10 Cara Membersihkan Blok Mesin Motor & Mobil Agar Kinclong 2021

Cara Membersihkan Blok Mesin – Salah satu bagia pada kendaraan yang mudah sekali kotor ialah blok mesin, karena posisi dari blok mesin yang berada dibawah dan tidak memiliki pelindung sehingga kotoran akan lebih mudah untuk melekat.

Apalagi jika anda sering melewati medan tanah, sudah pasti blok mesin kendaraan akan sangat mudah sekali kotor. Dan apabila anda tidak membersihkan secara rutin, maka kotoran pada mobil dapat menjadi permanen dan sulit untuk dibersihkan.

Selain kotor yang dihasilkan dari luar, mesin juga dapat kotor diakibatkan beberapa masalah yang terjadi pada mesin. Seperti misalnya kebocoran oli mesin yang mengakibatkan mengalir melalui blok mesin. Dengan rentan waktu yang cukup lama, maka kondisi blok mesin akan terlihat hitam karena tertutup oli.

Untuk membersihkan blok mesin mobil sebenarnya tidak perlu dilakukan secara rutin seperti kita mencuci bagian body mobil, karena selagi kondisi mesin masih bagus dan anda tidak pernah melewati medan tanah yang basah atau kering. Maka blok mesin pada motor atau mobil tidak akan mudah kotor.

Cara Membersihkan Blok Mesin Motor & Mobil

Cara Membersihkan Blok Mesin Motor Mobil

Adapun bagi anda yang kondisi blok mesin kendaraannya sudah sangat kotor karena sudah lama anda tidak membersihkannya, maka ada baiknya jika anda sesegera mungkin membersihkannya. Supaya kotoran yang terdapat pada blok mesin tidak menjadi permanen.

Dengan kondisi mesin panas karena dipakai pastinya akan membuat kotoran tersebut mudah kering, bahkan bisa mengeras secara permanen. Jika sudah sampai seperti itu, maka akan sangat sulit untuk membersihkannya.

Cara Membersihkan Blok Mesin Murah Meriah

Bagi anda yang sekiranya tidak memiliki waktu untuk membersihkan blok mesin mobil atau motor yang anda miliki, maka anda dapat membawa kendaraan yang anda miliki ke tempat cuci motor atau mobil. Dengan membawa kendaraan ke tempat cuci motor atau mobil sudah pasti blok mesin dapat dicuci dengan bersih.

Sedangkan untuk anda yang sekiranya ingin mencari cara yang murah meriah, maka anda dapat melakukannya sendiri dengan menggunakan beberapa bahan sebagai berikut:

Menggunakan Sunlight

Membersihkan Blok Mesin Dengan Sunlight

Membersihkan blok mesin dengan sunlight secara umum sama persis dengan CARA MENGHILANGKAN BARET pada mobil, anda cukup mencampurkan sunlight secukupnya dengan air sampai menghasilkan busa yang sesuai. Kemudian gosok bagian blok mesin dengan menggunakan sikat yang telah dimasukan kedalam cairan tersebut.

Untuk hasil yang lebih maksimal, sebelum membersihkan blok mesin dengan menggunakan sunlight. Anda bisa menyemprot terlebih dahulu blok mesin dengan menggunakan air. Akan lebih baik jika anda menggunakan penyemprot yang memiliki tekanan tingi.

Cairan Pembersih WC

Membersihkan Blok Dengan Mr Muscle

Bahan berikutnya yang dapat digunakan untuk membersihkan blok mesin adalah cairan pembersih WC seperti misalnya Wipol. Bahan pembersih yang satu ini tergolong cukup ampuh untuk membersihkan blok mesin, terutama untuk blok mesin yang kotorannya sudah sangat keras.

Caranya ialah tuangkan cairan pembersih wc ke blok mesin kemudian diamkan selama beberapa menit agar cairan tersebut diresap oleh kotoran dan kotoran menjadi lunak. Setelah itu sikat kotoran sampai bersih dan bilas dengan menggunakan air.

Menggunakan Odol

Mencuci Mesin Dengan Odol

Cara membersihkan blok mesin dengan odol tidak ada bedanya dengan cara membersihkan yang sebelumnya. Untuk cara penggunaannya ialah dengan cara mencampurkan odol dengan air secukupnya. Setelah itu gunakan sikat atau kuas dan masukan kedalam campuran air tersebut lalu gosok blok mesin sampai nodanya menghilang.

Larutan Asam Cuka

Menghilangkan Kotoran Blok Mesin Dengan Cuka

Penggunaan asam cuka untuk membersihkan bagian blok mesin terbukti cukup ampuh, caranya ialah dengan mencampurkan larutan asam cuka dengan air secukupnya. Kemudian aduk-aduk agar tercampur dengan rata.

Setelah itu gosok menggunakan sikat atau kuas yang telah dibasahi dengan larutan asam cuka sembari dibersihkan dengan air. Lakukan hal tersebut beberapa kali sampai blok mesin terlihat bersih.

Menggunakan Sitrun

Menghilangkan Kotoran Blok Mesin Dengan Sitrun

Bahan selanjutnya yang dapat digunakan untuk membersihkan adalah sitrun, cara menggunakannya dengan menyemprotkan cairan sitrun ke bagian mesin yang kotor. Setelah itu gosok dengan menggunakan kuas. Lakukan hal tersebut sampai kotoran pada blok mesin hilang.

Menggunakan Bahan Bakar

Menggunakan Bahan Bakar

Apabila kotoran atau noda yang terdapat pada blok mesin sudah sangat membandel untuk dibersihkan, Maka anda bisa menggunakan bahan bakar seperti besin atau solar untuk membersihkan blok mesin agar mesin menjadi kinclong kembali.

Cara membersihkannya ialah dengan menggunakan sikat yang dimasukan kedalam bahan bakar tersebut terlebih dahulu, lantas gosokan pada bagian blok mesin yang kotor. Proses pembersihan mungkin membutuhkan beberapa kali pengerjaan karena noda atau kotoran yang sudah sangat keras.

Menggunakan Metal Polish

Pemebersih Metal Polish

Langkah terakhir yang dilakukan setelah kondisi blok mesin benar-benar bersih, maka tinggal menggosoknya dengan metal polish agar blok mesin terlihat kinclong. Anda dapat menggunakan berbagai macam jenis metal polish yang dijual dipasarkan.

Cara membersihkan blok mesin motor dan mobil yang baru saja Ujikokoh.com berikan diatas dapat dilakukan secara berkala, tergantung juga dengan tingkat kekotoran yang terdapat pada blok mesin yang anda miliki. Apabila kondisi kotoran tidak terlalu membandel, maka cara tersebut dapat dilakukan satu kali.

Apabila kondisi kotoran sudah sangat membandel, maka proses pembersihan harus dilakukan secara berkala sampai kotoran benar-benar hilang dan blok mesin menjadi kinclong kembali seperti baru.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *