15 Cara Membuat Motor Drag Kencang : Mio, Beat & Satria FU

Cara Membuat Motor Drag – Motor drag merupakan jenis sepeda motor yang digunakan pada ajang balapan drag dengan jumlah peserta dua orang pada trek lurus dengan jarak kurang lebih 100 meter. Drag motor juga menjadi salah satu kompetisi resmi yang termasuk kedalam ketegori Pro Stock Bike, Top Fuel dan Pro Street.

Di Indonesia sendiri, salah satu kompetisi motor drag resmi diantaranya adalah Drag Bike. Dimana kompetisi balap motor ini merupakan kompetisi kejuaraan nasional. Dengan menyediakan beberapa kelas motor, diantaranya kelas motor campuran 250 cc, bebek 125 cc, sport 150 cc dan kelas bebek 125 cc.

Motor drag sendiri tidak diperjual belikan secara resmi, karena memang motor ini diperuntunkan untuk balapan. Sehingga orang yang ingin memiliki motor ini biasanya harus membuat sendiri dengan cara modifikasi motor biasa (Yamaha Mio, Honda Beat atau Suzuki Satria FU) menjadi motor drag.

Apabila anda merasa tertarik dengan jenis motor drag, kemudian merasa penasaran dengan cara membuat motor drag. Maka ada baiknya anda melihat informasi yang akan kami sajikan pada kesempatan ini. Supaya anda bisa mengetahui hal apa saja yang dilakukan untuk membuat motor ini.

Jenis – Jenis Motor Drag

Sebelum berlanjut kepada cara membuat motor ini, alangkah baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu jenis motor apa saja yang umumnya digunakan untuk balapan motor ini. Sehingga anda dapat menentukan sendiri jenis motor yang akan digunakan.

Jenis Motor Drag Matic

Jenis Motor Drag Matic

Motor balap umumnya menggunakan jenis transmisi manual, supaya akselerasi motor menjadi lebih maksimal. Namun belakangan ini jenis motor matik juga telah banyak digunakan untuk balapan, baik itu balapan umum atau drag.

Beberapa tipe motor matik yang sering digunakan pada ajang balapan ini adalah motor Honda Beat dan Yamaha Mio, karena mesin motor matic tersebut tergolong cukup tangguh. Kemudian terdapat juga kelas balap drag untuk kapasitas mesin tersebut.

Jenis Motor Drag Manual

Jenis Motor Drag Manual

Kemudian untuk jenis motor manual yang umumnya digunakan pada ajang balapan ini ialah Yamaha Jupiter, Yamaha Vega R, Suzuki Satria FU dan beberapa tipe motor lainnya. Pemilihan mesin motor dapat disesuaikan dengan kelas balap yang ingin diikuti.

Apabila anda merasa tertarik ingin menggunakan motor matik untuk balapan. Maka anda bisa mengikuti balapan drag pada kelas 125 cc atau 150 cc. Karena kapasitas mesin motor matik yang digunakan pada ajang balapan tersebut biasanya akan dimasukan kedalam kelas tersebut.

Cara Membuat Motor Drag

Cara Membuat Motor Drag

Setelah anda mengetahui apa saja jenis motor yang dapat dimodifikasi menjadi motor drag, maka hal selanjutnya yang dapat dilakukan ialah cara membuat motor drag. Hal penting yang harus dilakukan dalam cara membuat motor ini ialah merubah penampilan dan modifikasi mesin.

Karena penampilan motor pada ajang balapan drag tidak seperti penampilan motor pada umumnya. Sehingga perlu beberapa cara untuk bikin motor balapan ini. Kemudian bore-up motor juga perlu dilakukan agar kecepatan motor menjadi lebih kencang.

Modifikasi Penampilan Motor

Modifikasi Penampilan

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk membuat motor ini ialah modifikasi penampilan motor, karena balapan drag memiliki tampilan motor yang sangat berbeda dengan penampilan motor pada umumnya. Jika dibandingkan dengan jenis motor road race saja sudah berbeda.

Beberapa cara yang perlu dilakukan untuk merubah penampilan motor ini diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Melepas Seluruh Body Motor

Cara pertama ialah melepaskan seluruh body motor, karena motor ini biasanya digunakan tanpa adanya body. Hal tersebut bertujuan agar motor bisa melaju lebih kencang tanpa adanya hambatan udara pada daerah body motor.

2. Menggati Kerangka Khusus Drag

Setelah melepas seluruh body motor, maka cara selanjutnya yang dapat dilakukan ialah mengganti kerangka motor dengan kerangka khusus balapan drag. Kerangka untuk balapan drag biasanya lebih panjang dan juga rendah jika dibandingkan dengan kerangka pada umumnya.

3. Mengganti Stang Motor

Karena ajang balapan drag menggunakan trek lurus, maka stang motor biasanya diubah menjadi lebih pendek dan rendah. hal tersebut bertujuan agar posisi berkendara pada saat balapan menjadi lebih nyaman. Ditambah lagi tidak adanya tikuangan pada saat balapan.

4. Mengganti Suspensi Motor

Cara berikutnya ialah mengganti suspensi, suspensi untuk balapan drag ialah suspensi rendah. Hal tersebut juga memiliki tujuan agar kecepatan motor bisa lebih kencang pada saat digunakan balapan, karena motor tidak terlalu tinggi.

5. Mengganti Ban Motor

Cara selanjutnya ialah mengganti ban motor dengan ukuran lebih kecil. Karena balapan drag hanya dilakukan pada trek lurus. Maka ban motor ini biasanya memiliki ukuran lebih kecil. Hal tersebut dimaksudkan agar motor menjadi lebih ringan dan dapat melaju lebih kencang.

6. Sesuaikan Posisi Berkendara

Setelah semua komponen motor diganti, maka cara berikutnya ialah menyesuaikan posisi berkendara agar lebih nyaman pada saat digunakan balapan. Hal tersebut juga akan sangat berpengaruh pada saat digunakan pada balapan drag, karena posisi yang sulit akan membuat performa pengendara kurang maksimal.

Modifikasi Mesin Motor

Modifikasi Mesin

Apabila penampilan motor sudah dimodifikasi sesuai dengan standar pada ajang balapan, maka hal selanjutnya yang dapat dilakukan ialah modifikasi mesin motor. Dalam ajang balapan drag, performa mesin tentunya menjadi salah satu faktor utama selain penampilan.

1. Bore-Up Mesin Motor

Cara pertama untuk modifikasi mesin motor ini ialah melakukan bore-up, tujuan bore-up mesin ialah meningkatkan kapasitas mesin. Seperti contohnya mesin standar dengan kapasitas 125 cc, kemudian di bore-up menjadi 150 cc dan seterusnya.

Ketika melakukan bore-up, blok mesin juga biasanya akan langsung dibersikan. Dengan CARA MEMBERSIHKAN BLOK MESIN juga dapat berpengaruh terhadap performa mesin menjadi lebih maksimal lagi.

2. Setting Karburator Motor

Setelah melakukan bore-up mesin, cara berikutnya untuk membuat motor drag ialah mengatur karburator. Balapan drag membutuhkan kecepatan akselerasi tinggi, sehingga pengaturan karburator menjadi salah satu hal yang sangat penting. Oleh karena itu, mengatur katup udara dan gas dikarburator menjadi salah satu faktor penting.

3. Menggunakan Knalpot Racing

Knalpot merupakan salah satu komponen penting juga dalam ajang balap drag, karena kapasitas mesin besar dan bekerja sangat keras membutuhkan pembuangan bagus juga. Oleh karena itu, pemilihan knalpot racing menjadi salah satu hal penting.

4. Menggunakan BBM Oktan Tinggi

Penggunaan bahan bakar beroktan tinggi pasti sudah sangat berpengaruh pada performa motor menjadi lebih maksimal, karena proses pembakaran bahan bakar beroktan tinggi jauh lebih maksimal dan cepat. Sehingga performa motor menjadi lebih kencang pada saat digunakan.

Harga Membuat Motor Drag

Harga Membuat Motor Drag

Apabila anda merasa tertarik ingin membuat motor jenis ini, namun anda masih belum mengetahui berapa biaya atau harga untuk membuat motor ini. Maka perlu anda ketahui, biaya modifikasi motor drag itu sangat bervariasi.

Jika tidak banyak mengganti komponen, maka biaya untuk membuat motor ini kurang lebih ialah 3 juta sampai 5 jutaan. Hal tersebut biasanya hanya digunakan untuk melakukan bore-up mesin, melakukan penyetingan karburator dan mengganti komponen kecil lainnya.

Akan tetapi, jika performa mesin motor ingin lebih maksimal, maka perlu mengeluarkan biaya jauh lebih besar. Biaya tambahan tersebut biasanya dikeluarkan untuk membeli kerangka motor, karena kerangka motor ini tidak dijual oleh pabrikan.

Umumnya kerangka motor drag dibuat secara khusus, sehingga harga kerangka motor ini juga cukup tinggi jika ingin mengganti kerangka motor tersebut. Apabila motor tersebut tidak digunakan untuk ajang balapan resmi, alangkah baiknya tidak perlu melakukan hal tersebut.

Kami rasa cukup sekian dulu informasi tentang cara membuat motor drag dari Ujikokoh.com berikan untuk anda, semoga saja informasi tentang cara membuat motor balap yang baru kami sajikan diatas bisa memberikan banyak manfaat untuk anda semuanya.

You May Also Like

About the Author: Suhendar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *