√ Fungsi Lampu Hazard Pada Motor : Harga & Pengertian

Fungsi Lampu Hazard Pada Motor – Lampu hazard sering kali digunakan pada kendaraan roda empat atau mobil, namun belakangan ini mulai banyak kendaraan roda dua atau motor menggunakan lampu hazard untuk keperluan yang mungkin belum banyak diketahui.

Penggunaan lampu hazard pada motor awalnya hanya sebagai aksesoris tambahan bagi sebagian orang, namun hal tersebut mulai direspon oleh pabrikan sepeda motor yang akhirnya mengeluarkan juga fitur lampu hazard pada sepeda motor.

Seperti beberapa contoh sepeda motor yang sudah mendukung fitur lampu hazard dari pabrikan seperti motor skuter matic premium seperti HONDA PCX, Honda ADV, Yamaha Nmax, kemudian ada juga terpasang pada beberapa tipe motor sport seperti Yamaha R15.

Namun apa fungsi sebenarnya lampu hazard pada motor itu sendiri? Kalau fungsi lampu hazard pada mobil pastinya sudah banyak mengetahuinya, karena sesuai dengan namanya lampu hazard ialah lampu tanda daruat. Sehingga lampu tersebut digunakan pada saat kondisi darurat.

Pengertian Lampu Hazard Adalah

Pengertian Lampu Hazard Adalah

Sebelum kami membahas lebih lanjut tentang fungsi lampu hazard pada motor, alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu pengertian lampu hazard secara umum. Lampu hazard adalah mode lain yang terdapat pada lampu sein yang jika diaktifkan kedua lampu tersebut akan berkedip bersamaan.

Hal tersebut menujukan agar pengendara lain mengindikasi jika kendaraan tersebut sedang dalam keadaan darurat sesuai dengan nama pada lampu tersebut yaitu lampu tanda bahaya. Pada mobil, pengemudi cukup menekan tombol bulat merah dengan tanda segitiga pada bagian tengahnya.

Fungsi Lampu Hazard Pada Motor

Fungsi Lampu Hazard Pada Motor

Lalu apa fungsi lampu hazard pada motor? karena secara umum lampu hazard banyak digunakan pada mobil. Hal tersebut dikarenakan ukuran mobil jauh lebih besar dibandingkan dengan sepeda motor, apabila terjadi suatu masalah pada mobil, sudah pasti pengendara lain akan terganggu.

Oleh karena itu, pada mobil dibuatlah adanya lampu hazard untuk memberitahukan kepada pengendara lain apabila mobil tersebut sedang dalam kondisi tidak normal atau dapat menggangu pengguna jalan lainnya. Seperti misalnya mobil mogok, ban pecah atau bocor dan beberapa kondisi lainnya.

Sedangkan untuk kendaraan-kendaraan besar seperti truk atau towing umumnya sering menyalakan lampu hazard pada saat berjalan karena kecepatan kendaraan tersebut sangat lambat, sehingga hal tersebut akan memberikan kesempatan pada pengendara lain untuk mendahului.

Peraturan tersebut telah tertulis pada UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, Pasal 121 ayat 1 berbunyi setiap pengemudi diwajibkan untuk memasang segitiga pengaman, lampu hazard atau isyarat lainnya pada saat parkir dengan kondisi darurat dipinggir jalan.

Namun pada sepeda motor sendiri apakah diperlukan adanya lampu hazard, karena melihat ukuran motor jauh lebih kecil dibandingkan mobil dan bobot lebih ringan yang memungkinkan motor dipindahkan dari tengah jalan pada saat mogok atau kondisi darurat atau lainnya.

Sehingga pada saat sepeda motor mengalami kondisi darurat tidak akan menggangu pengendara lainnya, karena posisi kendaraan berada di tepi jalan. Namun beberapa orang justru memanfaatkan lampu hazard pada motor untuk membuka jalan, terutama untuk jenis motor touring.

Jadi untuk saat ini, fungsi lampu hazard pada motor secara umum masih belum cukup diperlukan, karena melihat fungsi utama dari lampu itu sendiri yang memang hanya digunakan apabila kondisi kendaraan dapat menggangu kendaraan lainnya di jalan raya.

Harga Lampu Hazard Motor

Harga Lampu Hazard Motor

Lampu hazard sendiri sebenarnya tidak menggunakan lampu khusus untuk menyalakannya, dimana lampu hazard memanfaatkan lampu sein yang difungsikan dengan cara menyala secara bersamaan. Sehingga anda tidak perlu membeli lampu khusus untuk lampu hazard.

Anda cukup membeli saklar atau switch supaya lampu sein bisa menyala secara bersamaan, dengan kondisi lampu sein yang menyala berkedip-kedip secara bersamaan, maka lampu tersebut sudah merupakan lampu tanda darurat atau lampu hazard.

Sedangkan untuk harga saklar atau switch lampu hazard itu sangat mudah, mulai dari 10 ribu rupiah sampai dengan 100 ribu rupiah. Sesuai dengan mode menyala lampu yang disediakan. Jika anda hanya mencari mode lampu hazard pasti harga saklar tersebut akan lebih murah.

Dengan ini selesai sudah informasi tentang fungsi lampu hazard pada motor yang Ujikokoh.com dapat berikan kepada anda pada kesempatan hari ini, semoga saja informasi yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan banyak manfaat untuk anda semuanya.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *