7 Ciri-Ciri CDI Motor Rusak : Penyebab & Cara Mengatasi

Ciri-Ciri CDI Motor Rusak – Pengertian CDI (Capacitor Discharge Ignition) adalah salah satu dari jenis sistem pengapian yang terdapat pada kendaraan bermotor yang memanfaatkan arus pengosoan muatan (discharge current) dari kondensator yang berfungsi untuk memberikan daya pada kumparan pengapian (ignition coil).

Cara kerja CDI berawal dari pengisian daya pada kondensator yang berbentuk listrik DC (searah) hingga beberapa ratus volt, kemudian pemicu akan diaktifkan agar proses pengisian daya pada kondensator berhenti. Pada saat proses ini juga kondensator akan mengosongkan daya yang digunakan untuk mengisi daya kumparan pengapian lewat sklar elektronik.

Karena cara kerja CDI bekerja secara elektronik, maka beberapa komponen adalah komponen – komponen elektronik yang dipasangkan pada sebuah papan rangkaian tercetak atau PCB (Printed Circuit Board). Kemudian dibungkus menggunakan bahan khusus supaya terlindung dari kotoran, cairan, uap atau panas.

Berdasarkan dari sistem pengisian dayanya, sistem pengapian CDI ini terbagi menjadi dua jenis. Yang pertama adalah jenis CDI AC, dimana CDI jenis ini menggunakan sistem pengisian daya listrik AC seperti contohnya Alternator / Dinamo AC. Jenis yang kedua adalah CDI DC, yang biasanya digunakan pada dinamo DC, Baterai atau Aki.

Ciri-Ciri CDI Motor Rusak atau Lemah dan Cara Mengatasinya

Ciri Ciri CDI Motor Rusak atau Lemah

Pada kesempatan ini, kami akan membahas apa yang menjadi ciri-ciri CDI motor rusak dan bagaimana cara mengatasi CDI motor rusak atau lemah, barang kali saja ada diantara anda yang sedang mengalami hal tersebut.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila anda menyimak pembahasan yang akan kami berikan berikut:

Tanda-Tanda CDI Motor Rusak

Ciri-ciri CDI motor rusak yang paling umum adalah mesin motor tidak dapat dihidupkan, meskipun masih terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan mesin motor tidak dapat dihidupkan. Namun apabila ciri-ciri tersebut mengarah pada komponen pengapian CDI, maka hal tersebut dirasa sangat wajar.

Karena memang sistem pengapian yang dihasilkan pada sepeda motor berasal dari CDI, apabila CDI motor rusak pastinya tidak terjadi sebuah pengapian yang akan menghidupkan mesin.

Namun terdapat juga beberapa ciri-ciri lainnya yang perlu anda ketahui untuk menyatakan bahwa CDI motor tersebut rusak. Bagia anda yang sekiranya ingin mengetahui apa saja ciri-ciri dari CDI motor lemah atau rusak, anda bisa langsung melihat beberapa ciri-cirinya dibawah ini.

Tegangan Listrik Tidak Stabil

Tegangan Listrik Tidak Stabil

Daya utama yang digunakan untuk mengisi kondensator pada CDI berasal dari tegangan listrik pada Aki motor, maka jika kondisi aki motor kurang baik, hal tersebut akan berakibat pada ketidak stabilan listrik yang masuk kedalam CDI dan hal tersebut dapat menyebabkan kondisi CDI menjadi lemah.

Dalam keadaan seperti ini, biasanya diperlukan waktu sesaat untuk mengisi daya pada aki dan baru dapat digunakan untuk mengisi daya pada CDI. Hal tersebut membuat anda juga harus mengetahui apa saja CIRI-CIRI AKI SOAK sebelum anda memutuskan bahwa terjadi kerusakan pada CDI motor.

Mesin Mati Mendadak

Mesin Mati Mendadak

Ciri – ciri yang selanjutnya apabila CDI rusak adalah mesin motor mati secara mendadak. Hal ini biasanya terjadi karena CDI motor terbakar, sehingga sistem pengapian langsung terputus dan menyebabkan mesin motor tiba-tiba mati.

Selain dikarenakan CDI motor terbakar, keadaan mesin mati mendadak juga dapat dikarenakan pemasangan CDI yang tidak terpasang dengan baik. Sehingga menyebabkan mesin mati secara mendadak karena tidak adanya sistem pengapian yang terjadi.

Kondisi Kabel Tidak Sama Baik

Kondisi Kabel Tidak Sama Baik

Tanda – tanda CDI motor rusak yang selanjutnya adalah kondisi kabel pada CDI yang tidak sama-sama baik, pada saat salah satu kabel yang terdapat pada CDI ada yang kondisinya tidak baik. Maka hal tersebut dapat menyebabkan korsleting dan dapat menyebabkan CDI motor terbakar.

Kerusakan Pada Komponen Pendukung

Pulser CDI Motor

Ciri-ciri berikutnya yang dapat menyebabkan CDI motor dinyatakan rusak ialah disebabkan oleh beberapa komponen yang lainnya seperti misalnya pulser. Untuk cara mengeceknya, hubungkan kabel warna merah pada avometer pada bagian kabel CDI yang tersambung ke bagian koil.

Kemudian, hubungkan kabel warna hitam pada avometer ke masa atau bisa dihubungkan ke kerangka motor yang terbuat dari bahan besi.

Setelah itu, nyalakan motor menggunakan kick starter aau engkol, periksa pada bagian avometer apakah terdapat arus listrik yang keluar atau tidak pada saat mesin dinyalakan. Jika tidak, maka dapat dipastikan CDI motor sudah rusak.

Cara Mengatasi CDI Motor Rusak

Pada beberapa kondisi CDI motor yang rusak itu masih dapat diatas atau diperbaiki, akan tetapi ada juga beberapa kondisi CDI rusak yang tidak dapat diperbaiki. Apabila kondisi CDI motor yang anda miliki sudah tidak dapat diperbaiki, maka anda harus mengganti CDI motor anda.

Namun untuk beberapa kondisi CDI motor rusak yang masih dapat diperbaiki, beberapa kondisi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

CDI Rusak Terbakar

CDI Rusak Terbakar

Untuk cara mengatasi CDI rusak karena terbakar, anda bisa memanfaatkan alat voltmeter yang digunakan untuk memeriksa tegangan pada CDI secara keseluruhan. Apabila pada saat anda cek, tegangan pada CDI masih diatas 200 volt.

Berarti kondisi CDI masih dalam keadaan baik, anda tinggal mencari tahu komponen lainnya yang rusak dan memperbaiki komponen tersebut atau menggantinya, sehingga anda tidak perlu mengganti CDI motor anda.

Pengapian CDI Kecil

Sistem Pengapian Kecil

Apabila permasalahan yang anda alami itu adalah sistem pengapiannya yang kecil, maka anda bisa langsung periksa kondisi busi motor. Pastikan kondisi busi motor masih dalam keadaan baik, karena pengapian kecil bisa disebabkan oleh kondisi busi yang sudah aus.

Namun hal tersebut juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lainnya seperti yang sudah kami sebutkan diatas seperti misalnya kondisi aki yang lemah atau kondisi kabel yang kurang baik.

Untuk memeriksa hal tersebut, coba anda ganti busi motor anda dengan busi yang baru. Apabila kondisi pengapian masih kecil, maka penyebab pengapian kecil tersebut terdapat pada bagian aki atau kabelnya.

FAQ

Itu dia sedikit pembahasan tentang ciri-ciri CDI motor rusak dengan beberapa cara mengatasinya dari Ujikokoh.com. Semoga saja pembahasan yang kami sampikan pada kesempatan ini dapat memberikan banyak manfaat untuk anda.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *