6 Biaya Servis Kaki-Kaki Mobil Kijang Super 2022

Advertisements

Biaya Servis Kaki-Kaki Mobil Kijang Super – Kaki-kaki mobil merupakan salah satu bagian yang akan memberikan kenyamanan pada saat berkendara. Apabila kaki-kaki mobil sampai mengalami kerusakan, maka kenyamanan pada saat berkendara akan berkurang, terutama ketika melewati jalanan rusak.

Karena hal tersebut, melakukan servis kaki-kaki mobil itu sangat penting, karena akan menjaga kenyamanan pada saat berkendara. Maka dari itu, pada kesempatan ini kami ingin memberikan informasi mengenai biaya servis kaki-kaki mobil kijang super untuk kalian semua.

Meskipun Kijang Super tergolong mobil yang sudah cukup tua, akan tetapi masih banyak orang yang menggunakan mobil ini. Karena itu kami ingin memberikan informasi tersebut, barang kali saja ada diantara kalian yang sedang mencari informasi tersebut karena ingin melakukan servis kaki-kaki mobil Kijang Super.

Advertisements

Namun selain memberikan informasi mengenai biaya servis kaki-kaki, kami juga turut memberikan beberapa informasi lainnya. Sehingga kalian tidak hanya mengetahui berapa besarnya biaya servis kaki-kaki mobil tersebut saja. Untuk lebih jelasnya, bisa langsung melihat informasi tersebut dibawah ini.

Biaya Servis Kaki Kaki Mobil Kijang Super
Sumber: ypsbengkelbandung.com
Advertisements

Manfaat Servis Kaki-Kaki Mobil Kijang Super

Manfaat utama servis kaki-kaki mobil tentunya untuk menjaga setiap komponen kaki-kaki mobil agar tetap berfungsi sebagai mestinya, sehingga kaki-kaki mobil tersebut tetap memberikan kenyamanan pada saat digunakan. Terutama pada saat digunakan pada jalanan yang tidak bagus.

Karena kinerja kaki-kaki mobil akan lebih keras apabila melalui jalanan yang tidak bagus, sehingga kondisi kaki-kaki mobil dapat diuji pada saat melalui jalanan yang rusak. Sehingga hal tersebut menjadi salah satu Cara Cek Kaki-Kaki Mobil.

Waktu Pengerjaan Servis Kaki-Kaki Mobil Kijang Super

Diantara kalian mungkin ada yang bertanya berapa lama waktu pengerjaan servis kaki-kaki mobil Kijang Super? Adapun untuk waktu pengerjaan servis kaki-kaki mobil sebenarnya bergantung dari pada kondisi kaki-kaki mobil itu sendiri.

Apabila kondisi kaki-kaki mobil masih cukup bagus, maka waktu pengerjaan servis berada di kisaran 1 sampai 2 jam. Akan tetapi untuk kondisi kaki-kaki yang sudah parah, maka waktu pengerjaan bisa lebih dari 2 jam bahkan bisa memakan waktu sampai berhari-hari.

Komponen Kaki-Kaki Mobil Kijang Super

Dan sebelum kami lanjutkan ke informasi biaya servis kaki-kaki mobil Kijang Super, alangkah baiknya kalian ketahui terlebih dahulu beberapa komponen kaki-kaki mobil. Karena diantara kalian mungkin ada yang bertana servis kaki kaki mobil meliputi apa saja?

Maka dari itu, untuk mengetahui bagian kaki-kaki mobil apa saja yang dilakukan servis, maka perlu mengetahui setiap komponen dari kaki-kaki mobil itu sendiri. Adapun beberapa komponen kaki-kaki mobil itu sendiri diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Ball Joint

Ball joint merupakan komponen yang memiliki fungsi untuk mengikat dan sumbu lower arm roda pada saat mobil berbelok. Sehingga keseimbangan mobil akan tetap terjaga pada saat berbelok. Ball joint juga memiliki fungsi untuk menghubungkan knuckle roda dengan arm (sayap).

2. Shockberaker

Shockbreaker merupakan komponen yang memiliki fungsi untuk meredam energi getaran pada saat mobil berjalan. Getaran tersebut biasanya dihasilkan karena roda melalui jalanan yang tidak rata seperti melewati lubang, polisi tidur atau benda lainnya yang dapat menghasilkan energi getaran.

Shockbreaker juga memiliki fungsi untuk menahan beban kendaraan secara keseluruhan. Oleh karena itu, setiap kendaraan memiliki batas muatan, karena setiap kendaraan memiliki kekuatan kaki-kaki yang berbeda.

3. Bushing Arm

Bushing arm memiliki bentuk selongsong besi yang ditambah dengan adanya karet. Bushing arm memiliki fungsi sebagai titik tumpu roda dengan lengan pencengkram roda. Komponen ini juga memiliki fungsi untuk meredam energi getaran diantara sambungan suspensi.

4. Bushing Stabilizer

Bushing stabilizer memiliki fungsi untuk menyeimbangkan antara suspensi kiri dan kanan, sehingga komponen ini terpasang pada link stabilizer. Untuk cara kerja bushing stabilizer sendiri kurang lebih sama dengan bushing arm, hanya saja posisi dari komponen tersebut saja yang berbeda.

Bushing stabilizer juga menjadi salah satu penyebab bunyi gemuruh atau berdecit pada saat mobil melakukan pengereman. Sehingga untuk mobil Kijang Super kalian yang mengalami bunyi seperti itu, maka kalian bisa memeriksa kondisi bushing stabilizer apakah masih bagus atau tidak.

5. Bearing

Bearing merupakan komponen yang berfungsi sebagai bantalan roda. Dimana komponen ini sangat mempengaruhi putaran roda, sehingga dapat berpengaruh juga pada kestabilian mobil itu sendiri. Maka dari itu, pada saat servis kaki-kaki mobil, komponen ini juga akan diperiksa kondisinya.

6. Tie Rod

Tie rod merupakan komponen yang langsung terhubung dengan kemudi, dimana komponen ini juga yang mempengarhui posisi kemudi apakah melenceng ke kanan atau ke kiri tanpa mengubah posisi dari kemudi atau setir. Apabila komponen mengalami kerusakan juga biasanya akan menimbulkan sebuah bunyi yang cukup keras.

7. Peer

Peer atau pegas merupakan salah satu komponen yang terdapat pada shockbreaker dan komponen ini menjadi salah satu komponen dengan masa pakai paling lama dibandingkan dengan komponen yang lainnya. Adapun beberapa penyebab kerusakan peer biasanya dikarenakan oleh rusaknya bushing peer.

Biaya Servis Kaki-Kaki Mobil Kijang Super

Setelah mengetahui beberapa hal seputar komponen kaki-kaki mobil, maka saatnya kembali ke pokok pembahasan yaitu biaya servis kaki-kaki mobil Kijang Super. Dimana besarnya biaya servis kaki-kaki mobil ini akan kami berikan berdasarkan dari komponen kaki-kaki mobil.

KomponenBiaya
Bushing armRp 300.000
Tie RodRp 340.000
Ball JointRp 150.000
Link StabilizerRp 40.000
Bearing DepanRp 160.000
Bearing BelakangRp 80.000

Untuk biaya servis kaki-kaki mobil yang kami berikan diatas merupakan estimasi biaya servis di bengkel biasa dan mungkin saja terdapat sedikit selisih biaya, karena biaya servis mobil disetiap daerah pasti memiliki sedikit perbedaan. Jadi kami sarankan kepada kalian untuk mempersipkan biaya lebih dari yang telah kami sampaikan.

Akhir Kata

Demikian itu informasi yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan mengenai informasi biaya servis kaki-kaki mobil Kijang Super, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami berikan diatas tadi dapat memberikan tambahan informasi untuk kalian semua yang memang sedang membutuhkan.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.