Cara Membersihkan Injeksi Motor Dengan Injector Cleaner

Advertisements

Cara Membersihkan Injeksi Motor – Injeksi motor adalah komponen suplai bahan bakar yang saat ini banyak digunakan pada sepeda motor keluaran saat ini. Dengan menggunakan sistem bahan injeksi, konsumsi BBM bisa menjadi lebih irit.

Hal tersebut dikarenakan, sistem suplai bahan bakar dilakukan dengan cara disemprot bukan dengan cara dialirkan seperti menggunakan karburator. Oleh karena itu, sistem bahan bakar pada kendaraan bermotor saat ini lebih banyak menggunakan injeksi dari pada karubrator.

[tpc]

Sama halnya dengan karburator, injeksi juga perlu perawatan agar komponen tersebut tetap dapat bekerja secara maksimal. Salah satu cara merawat injeksi motor ialah dengan cara membersihkan injeksi motor secara rutin.

Advertisements

Melakukan pembersihan injeksi secara rutin bertujuan agar injeksi tidak cepat rusak, karena kalau injeksi sampai rusak akan sulit untuk diperbaiki. Bahkan Biaya Service Injeksi Motor juga tergolong mahal, apalagi jika kerusakan pada injeksi sudah parah.

Cara Membersihkan Injeksi Motor
Advertisements

Manfaat Membersihkan Injeksi Motor

Seperti yang sudah kami jelaskan sedikit diatas, manfaat membersihkan injeksi motor ialah agar komponen untuk sistem suplai bahan bakar tersebut tetap dapat bekerja secara maksimal atau sebagaimana mestinya.

Karena untuk jenis motor menggunakan sistem suplai bahan bakar karburator juga perlu melakukan perawatan secara rutin, maka tidak berbeda halnya dengan sistem bahan bakar injeksi juga peru dilakukan perawatan secara rutin.

Waktu Membersihkan Injeksi Motor

Adapun untuk waktu pembersihkan injeksi motor disesuaikan dengan jarak tempuh sepeda motor, adapun waktu membersihkan injeksi tidak terlalu berbeda jauh dengan waktu penggantian oli, yaitu ketika sepeda motor sudah menempuh jarak kurang lebih 10.000 km.

Namun ada beberapa faktor atau penyebab yang mengharuskan injeksi motor dibersihkan, seperti misalnya kondisi motor brebet pada saat digunakan atau tenaga yang dihasilkan oleh mesin tidak maksimal sebagaimana mestinya.

Apabila sudah terjadi kondisi seperti itu, maka sudah saatnya untuk membersihkan injektor motor. Meskipun belum masuk waktu pembersihan atau jarak tempuh pada sepeda motor tersebut belum mencapai 10.000 km.

Cara Membersihkan Injeksi Motor

Adapun cara membersihkan injeksi motor yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini ialah menggunakan cairan injector cleaner. Dimana cara ini jauh lebih hemat biaya dibandingkan dengan menggunakan alat injector cleaner yang harganya tergolong sangat mahal.

1. Apa Itu Injector Cleaner

Injector cleaner adalah cairan yang digunakan untuk membersihkan komponen injeksi, terutama pada bagian lubang untuk menyemprotkan cairan bahan bakar. Menggunakan cairan injector cleaner merupakan cara paling mudah untuk membersihkan injektor motor matic seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

2. Cara Menggunakan Injector Cleaner

Cara menggunakannya tergolong cukup mudah, kalian tinggal menghubungkan injector cleaner ke saluran konektor bahan bakar. Setelah itu tinggal menyalakan mesin motor seperti biasa. Setelah itu injector motor yang berisikan cairan pembersih akan bekerja secara otomatis membersihkan injektor motor.

3. Resiko Menggunakan Injector Cleaner

Meskipun penggunaan injector cleaner tergolong sangat mudah, namun disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan alat tersebut. Kalian bisa menggunakan sesuai dengan waktu pembersihan injeksi motor yang telah kami jelaskan diatas.

Karena penggunaan injector cleaner secara berlebihan bisa membeirkan dampak motor akan susah untuk dinyalakan atau mesin motor akan mati secara mendadak. Kemudian untuk pembelian alat injector cleaner ini disarankan untuk membeli di toko resmi atau dealer resmi.

Akhir Kata

Dengan ini berakhir sudah informasi tentang cara membersihkan injeksi motor dengan injector cleaner dari Uji Kokoh, semoga saja informasi yang baru saja kami berikan diatas bisa menambah pengetahuan kalian semuanya seputar dunia otomotif.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.