8 Cara Bayar Pajak Online Jatim 2021 : Pajak Motor dan Mobil

Bayar Pajak Online Jatim – Pajak kendaraan adalah biaya yang dibebankan kepada setiap kendaraan yang digunakan dijalan sesuai peraturan UU Lalu Lintas yang telah ditetapkan, pembayaran pajak kendaraan juga menjadi salah satu syarat sah nya kendaraan tersebut supaya bisa tetap digunakan dijalan.

Karena jika kendaraan tersebut tidak dibayarkan pajaknya, maka surat-surat kendaraan tersebut menjadi tidak sah dan secara otomatis kendaraan tersebut tidak dapat digunakan dijalan secara hukum. Maka dari itu, setiap pemilik kendaraan wajib membayarkan pajak kendaraan setiap tahunnya agar kendaraannya tetap dapat digunakan.

Kendaraan dengan surat-surat yang lengkap juga pastinya memiliki nilai jual yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kendaraan yang tidak dilengkapi dengan surat-surat. Oleh karena itu, alangkah baiknya apabila anda memiliki niatan untuk menjual kembali kendaraan yang anda miliki, pastinya surat-surat kendaraan tersebut lengkap dan sah.

Untuk proses bayar pajak kendaraan saat ini juga sudah tergolong mudah, proses pembayaran pajak kendaraan dapat dilakukan secara online tanpa harus kita mendatangi kantor Samsat. Sehingga untuk anda yang memiliki waktu terbatas untuk mengurus pajak kendaraan, maka anda bisa melakukan hal tersebut secara online.

Cara Bayar Pajak Online Jatim: Pajak Motor dan Mobil

Cara Bayar Pajak Online Jatim Pajak Motor dan Mobil

Nah, pada kesempatan ini, kami ingin memberikan pembahasan tentang Cara Bayar Pajak Online Jatim, setelah sebelumnya kami juga membahas tentang CARA CEK PAJAK JAWA BARAT. maka saat ini kami akan membahas untuk cara bayar pajak Jawa Timur atau Jatim. Sehingga untuk anda yang bertempat tinggal di daerah Jawa Timur, anda bisa mengikuti cara-cara yang akan kami berikan hari ini.

Selain membahas tentang cara bayar pajak, kami juga akan turut membahas tentang cara cek pajak Jatim untuk anda. Sehingga anda bukan hanya akan tahu bagaimana cara bayar nya tapi juga akan mengetahui bagaimana cara cek nya. Untuk lebih lengkap, anda bisa langsung melihatnya dibawah ini.

Cara Cek Pajak Kendaraan Jawa Timur

Untuk cara cek pajak kendaraan yang berada di daerah Jawa Timur ini sebenarnya sama persis dengan cara cek pajak yang berada didaerah-daerah lainnya, yang membedakan hanya tempat untuk mengeceknya saja. Berikut ini adalah beberapa cara cek pajak Jatim yang bisa anda ikuti.

Cek Pajak via SMS

Cek Pajak via SMS

Cara cek pajak pertama ialah melalui SMS, untuk anda yang sekiranya belum memiliki handphone yang mendukung untuk berinternet. Maka anda bisa cek pajak melalui SMS, caranya yaitu dengan mengetik “JATIM<spasi>Nomor Polisi Kendaran” dan kirim SMS ke 7070.

Setelah anda mengirimkan SMS, maka anda akan mendapatkan balasan SMS berupa detail kendaraan beserta dengan dengan detail pajak kendaraan sesuai dengan nomor polisi yang anda masukan tadi.

Cek Pajak via Situs Samsat

Cek Pajak via Situs Samsat

Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk cek pajak online ialah melalui situs resmi Samsat, bagi anda yang sudah memiliki handphone yang menudukung untuk berinternet, maka anda bisa langsung mengunjungi situs E-Samsat Jatim. Nanti anda akan diminata untuk mengisikan nomor polisi kendaraan dan memilih daerah tempat anda membeli kendaraan tersebut.

Setelah itu anda akan mendapatkan hasil yang sama seperti anda mengirimkan SMS tadi, yaitu mendapatkan beberapa detail kendaraan dan juga detail pajak kendaraan tersebut secara lengkap.

Cara Bayar Pajak Kendaraan Jatim

Apabila anda sudah mengetahui besarnya biaya pajak kendaraan yang anda miliki dengan cara cek pajak yang kami jelaskan diatas, maka proses selanjutnya ialah cara bayar pajaknya. Untuk proses bayar pajak bisa dilakukan secara online seperti yang dilakukan di beberapa daerah, adapun untuk cara bayar pajak online Jatim adalah sebagai berikut.

Bayar Pajak via Bank / ATM

Bayar Pajak via Bank ATM

Cara bayar pajak online pertama yang dapat dilakukan ialah melalui transfer Bank atau bisa juga melalui mesin ATM, caranya cukup dengan mendatangi kantor Bank terdekat yang anda gunakan atau mesin ATM kemudian lakukan pembayaran sesuai dengan jumlah pajak kendaraan yang telah anda ketahui sebelumnya.

Jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayaran pada saat anda selesai membayar pajak. Karena bukti pembayaran tersebut merupakan salah salah satu syarat untuk mengambil STNK jika anda melakukan perpanjang STNK.

Bayar Pajak via E-Commerce

Bayar Pajak via E Commerce

Untuk cara bayar berikutnya dapat anda lakukan melalui situs-situs E-Commerce yang saat ini telah menyediakan jasa pembayaran pajak. Seperti contohnya adalah Tokopedia. Dimana anda sudah dapat melakukan pembayaran pajak melalui situs tersebut dengan lebih mudah dan aman.

Cara bayar pajak online Jatim melalui Tokopedia dapat dilakukan dengan cara mengunjungi situs Tokopedia, kemudian memilih menu pembayaran dan memilih menu pajak. Setelah itu anda akan diminta untuk mengisi nomor polisi kendaraan, nomor mesin kendaraan dan NIK sesuai dengan yang terdaftar pada STNK dan BPKB. Selanjutnya tinggal anda melakukan proses bayar.

Bayar Pajak via Minimarket

Bayar Pajak via Minimarket

Apabila kedua cara diatas dirasa cukup menyulitkan anda, maka anda masih dapat menggunakan cara yang ketiga. Dimana cara bayar pajak Jatim yang ketiga dapat dilakukan lewat minimarket seperti misalnya Indomaret atau Alfamart. Adapun untuk cara pembayarannya adalah sebagai berikut.

Kunjungi Indomaret atau Alfamart terdekat dengan anda, kemudian menunjukan STNK dan KTP asli dan menunjukan juga nomor handphone. Kemudian anda bisa membayarkan pada kendaraan sesuai dengan biaya pajak yang telah anda periksa tadi.

Tidak lama kemudian, anda akan mendapatkan SMS bahwa pajak kendaraan anda telah dibayar. Dan jangan lupa juga untuk menyimpan Struk atau Bukti Pembayaran yang nantinya akan digunakan untuk mengambil STNK.

Demikian itu pembahasan mengenai Cara Bayar Pajak Online Jatim yang sekiranya dapat Ujikokoh.com berikan kepada anda hari ini, mudah-mudahan saja sedikit pembahasan yang baru saja kami berikan hari ini dapat memberikan banyak-banyak manfaat untuk anda-anda sekalian semuanya.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *