Biaya Kirim Motor Via Kereta 2024: Syarat & Cara Kirim

Biaya Kirim Motor Via Kereta – Seiring dengan perkembangan zaman, sekarang ini masyarakat tidak perlu bingung ketika akan mengirimkan sebuah barang atau paket besar untuk antar kota, antar provinsi maupun antar pulau. Dimana barang atau paket besar tersebut seperti kendaraan roda dua. Pasalnya sekarang ini sudah tersedia banyak sekali jasa pengiriman motor untuk antar kota, antar provinsi maupun antar pulau.

Salah satu jasa pengiriman motor yang banyak digunakan yaitu menggunakan jalur kereta api. Baik menggunakan layanan KA Logistik, Herona Express maupun beberapa jasa kirim motor lainnya yang menggunakan jalur kereta api. Namun sebenarnya berapa biaya kirim motor via kereta api?

Ada beberapa syarat kirim motor menggunakan kereta api yang perlu kalian ketahui. Daftar biaya kirim motor via kereta api bisa kalian dapatkan informasinya melalui artikel ini. Sehingga setidaknya nantinya kalian sudah ketahui besaran tarif ongkir motor melalui jalur kereta api.

Nah pada artikel kali ini, admin Ujikokoh.com akan merangkum tentang biaya kirim motor via kereta api. Namun sebelum masuk ke pembahasan tersebut, silahkan simak ulasan tentang syarat dan pengalaman atau cara kirim motor lewat kereta api berikut ini.

Syarat Kirim Motor Via KAI

Syarat Kirim Motor Via KAI

Hampir sama dengan beberapa jasa kirim motor lainnya, kirim motor melalui jalur kereta api juga memiliki beberapa syarat dan ketentuan. Dimana syarat dan ketentuan kirim motor via kereta adalah sebagai berikut:

  • Wilayah kirim motor terjangkau jalur kereta api.
  • Datang ke kantor atau gerai jasa pengiriman motor via jalur kereta api.
  • Surat-surat kendaraan atau motor lengkap. Seperti ada STNK asli, BPKB asli maupun BPKB foto kopi.
  • Mempersiapkan motor yang akan dikirim. Misalnya dengan melepas spion, kosongi bagasi, mengosongkan tangki BBM, menonaktifkan jalur Kelistrikan seperti lepas kabel ke aki atau lainnya. Sehingga bisa mencegah adanya bahaya seperti korsleting, kebakaran maupun bahaya lainnya.

Nah setelah ketahui beberapa syarat di atas, sekarang bagaimana pengalaman atau cara kirim motor via kereta? Silahkan simak ulasannya berikut ini?

Cara Kirim Motor Lewat Kereta Api

Ada beberapa proses kirim motor via kereta yang perlu kalian ketahui. Diantaranya dimulai dari proses persiapan motor yang akan dikirim, mengunjungi kantor kirim motor via kereta dan beberapa proses kirim motor via kereta lainnya. Pengalaman atau cara kirim motor via kereta api adalah sebagai berikut:

1. Persiapkan Motor yang Akan Dikirim

Langkah pertama silahkan siapkan motor yang akan dikirim. Kalian bisa siapkan motor sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di jasa ekspedisi kirim motor via kereta. Misalnya dengan melepas spion, mengosongkan tangki BBM, mematikan semua jalur Kelistrikan. Sehingga setelah kalian sampai di gerai atau kantor jasa kirim motor, kondisi motor kalian sudah siap untuk di packing.

2. Kunjungi Kantor Ekspedisi Kereta

Langkah kedua silahkan kunjungi kantor ekspedisi kereta yang akan digunakan. Ini dapat dimanfaatkan kalian untuk menanyakan apa saja layanan kirim motor yang tersedia, biaya ongkos kirim maupun informasi lainnya seputar kirim motor di jasa ekspedisi kereta tersebut.

3. Daftar Layanan Kirim Motor

Jika kalian sudah setuju dan memahami semua syarat dan ketentuan kirim motor menggunakan jasa ekspedisi kirim motor via jalur kereta tersebut, silahkan daftarkan motor kalian untuk dikirim menggunakan ekspedisi jalur kereta tersebut. Berikan semua dokumen atau persyaratan yang dibutuhkan. Seperti surat-surat kendaraan, identitas pengirim maupun dokumen lainnya yang dibutuhkan.

4. Isi Alamat Penerima

Setelah proses pendaftaran kirim motor via kereta selesai dilakukan, silahkan lanjutkan dengan mengisi alamat lengkap penerima, identitas atau nomor telepon penerima kiriman motor. Pastikan juga apakah nantinya motor dikirim sampai alamat tujuan atau diambil pada agen atau gerai jasa ekspedisi via jalur kereta.

Pasalnya ada beberapa jasa kirim motor yang menyediakan layanan antar sampai rumah tujuan. Serta ada juga jasa kirim motor yang hanya melayani ambil kiriman di kantor atau gerai.

5. Selesaikan Pembayaran Kirim Motor

Setelah semua proses di atas sudah kalian selesaikan, silahkan lanjutkan ke proses pembayaran biaya ongkos kirim motor tersebut. Biasanya petugas atau pelayan jasa kirim motor akan memberikan rincian biaya kirim motor. Dan biaya tersebut biasanya sudah termasuk biaya packing, asuransi maupun biaya lainnya.

Nah setelah ketahui cara kirim motor via kereta di atas, sekarang berapa lama proses kirim motor via jalur kereta api? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Berapa Lama Kirim Motor Lewat Kereta?

Tidak sedikit calon konsumen kirim motor via jalur kereta yang bertanya mengenai berapa lama proses pengiriman motor via kereta. Dimana jawaban berapa lama kirim motor via kereta yaitu cukup cepat dan sesuai dengan jadwal. Pasalnya kereta Cargo sudah memiliki jadwal pasti untuk pemberangkatan dan kedatangan di kota tujuan.

Sedangkan untuk berapa jam lamanya nantinya ditentukan dengan jarak tempuh atau jarak pengiriman. Dimana kereta Cargo juga memiliki jam perjalanan yang hampir sama dengan kereta penumpang. Sehingga bisa dikatakan bahwa berapa lama proses kirim motor via kereta juga bisa disamakan dengan berapa proses perjalanan penumpang ketika menaiki kereta api.

Nah sekarang berapa biaya ongkir motor via jalur kereta api? Silahkan simak daftar biaya ongkir via jalur kereta berikut ini.

Biaya Kirim Motor Via Kereta

Biaya Kirim Motor Via Kereta

Tarif kirim motor via jalur kereta api yang akan kami sajikan yaitu menggunakan jasa KA Logistik. Dengan asumsi berat kendaraan motor tersebut 100 Kg untuk motor bebek, motor laki dan motor sport. Daftar tarif kirim motor via jalur kereta api adalah sebagai berikut:

Pengiriman MotorMotor BebekMotor LakiMotor Sport
Jakarta – BandungRp. 472.500Rp 577.500Rp 707.500
Jakarta – CirebonRp. 567.000Rp. 693.000Rp. 849.000
Jakarta – PurwokertoRp. 680.400Rp. 831.600Rp. 1.018.800
Jakarta – SemarangRp 756.000Rp 924.000Rp 1.132.000
Jakarta – YogyakartaRp 869.400Rp 1.062.600Rp 1.301.800
Jakarta – SurabayaRp 1.001.700Rp 1.224.300Rp 1.499.900
Jakarta – MalangRp 1.134.000Rp 1.386.000Rp 1.698.000

Biaya kirim motor di atas tentunya bisa saja berbeda dengan biaya ongkos kirim aslinya. Jika kalian ingin ketahui biaya kirim motor secara lebih rinci, kalian bisa cek dengan datang ke kantor ekspedisi kirim motor via kereta terdekat maupun dengan mengecek biaya melalui halaman resmi dari jasa kirim motor via kereta tersebut. Buat kalian yang ingin ketahui cara cek tarif kirim motor di KAI Logistik, kalian bisa baca selengkapnya di artikel cek tarif kirim motor.

Selain tarif kirim motor via jalur kereta api, kemarin admin Ujikokoh.com juga sudah pernah merangkum tarif kirim motor melalui jasa lainnya. Kalian bisa dapatkan informasinya melalui artikel biaya kirim motor JNE.

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai biaya kirim motor via kereta api seperti Herona Express, Cargo KAI, KA Logistik atau beberapa jasa kirim motor via jalur kereta api lainnya. Bagaimana, apakah masih ada yang bingung mengenai biaya pengiriman motor melalui jalur kereta api?

Sekian artikel kali ini tentang biaya pengiriman motor via jalur kereta. Terima kasih sudah bersedia mengunjungi Ujikokoh.com dan semoga artikel di atas tentang tarif kirim motor via kereta api dapat bermanfaat buat kalian semuanya.

Sumber gambar: Tim Ujikokoh.com

Tinggalkan komentar