√ Biaya Isi Nitrogen di SPBU 2021 : Kelebihan & Kekuragan Nitrogen

Biaya Isi Nitrogen di SPBU – Nitrogen adalah gas murni yang telah tersaring sehingga kandungan air yang terdapat pada gas tersebut tidak ada, sedangkan gas atau angin biasa masih memiliki kandungan air didalamnya. Penggunaan gas nitrogen untuk kendaraan bermotor saat ini sudah mulai banyak digunakan, karena terdapat banyak keuntungan menggunakan angin Nitrogen dibandingkan dengan menggunakan angin biasa.

Untuk mengisi angin nitrogen dapat dilakukan di SPBU-SPBU yang terdapat sebuah counter untuk mengisikan angin ban mobil atau BAN MOTOR, letak counter pengisian nitrogen biasanya ada di arah exit SPBU. Selain di SPBU, bengkel Velg & Ban juga biasa menyediakan jasa mengisi angin nitrogen.

Bagi anda yang belum pernah mengisi angin jenis nitrogen pasti bertanya-tanya, berapa harga atau biaya isi nitrogen di SPBU atau ditempat lainnya. Dan apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan nitrogen itu sendiri, kenapa banyak orang yang menggunakan jenis angin tersebut.

Jika penasaran dengan pertanyaan-pertanyaan seputar nitrogen, maka anda bisa menyimak pembahasan tentang harga isi nitrogen yang akan kami bahas dengan lengkap bersama dengan kekurangan dan kelebihan nitrogen yang dapat anda lihat dibawah ini.

Biaya Isi Nitrogen di SPBU : Kelebihan dan Kekurangan Nitrogen

Biaya Isi Nitrogen di SPBU Kelebihan dan Kekurangan Nitrogen

Sebelum memutuskan untuk beralih menggunakan angin nitrogen, alangkah baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu biaya isi nitrogen di SPBU dan juga beberapa kelebihan dan kekurangan nitrogen untuk ban mobil atau motor. Supaya anda tidak merasa kecewa setelah beralih menggunakan angin nitrogen.

Untuk lebih lengkapnya, anda bisa langsung melihat pembahasan tentang harga isi nitrogen bersama dengan kelebihan dan kekurangan isi nitrogen yang akan kami berikan dibawah ini.

Biaya Isi Nitrogen di SPBU

Jika dibandingkan dengan mengisi angin biasa, biaya isi angin nitrogen memang sedikit lebih mahal. Karena memang angin nitrogen memerlukan tindakan khusus agar menghasilkan sebuah angin yang tidak memiliki kandungan air didalam angin tersebut. Oleh karena itu, biaya isi nitrogen itu sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya isi angin biasa.

Selain memiliki layanan mengisi angin ban, counter nitrogen yang ada di SPBU juga menyediakan layanan lainnya. Seperti misalnya Tambal ban tubeless, bongkar-pasang ban serep serta memasang ban baru. Adapun untuk rincian biayanya adalah sebagai berikut.

Biaya Isi Nitrogen Ban Mobil

LayananBiaya
Isi Nitrogen BaruRp 10.000 / Ban
Isi Tambah NitrogenRp 5.000 / Ban
Tambal Ban TubelessRp 20.000 / Lubang
Bongkar – Pasang Ban SerepRp 30.000 / Ban
Tukar – Pasang BanRp 30.000 / 2 Ban

Biaya Isi Nitrogen Ban Motor

LayananBiaya
Isi Nitrogen BaruRp 5.000 / Ban
Isi Tambah NitrogenRp 3.000 / Ban
Tambah Ban TubelessRp 15.000 / Lubang

Kelebihan Nitrogen

Setelah mengetahui berapa biaya isi nitrogen di SPBU, maka anda juga harus mengetahui beberapa hal yang menjadi kelebihan nitrogen itu sendiri. Karena tidak sedikit orang yang sudah beralih dari angin biasa menjadi angin nitrogen. Kenapa hal tersebut banyak dilakukan oleh orang.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan atau keunggulan menggunakan nitrogen untuk ban mobil dan motor.

1. Tekanan dan Suhu Stabil

Tekanan dan Suhu Stabil

Karena tidak memiliki kandungan air pada angin nitrogen, hal tersebut menjadikan tekanan pada ban menjadi lebih stabil dan tahan lama. Ditambah lagi dengan suhu atau temperatur ban juga menjadi stabil, sehingga kondisi ban menjadi lebih awet.

2. Daya Cengkram Ban Maksimal

Daya Cengkram Ban Maksimal

Menggunakan angin jenis nitrogen juga dapat membuat daya cengkram ban menjadi lebih meningkat, sehingga kendaraan akan memiliki handling yang lebih baik saat dikendarai.

3. Menghindarkan Korosi Pada Ban dan Velg

Menghindarkan Korosi Pada Ban dan Velg

Karena angin nitrogen ini tidak memiliki kandungan air, maka hal tersebut menjadikan ban dan velg akan terhindari korosi. Kandungan air yang terdapat pada jenis angin biasa inilah yang biasanya menyebabkan ban dan velg mengalami korosi, ditambah lagi dengan seringnya kendaraan tersebut terkena air hujan dan tidak langsung dicuci. Maka akan semakin mudah menimbulkan korosi pada ban dan velg.

4. Tekstur Ban Lebih Lentur

Tekstur Ban Lebih Lentur

Kelebihan nitrogen lainnya yang bisa didapatkan adalah tekstur ban menjadi lebih lentur. Penggunaan angin biasa dengan masa pengisian yang sesuai standar ban, biasanya akan membuat tekstur ban menjadi keras dan akan mengurangi kenyamanan pada saat berkendara. Oleh karena itu, biasanya para pengguna sedikit mengurangi tekanan ban akan terasa lebih empuk.

Namun untuk penggunakan jenis angin nitrogen, meskipun pengisian tekanan pada ban itu sesuai standar. Maka tekstur ban tidak menjadi keras, justru dapat membuat tekstur ban menjadi lebih lentur. Sehingga kendaraan tetap nyaman saat digunakan.

5. Menghemat BBM Kendaraan

Menghemat BBM Kendaraan

Dengan beberapa kelebihan nitrogen yang telah kami jelas diatas, menjadikan kendaran yang menggunakan nitrogen bisa lebih menghemat bahan bakar kendaraan. Karena performa mesin lebih maksimal dan tidak terhalang oleh permasalahan ban yang membuat kinerja mesin menjadi lebih berat dan dapat mengkonsumsi BBM lebih banyak.

Kekurangan Nitrogen

Selain memiliki kelebihan, menggunakan angin nitrogen juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diketahui juga. Karena setiap ada kelebihan tentunya terdapat juga kekurangan, adapun beberapa kekurangan nitrogen untuk ban mobil dan motor adalah.

1. Biaya Isi Nitrogen Mahal

Biaya Isi Nitrogen di SPBU Lebih Mahal

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, dimana angin nitrogen ini perlu tidakan khusus untuk membuatnya. Maka biaya isi nitrogen juga menjadi jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya isi angin biasa.

2. Tempat Pengisian Jarang

Tempat Pengisian Jarang

Bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan, hal ini mungkin bukan sebuah kekurangan atau permasalahan. Akan tetapi untuk anda yang tinggal dipedesaan, hal ini bisa menjadi sebuah kekurangan. Karena counter Nitrogen itu sendiri belum ada sampai ke pelosok-pelosok desa.

3. Memerlukan Perawatan

Memerlukan Biaya Perawatan Isi Nitrogen

Kekurangan nitrogen yang terakhir adalah perlunya perawatan yang dilakukan apabila menggunakan angin ini. Para pengguna nitrogen harus selalu memeriksa kondisi ban secara berkala, apakah tekanan pada ban berkurang atau tidak. Kemudian angin nitrogen juga harus diganti setiap beberapa bulan sekali untuk memberikan hasil yang lebih maksimal.

FAQ

Kenapa ban diisi nitrogen?

Karena nitrogen dapat membuat tekanan ban menjadi lebih stabil.

Berapa lama kekuatan angin nitrogen?

Kekutan angin nitrogen idealnya adalah 3 sampai 4 minggu.

Itu dia sedikit pembahasan tentang biaya isi nitrogen di SPBU yang baru saja Ujikokoh.com bahas bersamaan dengan beberapa kekurangan dan kelebihan nitrogen, semoga saja informasi yang baru kami sajikan diatas tadi dapat memberikan banyak-banyak manfaat untuk anda.

You May Also Like

About the Author: Suhendar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *