Contoh Kwitansi Jual Beli Mobil Bermaterai 2023

Advertisements

Contoh Kwitansi Jual Beli Mobil – Mobil merupakan salah satu kendaraan yang umum dimiliki oleh seseorang saat ini, karena cara untuk memiliki mobil saat ini sudah sangat mudah. Kalian bisa memiliki mobil dengan cara membeli mobil baru ataupun mobil bekas dengan harga lebih terjangkau.

Dan bagi kalian yang ingin membeli mobil bekas KTT G20, maka ada baiknya jika pada saat melakukan pembelian disertai dengan adanya kwitansi. Supaya pada saat proses jual beli berlangsung dengan aman, terutama setelah proses jual beli selesai dilakukan. Karena tidak jarang terjadi sebuah permasalahan setelah proses jual beli berlangsung.

Oleh karena itu, pada kesempatan hari ini kami ingin memberikan informasi mengenai contoh kwitansi jual beli mobil, barang kali saja ada diantara kalian yang ingin membeli atau menjual mobil namun belum mengetahui bagaimana cara membuat kuitansi jual beli mobil.

Advertisements

Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini, barang kali saja informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan dapat membantu kalian-kalian semua yang memang sedang membutuhkan informasi tersebut.

Contoh Kwitansi Jual Beli Mobil
Sumber: duitpintar.com
Advertisements

Contoh Kwitansi Jual Beli Mobil

Untuk lebih mempermudah dalam pembuatan kuitansi jual beli mobil, maka kalian bisa melihat contoh kuitansi jual beli mobil yang telah kami berikan diatas. Dimana pada contoh kwitansi tersebut tidak berbeda jauh dengan format pembuatan kwitansi seperti yang akan kami jelaskan dibawah ini.

Fungsi Kwitansi Jual Beli Mobil

Fungsi kwitansi jual beli adalah sebagai alat bukti pembelian sebuah barang. Biasanya kwitansi ini akan ditandatangani oleh orang yang menerima uang atau si penjual. Dan pada kwitansi tersebut bisa ditambahkan dengan adanya materi untuk memperkuat keabsahan kwitansi.

Karena tidak sedikit orang yang mengalami sebuah permasalahan setelah melakukan proses jual beli, terlebih lagi proses jual beli dengan nilai barang yang tinggi. Terkadang ada orang yang menagih uang pembelian lagi kepada orang yang membeli, pada orang yang membeli sudah membayar secara lunas.

Nah, untuk mengatasi permasalahan seperti itu, maka bisa dibuatlah dengan adanya kuitansi jual beli. Dengan adanya alat bukti pembayaran, maka ketika salah satu pihak mempermasalahkan proses jual beli. Bukti pembayaran berupa kwitansi tersebut bisa ditunjukan.

Format Kwitansi Jual Beli Mobil

kwitansi jual beli sendiri sebenarnya sudah terjual bebas, dimana kalian tinggal mengisikan data penjual atau orang yang menerima uang, nominal pembayaran dan tujuan pembayaran. Setelah itu tinggal melakukan tanda tangan untuk orang yang telah menerima uang penjualan tersebut.

Untuk tambahan, pada bagian tanda tangan bisa ditambahkan dengan adanya materi. Sehingga kekuatan hukum dari pada kwitansi tersebut menjadi lebih kuat, karena kwitansi tersebut telah dilengkapi dengan materai. Namun untuk lebih mempermudah dalam pembuatan kuitansi jual beli mobil, maka bisa mengikuti format berikut.

1. Nomor Kwitansi

Pada bagian atas sendiri biasanya berisikan nomor kwitansi. Pada bagian ini merupakan bagian opsional, sehingga kalian dapat mengisi ataupun mengkosongkan. Apabila kalian sering melakukan pembelian, maka ada baiknya mengisikan nomor kwitansi agar lebih mudah dalam mengurutkan daftar pembelian.

2. Tempat & Tanggal

Bagian selanjutnya adalah tempat dan tanggal. Bagian ini biasanya terletak pada bagian kanan bawah, lebih tepatnya diatas tanda tangan penerima uang. Untuk lebih memperjelas kapan dilakukannya proses jual beli tersebut, maka ditambahkan dengan adanya tempat dan tanggal pembuatan atau tanda tangan kwitansi tersebut.

3. Nama Pembeli

Bagian selanjutnya adalah nama penjual atau penerima uang. Kwitansi jual beli biasanya akan disimpan oleh orang yang telah menerima uang sebagai bukti pembelian barang, kemudian orang yang membeli biasanya akan menerima copy dari bukti pembayaran tersebut. Oleh karena itu, pada bagian nama di isikan orang yang menerima uang.

4. Nominal Pembayaran

Bagian selanjutnya adalah nominal pembayaran. Untuk nominal atau jumlah pembayaran biasanya akan ditulis menjadi dua bagian, yaitu tulis menggunakan huruf yang posisinya ada diatas, kemudian pada bagian bawah ditulis menggunakan angka. Dalam penulisan nominal pembayaran diharapkan ditulis dengan jelas.

5. Tujuan Pembayaran

Bagian terakhir adalah tujuan pembayaran. Pada bagian tersebut kalian bisa isikan tujuan dari pembayaran tersebut, karena kwitansi ini dibuat untuk jual beli mobil. Maka kalian bisa mengisikan pembelian 1 unit mobil, ditambah dengan merk mobil, tahun pembuatan, nomor polisi, nomor rangka dan nomor mesin.

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian dulu informasi yang pada kesempatan hari ini dapat Uji Kokoh berikan mengenai contoh kwitansi jual beli mobil, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan tambahan informasi bagi kalian semuanya. Utamanya untuk kalian yang memang sedang membutuhkan.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *