17 Cara Cek Kaki-Kaki Mobil : Komponen, Biaya & Bunyi Kletek-kletek

Cara Cek Kaki-Kaki Mobil – Kaki-kaki mobil merupakan salah satu bagian terpenting, karena bagian tersebut yang akan membuat mobil terasa nyaman ketika digunakan. Apabila kaki-kaki mobil mengalami kerusakan, pasti hal tersebut akan berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara anda.

Selain berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara, kerusakan pada kaki-kaki mobil juga dapat berpengaruh terhadap cara berkendara. Karena ada beberapa komponen kaki-kaki mobil yang berfungsi untuk menyempurnakan cara berkendara.

Oleh karena itu, menjaga kondisi kaki-kaki mobil agar tetap baik itu sangatlah penting, supaya pengendara tetap merasa nyaman berkendara dan dapat berkendara dengan lebih aman. Salah satu cara menjaga kondisi kaki-kaki mobil agar tetap baik ialah dengan cara servis mobil secara rutin.

Seperti misalnya SERVICE MOBIL DAIHATSU dibengkel resmi ataupun bengkel langganan anda secara rutin, supaya mengetahui apakah kondisi komponen kaki-kaki mobil masih layak untuk digunakan. Apabila sudah tidak layak alangkah baiknya langsung diganti atau mungkin diperbaiki.

Komponen Kaki-Kaki Mobil

Sebelum kami lanjutkan ke cara cek kaki-kaki mobil, alangkah baiknya jika anda mengetahui beberapa komponen kaki-kaki mobil yang sebaiknya diperiksa. Karena jika anda sendiri tidak mengetahui apa saja komponen kaki-kaki mobil, maka anda tidak akan dapat memeriksa atau bahkan memperbaikinya.

1. Suspensi

1. Suspensi

Suspensi merupakan komponen yang gerfungsi untuk meredam guncangan, kondisi tersebut biasanya akan dialami mobil ketika melewati jalanan yang tidak rata atau berlubang. Bahan utama suspensi ialah baja anti karat, sehingga komponen tersebut cukup sulit mengalami korosi.

2. Bushing Arm

2. Bushing Arm

Bushing arm merupakan komponen dengan fungsi sebagai titik tumpuan roda. Bentuk komponen bushing arm ialah selongsong besi yang biasanya dilengkapi juga dengan adanya karet. Selain menjadi titik tumpu roda, bushing arm juga menjadi peredam getaran antara sambungan suspensi.

3. Bearing

3. Bearing

Bearing merupakan komponen yang berfungsi sebagai bantalan roda dan komponen ini juga akan berpengaruh terhadap kesetabilan putaran roda ketika digunakan. Komponen ini biasanya akan terpasang pada setiap bagian roda dengan bentuk bulat dan berisi butiran besi.

4. Ball Joint

4. Ball Joint

Ball joint merupakan komponen kaki-kaki mobil yang memiliki tugas sebagai pengikat serta menjadi sumbu lower arm. Komponen ini akan bekerja mempertahankan posisi selongsong besi roda mobil ketika belok. Sehingga mobil akan tetap terasa nyaman pada saat digunakan.

5. Peer

5. Peer

Peer atau pegas merupakan komponen yang berfungsi untuk menahan beban pada bagian suspensi mobil, komponen kaki-kaki mobil ini merupakan salah satu komponen yang jarang sekali rusak. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika komponen ini bisa sampai rusak.

6. Velg

6. Cek Velg Kaki-Kaki Mobil

Velg merupakan komponen kaki-kaki mobil dengan fungsi untuk meletakan ban dan menghubungkannya dengan sumbu roda. Komponen ini juga dapat berpengaruh terhadap kondisi berkendara, karena kondisi velg yang rusak bisa menyebabkan mobil kurang stabil.

7. Ban

7. Cek Ban Kaki-Kaki Mobil

Ban merupakan komponen kaki-kaki mobil terakhir, dimana tugas ban ialah untuk meredam getaran akibat kondisi jalan kurang bagus dan lain sebagainya. Ban juga menjadi salah satu bagian penting, karena ban merupakan bagian yang secara langsung mengalami gesekan dengan jalan.

Cara Cek Kaki-Kaki Mobil

Cara Cek Kaki Kaki Mobil

Apabila anda sudah mengetahui apa saja komponen kaki-kaki mobil, maka saatnya kembali ke pokok pemasalahan yaitu cara cek kaki-kaki mobil. Cara cek kaki-kaki mobil sendiri berfungsi untuk menghindari terjadikan kerusakan pada komponen kaki-kaki mobil.

Berikut ini adalah beberapa cara cek kaki-kaki mobil yang sedang mengalami masalah atau terjadi kerusakan pada kaki-kaki mobil.

1. Arah Roda Berubah

Cara cek pertama ialah dengan memperhatikan arah roda. Apabila kondisi roda terasa tidak stabil pada saat digunakan seperti misalnya bergerak ke kanan dan kiri, kemudian terasa juga kondisi kemudi seperti melayang. Maka hal tersebut terdapat masalah pada tie rod.

Tie rod merupakan salah satu komponen yang terdapat pada bagian sistem kemudi rack and pinion dan komponen ini juga menjadi salah satu komponen yang mudah sekali rusak atau terganggu.

2. Kondisi Tapak Ban

Cara cek selanjutnya bisa dilihat dari kondisi tapak ban, apabila tapak ban terkikis secara merata, maka hal tersebut menjunjukan bahwa kondisi roda masih balance. Sedangkan untuk kondisi tapak roda yang terkikis namun tidak rata, maka ada kesalahan pada bagian kaki-kaki mobil.

