3 Ciri-Ciri Pembakaran Busi Sempurna Pada Mobil dan Motor

Advertisements

Ciri-Ciri Pembakaran Busi Sempurna – Busi merupakan komponen yang memiliki fungsi untuk menghasilkan sebuah percikan api, dimana percikan api tersebut nantinya akan digunakan sebagai energi kompresi setelah tercampur dengan bahan bakar pada ruang pembakaran.

Tanpa adanya komponen ini, maka kendaraan tidak akan dapat menyala, karena salah satu sumber untuk menghasilkan energi kompresi itu sendiri berasal dari percikan api yang dihasilkan oleh busi. Kemudian akan diubah menjadi energi dorong untuk menggerakan piston.

Karena busi merupakan komponen yang langsung terhubung dengan ruang pembakaran, maka tidak heran apabila kondisi busi akan terlihat terbakar. Hal tersebut karena hasil dari pembakaran, sehingga warna busi akan berubah tidak seperti aslinya lagi setelah digunakan.

Advertisements

Dalam sistem pengapian sendiri terdapat istilah pembakaran sempurna, biasanya hal tersebut sering digunakan oleh para mekanik atau orang-orang yang sudah memahami mesin. Untuk kalian yang sekiranya belum cukup memahami, maka bisa langsung melihat informasi tersebut dibawah ini.

Ciri Ciri Pembakaran Busi Sempurna
Sumber: otomotifnet.gridoto.com
Advertisements

Apa Itu Pembakaran Busi Sempurna

Pembakaran busi sempurna adalah hasil pembakaran yang terjadi pada mesin mobil atau motor dengan komposisi udara dan bahan bakar yang seimbang. Karena apabila salah satu dari komposisi tersebut tidak seimbang, maka dapat menyebabkan pembakaran tidak sempurna.

Hasil pembakaran busi yang tidak sempurna itu sendiri bisa menjadi salah satu penyebab mobil brebet atau motor brebet pada saat digunakan, meskipun masih ada beberapa penyebab lain yang bisa menyebabkan kondisi tersebut. Namun salah satu diantaranya adalah karena busi.

Proses pembakaran busi sempurna juga dapat mengurangi emisi gas buang, sehingga hal tersebut dapat mengurangi tingkat pencemaran udara. Akan tetapi jika kondisi pembakaran busi tidak sempurna, maka hal tersebut justru dapat meningkatkan emisi gas buang yang dapat meningkatkan pencemaran udara.

Ciri-Ciri Pembakaran Busi Sempurna

Lantas seperti apa ciri-ciri pembakaran busi sempurna? Kondisi pembakaran sempurna dapat dilihat dari beberapa hal, diantaranya adalah warna busi, kondisi busi dan paling penting adalah konsumsi bahan bakar. Adapun penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut.

1. Warna Busi

Busi yang telah digunakan pasti akan memiliki warna berbeda dari aslinya, dimana untuk warna busi hasil pembakaran sempurna adalah coklat. Baik itu pada bagian ujung elektroda atau sekelilingnya yang mengalami perubahan warna menjadi warna coklat.

Hasil warna coklat pada busi tersebut menandakan komposisi udara dan bahan bakar yang dihasilkan sesuai dengan rasio kompresi dari pabrikan pembuatan mesin tersebut. Apabila hasil pembakaran bewarna putih maka hal tersebut menandakan kekurangan bahan bakar.

Sedangkan untuk warna hitam pada busi, hal tersebut menandakan kelebihan bahan bakar. Sehingga apabila warna busi yang dihasilkan bukan berwarna coklat, maka proses pembakaran pada mesin tersebut tidak berlangsung secara sempurna dan baik.

2. Kondisi Busi

Hal selanjutnya yang menjadi ciri-ciri pembakaran busi sempurna adalah kondisi busi. Dimana kondisi busi dengan hasil pembakaran sempurna harus tetap kering, karena tidak jarang busi akan terlihat basah atau berminyak karena adanya kebocoran oli pada ruang pembakaran.

Kondisi seperti ini juga yang menjadi salah satu penyebab gas emisi yang dihasilkan berwarna hitam, karena proses pembakaran tersebut tercampur dengan oli mesin karena adanya kebocoran. Sehingga hasil asap yang dihasilkan dari gas pembuangan akan berwarna hitam.

3. Konsumsi BBM

Ciri-ciri terakhir adalah konsumsi bahan bakar sesuai dengan rasio kompresi standar dari mesin tersebut. Apabila konsumsi bahan bakar terlalu irit atau terlalu boros, maka hal tersebut bisa menandakan apabila proses pembakaran busi tidak terjadi secara sempurna.

Karena seperti yang sudah sedikit kami jelaskan mengenai warna hasil pembakaran pada busi. Apabila proses pembakaran kekurangan bahan bakar, maka warna busi akan menjadi putih. Sedangkan apabila kelebihan bahan bakar, maka akan berwarna hitam.

Cara Setting Pembakaran Busi Sempurna

Setelah mengetahui ciri-ciri pembakaran busi sempurna, bagaimana cara melakukan settingan agar dapat menghasilkan pembakaran sempurna. Adapun salah satu hal perlu diatur adalah melakukan pengaturan pada sistem bahan bakar yang digunakan, baik itu karburator atau injeksi.

Karena sistem bahan bakar ini menjadi komponen yang memiliki fungsi untuk memberikan aliran bahan bakar, selain itu hal selanjutnya yang harus diatur adalah setelan udara atau angin. Karena pengaturan udara dan bahan bakar harus seimbang seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

Dengan pengaturan bahan bakar dan udara yang seimbang, maka dapat dihasilkan pembakaran busi yang sempurna. Selain itu, harus juga memperhatikan seal mesin. Pastikan tidak ada seal mesin yang bocor, supaya tidak ada kebocoran oli mesin yang akan mengganggu proses pembakaran.

Akhir Kata

Demikian itu informasi mengenai ciri-ciri pembakaran busi sempurna yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan tambahan pengetahuan seputar dunia otomotif kalian.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *