4 Cara Pasang Kabel Aki Motor Yang Benar : Harga & Jalur

Advertisements

Cara Pasang Kabel Aki Motor – Aki adalah sumber listrik yang digunakan pada kendaraan, sumber listrik tersebut yang nantinya akan mengaktifkan beberapa komponen yang terdapat pada kendaraan, seperti misalnya motor starter, klakson, lampu dan beberapa komponen lainnya.

Namun fungsi paling penting dari aki ialah untuk menyalakan motor starter, sehingga mesin kendaraan dapat dihidupkan dengan mudah. Tanpa adanya aki maka proses menghidupkan mesin akan sangat sulit, terlebih lagi untuk mobil atau motor tanpa kick starter.

Dan pada kesempatan hari ini kami ingin membahas tentang cara pasang kabel aki motor, barang kali saja masih ada diantara kalian yang belum mengetahui bagaimana cara pasang kabel aki motor. Maka dari itu, kami ingin membantu dengan memberikan informasi tersebut.

Advertisements

Namun selain memberikan bagaimana cara pasang accu yang benar, kami juga turut memberikan beberapa informasi lainnya seperti harga kabel accu motor sampai jalur kabel accu motor secara lengkap. Sehingga kalian tidak hanya mengetahui bagaimana cara pasang kabel accu motor saja.

Cara Pasang Kabel Aki Motor
Advertisements

Jalur Kabel Aki Motor

Perlu diketahui kabel aki itu ada dua buah, yaitu kabel positif dan negatif. Dimana kabel warna merah merupakan kabel positif dan kabel warna hitam merupakan kabel negatif. Kedua kabel aki tersebut memiliki jalur yang berbeda.

Dimana kabel positif aki akan terhubung dengan motor starter yang nantinya akan mengalirkan arus listrik untuk menyalakan mesin. Selain itu, kabel positif juga terhubung ke beberapa komponen lain seperti dinamo ampere yang fungsinya untuk melakukan pengisian daya listrik aki.

Sedangkan untuk kabel negatif atau hitam akan terhubung ke massa atau sasis motor dan lebih dikenal sebagai kabel grounding dengan tujuan untuk menstabilkan arus listrik yang mengalir, sehingga performa kelistrikan menjadi lebih sempurna saat digunakan.

Harga Kabel Aki Motor

Sedangkan untuk harga kabel aki motor sendiri mulai dari 50 sampai 100 ribu rupiah. Jadi untuk kalian yang sekiranya memiliki aki motor baru namun tidak dapat distarter atau komponen kelistrikan lainnya tidak bagus, hal tersebut bisa terjadi karena kabel yang digunakan sudah tidak bagus.

Maka dari itu, pada saat pemasangan aki baru, alangkah baiknya jika memeriksa kabel aki terlebih dahulu. Untuk memastikan apakah kabel tersebut memang masih dapat berfungsi sebagaimana mestinya atau tidak.

Bagi kalian yang sekiranya ingin membeli kabel aki, silahkan beli kabel aki tersebut di sini.

Cara Pasang Kabel Aki Motor

Setelah mengetahui beberapa hal tentang kabel aki motor, maka saatnya kembali ke pokok pembahasan yaitu cara pasang kabel aki motor. Untuk kalian yang ingin ganti aki motor namun belum mengetahui bagaimana cara pasang aki motor, maka bisa melihat caranya dibawah ini.

1. Posisi Kunci Off

Sebelum melakukan penggantian aki dan melepas kabel aki, pastikan posisi kunci motor sudah dalam posisi off. Karena jika posisi kunci masih on, maka arus listrik masih dapat dialirkan.

2. Lepas Kabel Negatif

Setelah posisi kunci off, maka hal selanjutnya adalah melepaskan kabel negatif terlebih dahulu. Karena tidak sedikit orang yang bertanya melepaskan kabel aki itu kabel positif dulu atau negatif. Setelah kabel negatif terlepas, baru melepas kabel positif.

3. Bersihkan Ujung Kabel

Apabila kedua kabel sudah terlepas, hal selanjutnya adalah membersihkan bagian ujung kabel yang terhubung ke aki motor. Setelah itu coba periksa kabel apakah masih bisa mengalirkan arus listrik atau tidak.

4. Pasang Kabel Positif

Setelah memeriksa kabel aki, selanjutnya silahkan pasang aki yang baru. Setelah itu pasang kabel positif terlebih dahulu, karena pada saat proses melepas yaitu kabel negatif dulu. Setelah kabel positif terpasang, maka baru pasang kabel negatif.

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi mengenai cara pasang kabel aki motor yang bagus dari Uji Kokoh, semoga saja informasi yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian semuanya.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.