10 Ciri-Ciri Aki Soak Pada Motor dan Mobil Wajib Diketahui 2021

Ciri-Ciri Aki Soak – Mengetahui ciri-ciri aki sudah perlu diganti atau sudah soak menjadi salah satu hal yang sangat penting, karena aki merupakan salah satu part pada kendaraan yang penting. Apabila aki pada kendaraan anda soak, maka hal tersebut dapat menyulitkan diri anda sendiri. Hal pertama yang sudah pasti akan dirasakan ialah mesin tidak dapat menyala.

Meskipun untuk pengguna sepeda motor mungkin masih tetap dapat menyalakan mesin motor apabila kondisi aki soak. Akan tetapi hal tersebut hanya dapat dilakukan untuk tipe-tipe motor yang memiliki kick stater. Apabila tipe motor yang dimiliki hanya didukung dengan electric starter saja, maka mesin motor tetap tidak dapat dinyalakan.

Oleh karena itu, mengetahui ciri-ciri aki soak pada motor dan mobil itu sangatlah penting, supaya anda tidak mengalami kejadikan buruk pada saat anda mengendarai kendaraan seperti misalnya tadi mesin kendaraan anda tiba-tiba tidak dapat dinyalakan pada saat ditengah jalan. Hal tersebut tentunya akan menyulitkan diri anda sendiri.

Selain itu, MERAWAT AKI MOBIL atau motor menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan juga oleh setiap pengguna kendaraan, supaya aki pada mobil atau motor yang anda bisa memiliki umur yang lebih lama dari pada umur yang telah ditentukan dan tentunya anda tidak perlu mengalami kejadian seperti mesin tidak dapat dinyalakan saat anda berpergian.

Ciri-Ciri Aki Soak Pada Motor dan Mobil

Ciri Ciri Aki Soak Pada Motor dan Mobil

Bagi anda yang sekiranya ingin mengetahui apa saja yang menjadi ciri-ciri aki soak yang mengakibatkan aki tersebut harus diganti, maka anda bisa langsung melihat pembahasan selengkapnya yang akan kami berikan dibawah ini:

Cahaya Lampu Menjadi Redup

Cahaya Lampu Menjadi Redup

Hal pertama yang sudah pasti akan terasa ialah intensitas cahaya yang dihasilkan headlamp berkurang. Apabila anda menggunakan mobil anda sendiri, maka anda akan merasakan perbedaan cahaya yang dihasilkan menjadi lebih redup jika dibandingkan pada saat kondisi baterai atau aki masih baik.

Akan tetapi hal tersebut belum bisa dipastikan jika kondisi aki sudah soak, karena bisa saja kondisi dari bohlam lampunya yang memang sudah tidak bagus dan perlu diganti. Namun untuk anda yang merasa bohlam lampu masih baik atau bagus, maka kondisi tersebut dapat dipastikan karena aki mobil sudah mulai soak.

Klakson Tidak Berbunyi Nyaring

Klakson Tidak Berbunyi Nyaring

Sama halnya dengan intensitas cahaya pada lampu utama yang menjadi redup, komponen lainnya yang akan terdampak ialah suara klakson akan berkurang atau kurang nyaring bunyinya. Akan tetapi, hal tersebut juga belum bisa dijadikan acuan apabila kondisi aki mulai soak.

Ada baiknya jika anda memeriksa klakson yang anda miliki terlebih dahulu sebelum memutuskan aki tersebut sudah mulai soak. Apabila anda sudah memeriksa kondisi klakson yang memang masih normal, maka permasalahannya ialah terdapat pada akinya yang mulai soak.

Sistem Starter Tidak Berfungsi

Sistem Starter Tidak Berfungsi

Hal berikutnya yang dapat anda rasakan ialah sistem starter tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Apabila sistem starter tidak dapat berfungsi, pastinya mesin kendaraan pun tidak dapat menyala. Karena cara kerja sistem starter ialah menggunakan dinamo yang harus digerakan dengan listrik supaya menghasilkan sebuah percikan yang nantinya akan menyalakan mesin.

Untuk beberapa kasus, sistem starter ini tidak akan langsung tidak berfungsi, melainkan ada beberapa tahapan atau tanda-tanda awal apabila aki sudah mulai akan soak. Tanda-tanda yang paling terasa ialah pada saat memutar kunci pada posisi start atau menekan tombol start untuk jenis mobil keyless, maka akan berbunyi tret-tret-tret ataupun tek-tek-tek beberapa kali baru mesin menyala.

Kondisi tersebut sudah terlihat jelas apabila kondisi aki sudah mulai lemah, akan tetapi masih cukup memiliki tegangan untuk menyalakan mesin. Hanya saja sedikit tersendat diawal.

Indikator Peringatan Akan Muncul

Indikator Peringatan Akan Muncul

Apabila ketiga ciri-ciri diatas sudah anda rasakan, biasanya akan muncul indikator peringatan pada dashboard. Khususnya untuk para pengguna mobil dan para pengguna sepeda motor untuk keluaran terbaru. Apabila anda menggunakan sepeda motor keluaran lama, biasanya masih belum tersedia indikator peringatan aki soak.

Bagi anda yang merupakan pengguna sepeda motor yang masih belum memiliki indikator accu akan tetapi anda sudah merasakan ketiga tanda-tanda diatas, maka ada baiknya jika anda sesegera mungkin memeriksa kondisi aki motor anda.

Menghasilkan Bau Saat Mesin Dinyalakan

Menghasilkan Bau Saat Mesin Dinyalakan

Ciri-ciri aki yang sudah rusak selanjutnya ialah akan menghasilkan bau yang tidak sedap pada saat mesin dinyalakan, hal ini akan sangat terasa pada kendaraan roda empat. Bau yang dihasilkan ini dikarenakan sel-sel pada komponen aki sudah mulai rusak. Sehingga pada saat mesin dinyalakan akan menghasilkan bau tidak sedap dan air aki akan mendidih.

Untuk kondisi seperti ini biasanya akan muncul bagi anda yang menggunakan jenis aki basah dan apabila sudah terjadi hal seperti ini, maka akan sangat sulit untuk diperbaiki. Sehingga anda harus mengganti aki tersebut.

Kondisi Air Aki Menjadi Keruh

Kondisi Air Aki Menjadi Keruh

Jika anda sudah merasakan bau seperti yang diterangkan diatas, maka kondisi air aki sudah pasti akan terlihat keruh. Oleh karena itu, bagi anda yang suka menggunakan tipe aki basah. Alangkah baiknya apabila anda melakukan pengecekan air aki secara rutin, agar posisi air aki tetap berada diantara batas atas dan bawah.

Voltase Aki Berkurang

Voltase Aki Berkurang

Tanda-tanda aki soak yang selanjutnya ialah voltase aki akan berkurang. Adapun cara untuk mengetahui voltase aki berkurang atau tidak dapat menggunakan alat berupa load tester, apabila voltase yang dihasilkan oleh aki masih sesuai dengan standar. Dimana tegangan pada aki yang sehat itu antara 12.3 sampai 12.6 Volt dan pada saat mesin dinyalakan akan naik dengan batas maksimal 14.2 Volt.

Apabila voltase pada aki yang anda miliki dibawah standar voltase yang telah ditentukan, maka anda dapat melakukan pengisian daya terhadap aki tersebut. Akan tetapi sebelum mengisi kembali daya pada aki, alangkah baiknya jika mengganti air aki terlebih dahulu dan membersihkannya.

Terjadi Short Circuit Pada Aki

Terjadi Short Circuit Pada Aki Soak

Kondisi aki yang sudah tidak baik dapat menghasilkan short circuit atau korsleting pada beberapa komponen kendaraan, apabila sudah sampai terjadi hal seperti itu, maka ada baiknya jika anda sesegera mungkin mengganti aki dengan yang baru atau bisa juga memperbaikinya.

Beda Aki Soak dan Kurang Setrum

Sebelum anda memutuskan untuk menukar aki yang ada pada kendaraan anda karena anda mengalami beberapa ciri-ciri aki soak yang telah kami jelaskan diatas tadi, maka ada baiknya jika anda juga mengetahui terlebih dahulu beberapa beda aki soak dan kurang setrum. Karena ciri-ciri aki kurang setrum dan soak itu hampir-hampir sama, sehingga anda harus lebih teliti dalam memahami gejala yang terjadi.

Kondisi Aki Soak adalah kondisi baterai yang sudah tidak dapat menyimpan tegangan secara normal, dimana pada saat mesin dinyalakan secara otomatis baterai akan mengisi ulang tegangan yang nantinya akan tersimpan pada saat posisi mesin dimatikan. Apabila posisi mesin dalam keadaan mati, kemudian tegangan yang ada pada aki tidak sesuai standar, maka aki tersebut sudah soak.

Sedangkan Kondisi Aki Kurang Setrum adalah kondisi dimana energi pada aki terbuang pada saat mesin tidak dinyalakan, karena tidak ada proses pengisian. Hal tersebut juga dapat menunjukan gejala seperti aki soak, sebagai salah satu contohnya adalah mesin tidak mau menyala. Akan tetapi, kondisi aki yang kurang setrum apabila dilakukan pengisian daya, kondisi aki akan kembali normal.

Sedangkan untuk kondisi aki yang sudah soak, pada saat sudah dilakukan pengisian daya. Maka akan timbul kembali permasalahan yang sebelumnya terjadi, hal tersebut menandakan aki pada kendaraan anda sudah harus diganti.

Itu dia sedikit penjelasan mengenai ciri-ciri aki soak pada mobil dan motor, semoga penjelasan diatas dapat membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan anda seputar aki soak. Dan jangan lupa juga untuk selalu mengunjungi Ujikokoh.com supaya anda bisa terus mendapatkan berbagai macam informasi seputar tips motor dan mobil.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *