15 Cara Merawat Body Motor Agar Tetap Mengkilap

Advertisements

Cara Merawat Body Motor – Body motor merupakan salah satu bagian pelindung atau cover dari setiap komponen yang ada pada motor. Selain memiliki fungsi pelindung, body motor juga menjadi bagian pendukung penampilan motor itu sendiri.

Oleh karena itu, penampilan body motor yang terawat bisa menambah nilai keindahan pada motor tersebut. Maka dari itu, perlu dilakukan perawatan yang benar untuk menjaga body motor agar tetap mengiklap dan warna catnya tidak pudar.

Citayam

Untuk kalian yang sekiranya ingin melakukan perawatan body motor, namun belum mengetahui hal apa saja yang diperlukan untuk merawat body motor. Maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang akan kami berikan hari ini.

Advertisements

Karena selain memberikan informasi mengenai cara merawat body motor, kami juga turut memberikan beberapa informasi lainnya, seperti cara mengkilapkan body motor. Sehingga kalian tidak hanya mengetahui bagaimana cara merawatnya saja.

Cara Merawat Body Motor
Sumber: gridoto.com
Advertisements

Manfaat Merawat Body Motor

Sebelum kami bahas lebih lanjut mengenai cara merawat body motor, alangkah baiknya jika kalian ketahui terlebih dahulu beberapa manfaat merawat body motor. Dimana manfaat utama merawat body motor ialah menjaga penampilan motor agar tetap bagus.

Selain itu, melakukan perawatan pada body motor juga dapat menjaga nilai jual dari motor itu sendiri, apabila memang motor tersebut hendak dijual nantinya. Karena kondisi body motor yang tidak terawat akan memberikan kesan kurang baik kepada para pembeli.

Melakukan perawatan terhadap body motor juga dapat mengurangi biaya pengeluaran untuk pengecatan motor. Karena kondisi body motor yang sudah tidak terawat biasanya sedikit sulit untuk diatasi dan salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut biasanya hanya dengan cara pengecatan ulang.

Sedangkan Biaya Cat Motor Full Body sendiri tergolong cukup mahal. Sehingga alangkah baiknya jika melakukan perawatan terhadap body motor itu sangat diperlukan. Supaya tidak perlu mengeluarkan biaya pengecatan apabila memang diperlukan.

Cara Merawat Body Motor

Lantas bagaimana cara merawat body motor itu sendiri? Adapun cara untuk perawatan body motor sebenarnya sangat mudah, akan tetapi hal tersebut biasanya terkendala dengan waktu untuk mengerjakan hal tersebut dengan alasan rutinitas yang terlalu sibuk.

Adapun cara perawatan body motor yang dapat dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mencuci Secara Rutin

Hal pertama ialah mencuci secara rutin. Dengan melakukan pencucian secara rutin dapat mengurangi terjadinya pengendapan kotoran pada body. Pengendapan kotoran yang dibiarkan terlalu lama bisa melekat secara permanen dan akan sulit untuk dihilangkan.

2. Perhatikan Tempat Parkir

Hal kedua yang dapat dilakukan ialah memperhatikan tempat parkir. Pastikan tidak menempatkan motor dibawah sinar matahari secara langsung, apalagi hal tersebut dilakukan setiap hari atau secara terus menerus.

Karena dengan menempatkan motor dibawah sinar matahari secara langsung dapat membuat cat motor memudar. Kondisi body motor seperti inilah yang biasanya membutuhkan pengecatan ulang atau repaint.

3. Lindungi Dengan Skotlet

Hal terakhir yang dapat dilakukan untuk melindungi body motor ialah dengan cara memasang skotlet. Akan tetapi pemasangan skolet harus sesuai dengan warna body motor, agar masih tetap sesuai dengan data yang ada di STNK.

Atau bisa juga melakukan pemasangan skotlet transparan dengan warna body yang sesuai, sehingga body motor masih tetap terlihat original namun cat pada body motor tersebut masih terlindungi dengan adanya skotlet tersebut.

Cara Mengkilapkan Body Motor

Apabila body motor sudah terlanjur terlihat kusam, karena memang usia kendaraan yang sudah lama atau dikarenakan oleh hal lainnya. Maka kalian bisa mencoba beberapa hal untuk dapat membuat body motor kembali terlihat mengkilap. Adapun cara mengkilapkan body motor itu sendiri diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Membersihkan bagian motor yang kotor dengan menggunakan minyak rem. Kalian bisa menuangkan sedikit minyak rem pada kain, kemudian menggosoknya ke bagian body yang kotor.
  • Gosok bagian motor yang kusam menggunakan compound. Apabila ingin seluruh body motor terlihat mengkilap, maka bisa menggosok seluruh body motor.
  • Jangan mencuci motor menggunakan detergen, karena hal tersebut dapat merusak warna cat. Bahkan cat motor juga dapat terkelupas dan akan terlihat semakin kusam.

Akhir Kata

Demikian itu informasi mengenai cara merawat body motor yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan pada kesempatan hari ini, semoga saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan tambahan pengetahuan seputar dunia otomotif kalian.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.