Biaya Service Filter Solar 2022 : Waktu Ganti & Fungsi

Advertisements

Biaya Service Filter Solar – Filter solar merupakan salah satu komponen yang terdapat pada tipe mesin diesel, karena mesin diesel menggunakan bahan bakar solar. Maka dari itu, pada tipe mesin diesel memiliki komponen berupa filter solar yang terpasang pada tangki bahan bakar.

Sama seperti komponen lainnya, filter solar juga perlu melakukan perawatan. Ditambah lagi, komponen ini juga menjadi salah satu komponen yang sangat penting, karena jika komponen ini rusak dapat mengganggu proses pembakaran pada mesin yang akibatkan turunnya performa mesin.

Citayam

Nah, untuk kalian yang sekiranya ingin melakukan penggantian filter solar, namun belum mengetahui berapa biaya service filter solar? Maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi biaya servis yang pada kesempatan ini akan kami berikan secara lengkap.

Advertisements

Dimana selain memberikan informasi biaya service filter solar, kami juga turut memberikan informasi lain seperti fungsi filter solar dan kapan waktu ganti filter solar yang tepat. Apabila kalian sudah ingin mengetahui informasinya secara lengkap, maka bisa langsung melihatnya dibawah ini.

Biaya Service Filter Solar
Advertisements

Fungsi Filter Solar

Sesuai dengan namanya, filter solar memiliki fungsi untuk menyaring kotoran pada solar (bahan bakar mesin diesel) sebelum diteruskan ke ruang pembakaran. Bahan bakar solar memang tidak semuanya berkualitas bagus seperti bensin (pertalite, pertamax atau premium).

Maka dari itu, pada bagian tangki bahan bakar ditambahkan dengan adanya filter solar sebelum bahan bakar tersebut disalurkan ke ruang pembakaran. Agar bahan bakar yang dihasilkan ke ruang pembakaran lebih bagus, sehingga dapat menghasilkan performa mesin yang lebih optimal.

Waktu Ganti Filter Solar

Kapan waktu ganti filter solar? Waktu penggantian filter solar sebenarnya tergantung dari pemakaian mobil itu sendiri, namun umumnya lampu indikator filter solar akan menyala apabila pemakaian mobil sudah mencapai kurang lebih 15.000 km sampai dengan 20.000 km.

Namun tidak jarang juga lampu indikator filter solar akan menyala pada saat jarak tempuh baru mencapai 10.000 km. Hal tersebut bisa saja dikarenakan oleh kerusakan sensor atau jenis bahan bakar solar yang digunakan memang kurang bagus, sehingga filter solar harus diganti lebih awal.

Biaya Service Filter Solar

Setelah mengetahui beberapa hal tentang filter solar, maka saatnya kalian mengetahui berapa biaya service filter solar? Adapun untuk biaya servis itu sendiri terdiri dari dua biaya, yaitu harga filter solar itu sendiri dan juga ongkos pasang. Adapun untuk rincian biaya servisnya adalah sebagai berikut.

Harga Filter Solar

Harga filter solar sendiri bervariasi, mulai dari 700 ribu rupiah sampai dengan 2 juta rupiah. Tergantung dari tipe mobil yang digunakan. Seperti misalnya harga filter solar mobil Toyota ada yang dihargai 700 ribu sampai 1.6 juta. Sedangkan untuk harga filter solar mobil mitsubishi bisa mencapai 2.5 juta.

Biaya Ganti Filter Solar

Sedangkan untuk ongkos pemasangan atau biaya ganti filter solar sendiri juga bervariasi, biasanya ongkos pasang di bengkel resmi sedikit lebih mahal dibandingkan dengan ongkos pasang di bengkel biasa. Dimana biaya gantinya bisa mencapai 100 ribu sampai 200 ribu.

Akhir Kata

Demikian itu informasi mengenai biaya service filter solar yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan pada kesempatan sekarang ini, semoga saja informasi tentang biaya servis yang baru saja kami berikan diatas bisa menambah pengetahuan kalian seputar dunia otomotif.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.