5 Cara Tambal Ban Tubeless Lubang Besar & Bocor Samping

Advertisements

Cara Tambal Ban Tubeless – Ban tubeless merupakan jenis ban tanpa ban dalam. Penggunaan jenis ban ini awalnya lebih banyak digunakan pada mobil, karena memang mobil sendiri memungkinkan untuk menggunakan jenis ban tersebut. Namun saat ini sepeda motor juga sudah banyak menggunakan jenis ban tubeless.

Namun sepeda motor yang dapat menggunakan ban tubeless hanya sepeda motor yang menggunakan velg racing, seperti misalnya kebanyakan pada motor matic, seperti misalnya ban motor Honda Vario 150. Sedangkan untuk motor dengan velg jari-jari tidak dapat menggunakan jenis ban tubeless.

Dan pada kesempatan hari ini kami ingin memberikan informasi mengenai cara tambal ban tubeless, barang kali saja ada diantara kalian yang merasa tertarik ingin mengetahui bagaimana cara menambal ban tubeless. Maka dari itu tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang akan kami berikan.

Advertisements

Karena selain memberikan informasi cara menambal ban tubeless, kami juga turut memberikan beberapa informasi lainnya yang masih berhubungan dengan informasi tersebut. Sehingga kalian tidak hanya mengetahui informasi tentang cara menambal ban saja, melainkan juga akan mengetahui informasi lainnya.

Cara Tambal Ban Tubeless
Sumber: liputan6.com
Advertisements

Alat Tambal Ban Tubeless

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, dimana kami tidak hanya memberikan informasi mengenai cara menambal ban tubeless saja. Melainkan juga akan memberikan informasi lainnya, dimana salah satu informasi lainnya yang akan kami berikan adalah alat tambal ban tubeless.

Alat menambal ban tubeless sendiri terdiri dari 4 komponen, yaitu pembersih lubang, pengait, karet dan lem.

Pembersih lubang memiliki fungsi untuk membersihkan lubang atau kebocoran pada ban. Hal tersebut memiliki tujuan agar tidak ada kotoran yang melekat nantinya, karena kotoran tersebut dapat mengurangi daya rekat karet yang nantinya digunakan untuk menambal ban itu sendiri.

Sedangkan pengait berfungsi untuk mengaitkan karet dan memasukan karet ke dalam lubang atau kebocoran pada ban. Dan sebelum dimasukan ke lubang ban, biasanya akan dioleskan terlebih dahulu menggunakan lem untuk merekatkan karet penambal dengan ban.

Adapun untuk harga alat tambal ban tubeless sendiri bervariasi, untuk alat tambal ban yang paling sederhana biasanya akan dibandrol dengan harga Rp 12.000 sampai dengan Rp 50.000. Sedangkan untuk alat tambal ban tubeless vacuum atau gun bisa mencapai Rp 250.000 sampai dengan Rp 300.000.

Biaya Tambal Ban Tubeless

Untuk kalian yang sekiranya tidak dapat melakukan penambalan ban tubeless sendiri, maka kalian dapat melakukannya pada tukang tambal ban. Namun akan ada biaya yang dikenakan, dan biaya yang dikenakan untuk menambal ban tubeless jauh lebih mahal dibandingkan menambal ban biasa.

Dimana biaya tambal ban tubless untuk sepeda motor adalah Rp 40.000 per titik, sedangkan untuk mobil adalah Rp 70.000 per titik. Sehingga biaya tambal ban tubeless dengan ban tubetype atau biasa sangat berbeda jauh, untuk biaya atau ongkos tambal ban biasa hanya Rp 10.000 sampai Rp 30.000 saja.

Cara Tambal Ban Tubeless

Apabila kalian tidak ingin mengeluarkan biaya tambal ban karena dirasa terlalu mahal, maka kalian dapat melakukan penambalan ban sendiri. Namun kalian harus memiliki alat menambal ban tubeless terlebih dahulu, karena tanpa adanya alat tambal ban tubeless tersebut, maka proses menambal ban tubeless tidak dapat dilakukan.

Adapun untuk cara menambal ban tubeless sendiri adalah sebagai berikut.

1. Cari Titik Kebocoran

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari titik kebocoran atau sumber kebocoran pada ban, untuk jenis ban ini biasanya dapat diketahui dengan lebih mudah. Karena titik kebocoran biasanya berukuran besar, berbeda dengan jenis ban tubetype yang menggunakan ban dalam.

Sehingga kalian cukup melihat dengan teliti sekeliling ban, pasti akan ditemukan titik kebocorannya. Sumber kebocoran tersebut biasanya berasal dari paku yang tertancap pada ban ataupun benda tajam lainnya. Oleh karena itu, titik kebocoran untuk jenis ban tubeless akan lebih mudah dicari.

2. Bersihkan Permukaan Ban

Setelah menemukan titik kebocoran, maka hal selanjutnya adalah membersihkan permukaan ban yang bocor. Hal tersebut bisa dilakukan dengan pembersih yang merupakan salah satu alat penambal ban tubeless. Selain digunakan untuk membersihkan lubang kebocoran, pembersih tersebut juga digunakan untuk memperbesar lubang agar mudah memasukan karet penambal.

3. Siapkan Karet Penambal

Langkah selanjutnya yang dilakukan adalah mempersiapkan karet penambal pada penjepit yang juga telah tersedia pada alat penambal ban tubeless, dimana alat tersebut memiliki bentuk runcing pada bagian ujungnya, kemudian terdapat lubang untuk meletakan karet penambal.

4. Tusukan Karet Karet Penambal

Selanjutnya tinggal menusukan karet penambal yang telah terpasang pada penjepit. Namun sebelum menusukan karet penambal, oleskan terlebih dahulu lem pada bagian karet penambal dan lubang kebocoran pada ban. Hal tersebut bertujuan untuk lebih merekatkan karet penambal pada lubang ban.

5. Periksa Kebocoran Lagi

Setelah karet penambal terpasang dengan rapat pada lubang ban, silahkan potong sisa karet penambal agar terlihat rapi. Setelah itu periksa kembali apakah ban tersebut masih bocor atau tidak. Apabila masih ada kebocoran, maka silahkan lakukan mulai dari step pertama lagi.

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi mengenai cara tambal ban tubeless yang pada kesempatan hari ini dapat Uji Kokoh berikan, mudah-mudahan saja informasi cara tambal ban yang baru kami berikan diatas tadi dapat memberikan tambahan informasi bagi kalian semuanya.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *