3 Cara Menambal Tangki Motor Yang Bocor Tanpa ke Bengkel

Cara Menambal Tangki Motor Yang Bocor – Sebagai pemilik sepeda motor, sudah semestinya kita selalu mengecek kondisi motor yang kita miliki. Hal ini dilakukan demi menjaga motor yang kita miliki dalam kondisi yang tetap terjaga, baik dalam hal performa mesin, maupun kondisi setiap komponen motor.

Dengan melakukan service yang rutin setiap bulannya atau dengan mengecek kondisi sebelum digunakan. Terlebih lagi bagian yang akan membuat tampilan sepeda motor menjadi lebih keren. Misalnya saja tangki motor. Kerusakan pada tangki motor dapat memberikan pengaruh buruk terhadap sepeda motor itu sendiri.

Seperti yang kita ketahui, bahwa tangki motor digunakan untuk menyimpan bahan bakar. Apabila terjadi kerusakan atau bocor tentunya penggunaan bahan bakar akan menjadi lebih boros di bandingkan sebelumnya. Sehingga kita harus sering mengeluarkan uang untuk membeli bahan bakar, baik bensin, pertamax ataupun pertalite.

Namun, anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut, karena anda cara untuk mengatasi tangki motor yang bocor. Lantas bagaimana caranya mengatasi tangki motor yang bocor ? caranya yaitu dengan menambal bagian tangki yang bocor. Adapun cara menambal tangki motor yang bocor, sebagai berikut ini.

Cara Menambal Tangki Motor Yang Bocor Tanpa ke Bengkel

Cara Menambal Tangki Motor Yang Bocor Tanpa ke Bengkel

Pada kesempatan kali ini ujikokoh akan sajikan informasi tentang cara menambal tangki motor yang bocor. Terdapat banyak cara yang dapat anda lakukan untuk menambal tangki yang bocor. Bahkan caranya dapat anda lakukan tanpa harus pergi ke bengkel motor. Jadi bagi yang belum mengetahui caranya, maka inilah saat yang paling tepat untuk mengetahuinya. Adapun caranya sebagai berikut ini.

Menambal Tangki Motor Yang Bocor Menggunakan Lem Fiberglass

Menambal Tangki Motor Yang Bocor Menggunakan Lem Fiberglass

Lem fiberglass merupakan lem khusus menambal tangki sepeda motor yang bocor yang terbuat dari resin. Dalam kemasan lem fiberglass terdapat dua cairan, yaitu satu botol resin beserta katalisnya. Cara menggunakan lem ini, juga terbilang cukup mudah. Dengan begitu, maka masalah bocornya tangki motor dapat terselesaikan dengan mudah dan cepat. Adapun caranya sebagai berikut.

  • Langkah yang pertama, silahkan siapkan alat dan lem fiberglass.
  • Kemudian, silahkan bersihkan terlebih dahulu tangki motor dari bensin dan sisa karat.
  • Selanjutnya, silahkan anda siapkan botol bekas air mineral ukuran 300 ml.
  • Setelah itu, tuangkan cairan resin sebanyak 100 ml dan katalisnya 1 ml, aduh hingga tercampur merata.
  • Terakhir, tinggal oleskan lem fiberglass ke bagian tangki motor yang bocor.
  • Biarkan tangki motor tersebut, hingga lem mengering.

Menambal Tangki Motor Yang Bocor Menggunakan Patri

Menambal Tangki Motor Yang Bocor Menggunakan Patri

Untuk cara yang kedua juga tak kalah mudah. Anda dapat menambal tangki yang bocor dengan cara di patri. Cara ini terbilang ampuh untuk menambal tangki motor yang bocor. Adapun cara menambal tangki yang bocor menggunakan patri sebagai berikut.

  • Langkah yang pertama, siapkan alat patri, amplas, serta timah.
  • Kemudian, silahkan lepas tangki motor anda.
  • Silahkan bersihkan tangki tersebut, keluarkan bensin yang tersisa di tangki serta beri tanda pada bagian tangki yang bocor.
  • Setelah itu, silahkan gosok bagian tangki yang bocor menggunakan amplas.
  • Langkah berikutnya, silahkan panaskan timah.
  • Terakhir tinggal rekatkan tangki dengan timah panas hingga benar-benar merekat.

Menambal Tangki Motor Yang Bocor Menggunakan Lem G

Menambal Tangki Motor Yang Bocor Menggunakan Lem G

Selain kedua cara di atas anda juga dapat menggunakan lem G untuk menambal bagian tangki motor yang bocor. Lem G di percaya mampu menambal tangki yang bocor dengan waktu yang cepat. Cara menggunakan lem G untuk menambal bagian tangki yang bocor juga sangat mudah. Penasaran dengan caranya silahkan, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah yang pertama silahkan siapkan, lem G, Amplas, Serbuk pasir atau semen.
  • Kemudian, silahkan lepas tangki motor dan lalu bersihkan tangki dari kotoran yang menempel.
  • Pastikan tangki bersih dan tidak anda sisa bahan bakar yang menempel pada tangki motor, agar lem dapat merekat dengan sempurna.
  • Setelah itu, gosok bagian tangki yang bocor, lalu teteskan lem G ke bagian tangki yang bocor.
  • Saat setelah lem G diteteskan di bagian tangki yang bocor, silahkan taburi lem menggunakan serbuk pasir atau semen, agar cepat mengeras.
  • Terakhir tinggal amplas, bagian yang di tambal agar hasilnya lebih rapi.

Itulah beberapa cara menambal tangki motor yang bocor yang dapat anda lakukan. Sebagai seorang yang tahu motor, pastinya anda juga sudah tahu cara menghilangkan goresan di motor. Silahkan lakukan cara-cara di atas apabila tangki motor anda bocor. Demikian informasi yang dapat ujikokoh.com sajikan untuk anda semuanya, semoga informasi di atas bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Suhendar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *