kemampuan dan jenis kendaraan yang diguankan.

Sebagai contoh, ban dengan ukuran kecil tidak cocok digunakan pada kendaraan besar, karena ban tersebut tidak akan mampu meredam energi benturan dengan jalan dan beban dari kendaraan itu sendiri. Maka dari itu, kendaraan besar harus menggunakan ban berukuran besar.

Advertisements

Nah, untuk kalian yang sekiranya merasa ingin mengganti ban motor namun belum mengetahui arti kode ban motor? Maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi tentang arti kode ban motor yang akan kami berikan secara lengkap pada kesempatan hari ini.

Arti Kode Ban Motor
Advertisements

Jenis Ban Motor

JENIS BAN MOTOR sendiri ada dua tipe, yaitu TT (Tubetype) dan TL (Tubeless). TT (Tubetype) adalah jenis ban menggunakan ban dalam, dimana jenis ban ini yang umumnya banyak digunakan pada sepeda motor dengan tipe velg jeruji.

TL (Tubeless) adalah jenis ban tanpa menggunakan ban dalam, jenis ban ini biasanya lebih banyak digunakan pada sepeda motor dengan model velg racing atau banyak digunakan pada mobil. Untuk jenis motor keluaran saat ini biasanya lebih sering menggunakan jenis ban motor tubless.

Arti Kode Ban Motor

Ukuran ban motor biasanya ditulis dengan angka sebagai berikut 70/90 – 17M/C 52P TT atau 80/90 – 14 M/C TL, namun tidak semua tipe ban menuliskan ukuran ban motor secara lengkap. Yang umumnya dituliskan adalah 100/80 – 17 saja.

Nah, apabila ingin mengetahui arti kode ban motor tersebut secara lengkap, maka bisa langsung melihatnya dibawah ini.

Arti Kode Ban Motor 70/90 – 14

Arti kode 70/90 atau 80/90 merupakan ukuran dari ban itu sendiri. Ukuran ban lebih sering disebut dengan satuan milimeter dan angka pertama pada kode ban ialah lebar ban. Sedangkan angka dibelakangnya adalah tebal ban yang memiliki satuan persen.

Jadi jika ban motor memiliki ukuran 70/90 artinya adalah ban motor tersebut memiliki lebar 70 mm dengan ketebalan 90% dari lebar ban. Jadi untuk ban lebar 70 mm memiliki ketebalan 63 mm. Sedangkan strip 14 ialah ukuran velg, yaitu ring 14 yang umumnya digunakan motor matic.

Arti Kode Ban Motor M/C

Selain itu, terdapat juga kode M/C. M/C adalah singkatan dari Motorcycle, bukan merupakan singkatan dari Medium Compound atau tipe bahan baku ban itu sendiri. Jadi untuk setiap jenis ban yang digunakan pada sepeda motor pasti akan terdapat tambahan M/C.

Arti Kode P / 73H Pada Ban Motor

Kode lainnya yang terdapat pada ban ialah terdapat huruf. Huruf tersebut dituliskan secara terpisah dan biasanya bertuliskan angka dan satu huruf, mulai dari huruf J sampai dengan Z. Arti kode huruf itu sendiri merupakan batas maksimal yang mampu dilakukan oleh ban tersebut.

Sedangkan untuk angka yang terdapat pada bagian depan huruf memiliki arti beban maksimal yang mampu dimuat oleh ban. Kode tersebut biasanya akan dituliskan seperti 73H. Jadi untuk kalian yang ingin mengetahui arti kode 73H harus mengetahui kode angka pada bagian depan dan huruf pada bagian belakang.

Apabila kalian ingin mengetahui secara lengkap, maka bisa langsung melihat kode tabel angka berikut ini.

KodeBerat Maksimal
30 – 39106 kg – 136 kg
40 – 49140 kg – 185 kg
50 – 59190 kg – 243 kg
60 – 69250 kg – 325 kg
70 – 77335 kg – 412 kg

Sedangkan untuk kode huruf yang terdapat pada bagian belakang angka memiliki arti sebagai berikut.

KodeKecepatan Maksimal
J100 km/jam
K110 km/jam
L120 km/jam
M130 km/jam
N140 km/jam
P150 km/jam
Q160 km/jam
R170 km/jam
S180 km/jam
T190 km/jam
U200 km/jam
H210 km/jam
V240 km/jam
W270 km/jam
Y300 km/jam
Z340 km/jam

Biaya Ganti Ban Motor

Setelah kalian mengetahui arti kode ban motor secara lengkap, kemudian kalian ingin mengganti ban motor kalian. Maka kalian perlu mengetahui berapa BIAYA GANTI BAN MOTOR. Biaya ganti ban motor umumnya adalah Rp 10.000 sampai Rp 20.000

Hal tersebut tergantung dari tempat mengganti ban, baik itu dilakukan dibengkel resmi atau bengkel umum. Apabila mengganti ban motor di bengkel umum yang banyak di pinggir jalan, maka biaya yang perlu dikeluarkan akan lebih murah.

Akhir Kata

Dengan ini berakhir sudah informasi tentang arti kode ban motor yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan kepada kalian semua, mudah-mudahan saja informasi tentang arti kode ban motor yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.