Entah itu dari bagian velg, bearing atau suspensi yang mengalami kerusakan. Apabila ban mobil anda menemui hal tersebut, alangkah baiknya jika membawa mobil anda ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

3. Bunyi Kletek-Kletek

Cara cek selanjutnya ialah dengan memperhatikan suara atau bunyi pada bagian kaki-kaki mobil. Apabila kaki-kaki mobil terdapat bunyi kletek-kletek, maka hal tersebut menjadi salah satu pertanda ball joint sudah mulai rusak. Selain mengalami bunyi kletek-kletek, roda juga akan terasa bergoyang.

4. Timbul Suara Dengung

Cara cek kaki-kaki mobil berikutnya adalah timbulnya suara dengung pada bagian kaki-kaki mobil. Selain terdapat bunyi kletek-kletek, kondisi kaki-kaki mobil yang rusak juga biasanya akan menghasilkan suara dengung. Cara cek kondisi tersebut ialah dengan cara membelokan mobil ke kanan dan kiri.

5. Mobil Terasa Limbung di Tikungan

Cara cek selanjutnya ialah dari cara menikung mobil, apabila mobil terasa limbung pada saat menikung. Maka hal tersebut bisa menjadi ciri-ciri terjadinya kerusakan pada bagian bushing, baik itu stabilizer ataupun swing arm. Karena kedua komponen tersebut yang menjaga kestabilan roda saat menikung.

6. Pegas Bermasalah

Pegas pada mobil ada dua jenis, yaitu pegas daun dan keong. Meskipun komponen ini menjadi salah satu komponen yang jarang rusak, akan tetapi tidak menutup kemungkinan apabila komponen ini dapat rusak. Cara cek kerusakan komponen ini ialah dengan cara melihatnya langsung.

Perhatikan bagaimana kondisi pegas atau peer mobil, apakah masih terlihat bagus atau tidak. Selain dengan cara melihat kondisi komponen, biasanya akan timbul bunyi berderit atau seperti menggerus jika pegas akan rusak.

7. Soopring Berubah

Spooring merupakan pengaturan sudut keselarasan antara roda dengan muka jalan. Cara cek spooring berubah atau tidak ialah dengan cara mengendarai mobil dengan kecepatan antara 40 sampai 60 km/jam, kemudian lepaskan kemudi.

Apabila arah mobil tidak berubah, berarti kondisi spooring masih bagus. Akan tetapi jika arah mobil melenceng ke sisi kanan atau kiri, maka kondisi spooring tidak bagus. Maka perlu dilakukan pengaturan ulang terhadap spooring.

8. Rem Tidak Bekerja Maksimal

Cara cek kaki-kaki mobil rusak selanjutnya ialah dengan cara merasakan kondisi penggunaan rem, apabila rem terasa tidak bekerja secara maksimal atau tidak nyaman saat digunakan. Maka hal tersebut dapat terdapat kerusakan pada bagian booster rem.

9. Velg Retak atau Peyok

Cara mengetahui kaki-kaki mobil rusak selanjutnya bisa di cek pada bagian velg mobil. Perhatikan kondisi fisik velg apakah masih terlihat bagus atau tidak, apabila terjadi retak atau peyok. Maka hal tersebut bisa berimbas pada tidak keseimbangannya mobil pada saat digunakan.

10. Ban Mengalami Aus

Cara cek kondisi kaki-kaki mobil terakhir ialah memeriksa kondisi ban, kondisi ban yang masih bagus tentunya akan berbeda dengan kondisi ban sudah aus atau habis. Apabila kondisi ban aus, maka mobil akan terasa tidak nyaman pada saat digunakan.

Biaya Perbaikan Kaki-Kaki Mobil

Biaya Cek Perbaikan Kaki Kaki Mobil

Apabila anda sudah mengetahui bagaimana cara cek kaki-kaki mobil yang mengalami kerusakan, kemudian anda ingin memperbaiki namun belum mengetahui berapa biaya perbaikan kaki-kaki mobil. Maka hal tersebut dapat ditanyakan secara langsung ke bengkel tempat anda servis.

Karena biaya untuk penanganan permasalahan seperti ini berbeda-berbeda, seperti contohnya biaya penangan kerusakan bunyi kletek-kletek pada mobil akan berbeda dengan biaya spooring balance, begitu juga dengan penanganan permasalahan kaki-kaki mobil lainnya.

Kemudian biaya cek dan juga service juga biasanya akan berbeda, dimana biaya cek kaki-kaki mobil akan lebih sedikit dibandingkan dengan biaya service kaki-kaki mobil.

Namun untuk biaya perbaikan kaki-kaki mobil secara umum, biasanya akan menghabiskan biaya sebanyak 1.2 juta rupiah sampai dengan 1.6 juta rupiah. Hal tersebut berdasarkan dari tempat bengkel anda melakukan perbaikan dan komponen apa saja yang perlu diganti.

Akhir Kata

Apabila anda sekiranya tidak begitu memahami cara cek kaki-kaki mobil yang rusak diatas, alangkah baiknya apabila anda melakukan service secara berkala. Supaya permasalahan-permasalahan kecil pada mobil bisa ditangani dengan segera.

Dengan ini selesai sudah informasi tentang cara cek kaki-kaki mobil yang sekiranya dapat Ujikokoh.com berikan untuk anda pada kesempatan hari ini, semoga saja informasi yang baru kami berikan diatas bisa memberikan banyak manfaat untuk anda semuanya.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *