10 Cara Mengaktifkan Smart SIM E-Money 2021 : BRI, BNI & Mandiri

Cara Mengaktifkan Smart SIM – Smart SIM merupakan salah satu program terbaru yang dikeluarkan oleh Polri yang ditujukan kepada para pengendara bermotor di Indonesia. Smart SIM sendiri diluncurkan bersamaan dengan APLIKASI SIM ONLINE.

Smart SIM sendiri dibuat untuk lebih mempermudah para penggendara dalam menikmati berbagai macam layanan publik saat ini sudah mendukung layanan berbasis IT dihampir semua fasilitas, seperti misalnya pada layanan jalan tol yang sudah menggunakan E-Money.

Jadi untuk anda yang sekiranya saat ini masih menggunakan jenis SIM lama, maka anda belum bisa menikmati layanan IT yang sudah ada pada smart SIM. Jadi salah satu cara agar untuk anda bisa menikmati ialah mengganti jenis SIM lama menjadi jenis smart SIM terbaru.

Nah, untuk anda yang sekiranya belum mengetahui bagaimana cara mengaktifkan smart SIM, maka anda bisa melihat terlebih dahulu pembahasan yang Ujikokoh.com akan berikan hari ini tentang cara aktivasi smart SIM secara lengkap kepada anda semuanya.

Kelebihan dan Kekurangan

Cara Mengaktifkan Smart SIM

Namun sebelum berlanjut kepada pokok pembahasan tentang cara mengaktifkan smart SIM, maka kami ingin membahas terlebih dahulu tentang kelebihan dan kekurangan smart SIM. Karena setiap hal pasti terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan, termasuk salah satunya smart SIM.

Kelebihan Smart SIM

  • Mencatat Data Kecelakaan, setiap pengguna kendaraan bermotor dengan jenis smart SIM akan terupdate informasinya secara berkala melalui data yang tersimpan di server secara online, sehingga pihak berwajib dapat mengetahui jejak berkendara dari pemilik SIM tersebut.
  • Mencatat Data Forensik, karena smart SIM telah dilengkapi dengan adanya chip pada SIM, maka dapat menyimpan berbagai macam data forensik dari pemilik SIM tersebut yang sebelumnya telah dimasukan pada saat pendaftaran seperti nama lengkap, alamat, NIK dan nomor handphone.
  • Merekam Data Pelanggaran Lalu Lintas, selain dapat menyimpan data kecelakaan dan data forensik, smart SIM juga dapat digunakan untuk merekam data pelanggaran lalu lintas yang telah dilakukan oleh pemilik SIM. Dimana data tersebut nantinya akan tersimpan pada server Korlantas IRSMS.
  • Bahan Pertimbangan Pihak Kepolisian, dengan adanya berbagai macam data pengendara yang terdapat pada smart SIM, maka data tersebut dapat digunakan oleh pihak Kepolisian sebagai salah satu cara untuk mengevaluasi si pengdara tersebut.
  • E-Money, dibuat dengan cara menambahkan chip pada bagian SIM membuat smart SIM ini dapat digunakan sebagai alat bayar elektronik layaknya ATM yang dapat digunakan untuk membayar Tol, KRL, MRT, belanja dan sebagainya.

Kekurangan Smart SIM

  • Minimal Saldo, bagi pengguna smart SIM untuk membayar berbagai macam keperluan seperti cara bayar tol, MRT, KRL dan lainnya, maka anda perlu memiliki saldo minimal 2 juta rupiah.
  • Pengguna Harus Lebih Berhati-hati, karena lengkapnya data yang bisa diterima oleh pihak berwajib dengan menggunakan smart SIM, maka para pengguna diharuskan untuk lebih berhati-hati dalam berkendara.

Cara Mengaktifkan Smart SIM

Kelebihan dan Kekurangan

Untuk anda yang masih menggunakan SIM lama dan belum mengetahui cara aktivasi smart SIM untuk e-money, maka anda dapat melihat cara mengaktifkan smart SIM berikan berikut ini.

  • Datangi Bank Terdekat, cara pertama silahkan datangi bank terdekat seperti BNI, BRI atau bank Mandiri.
  • Daftar Smart SIM, cara selanjutnya temui CS (customer service) bank dan sampaikan jika ingin mengaktifkan smart SIM.
  • Petugas Memproses, setelah itu petugas bank akan memproses aktivasi smart SIM milik anda dan smart SIM sudah siap digunakan sebagai e-money.

Cara Top Up Smart SIM

Cara Top Up Smart SIM

Setelah mengetahui bagaimana cara mengaktifkan smart SIM di bank BRI, BNI dan Mandiri, maka harus mengetahui juga bagaimana cara top up smart SIM. Berikut ini adalah cara top up smart SIM.

  • Datangi ATM Terdekat, silahkan datangi ATM terdekat sesuai dengan bank milik anda, baik itu BNI, BRI atau bank Mandiri.
  • Masukan PIN ATM, cara selanjutnya masukan nomer PIN ATM.
  • Pilih Menu Isi Uang, setelah itu silahkan pilih menu untuk mengisi uang.
    1. BNI silahkan pilih menu BNI TapCahs
    2. BRI silahkan pilih menu E-Money, kemudian menu Brizzi
    3. Mandiri silahkan pilih menu Mandiri E-Money
  • Masukan Jumlah Uang, cara selanjutnya isikan jumlah uang. (Khusus untuk pengguna BNI, setelah memasukan nominal uang, kemudian pilih menu Tabungan)
  • Scan Smart SIM, cara berikutnya scan smart SIM pada mesin ATM, dengan cara menempelkan smart SIM pada bagian pembaca smart SIM.
  • Notifikasi Transaksi, tunggu proses scan sampai dengan notifikasi bersama struk pengisian saldo selesai.
  • Smart SIM siap pakai, jika sudah muncul notifikasi bersama struk pengisian saldo, maka smart SIM sudah siap untuk digunakan.

Akhir Kata

Pastikan sebelum anda mengaktifkan smart SIM, jenis SIM sudah memiliki chip. Apabila SIM masih menggunakan jenis SIM lama, maka SIM tersebut tidak dapat diaktivasi atau digunakan sebagai e-money.

Dengan ini selesai sudah informasi tentang cara mengaktifkan smart SIM yang sekiranya dapat kami berikan pada kesempatan hari ini, semoga saja informasi diatas bisa memberikan banyak manfaat bagi anda semuanya.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *