Fungsi Safety Car di MotoGP 2022 : Jenis & Harga

Advertisements

Fungsi Safety Car di MotoGP – Ajang balapan MotoGP dari dulu memang banyak diminati orang, bahkan hal tersebut juga membuat beberapa produsen merancang beberapa tipe sepeda motor sport dengan model MotoGP menggunakan full fairing.

Ditambah lagi, pada tahun 2022 Indonesia juga turut menyumbangkan sirkuit yang masuk ke dalam daftar track MotoGP di Lombok dengan nama Pertamina Mandalika Sirkuit yang baru saja selesai dibangun pada tahun 2021 lalu.

Hal tersebut membuat antusias masyarakat pada ajang balap MotoGP menjadi lebih meningkat. Namun tahu kah kalian apabila pada ajang balap di MotoGP terdapat safety car yang sering muncul sebelum ajang balap MotoGP dimulai?

Advertisements

Nah, untuk kalian yang sekiranya masih belum mengetahui apa itu safety car di MotoGP dan apa fungsi dari mobil tersebut? Maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat informasi yang akan Uji Kokoh berikan pada kesempatan hari ini.

Fungsi Safety Car di MotoGP
Advertisements

Apa Itu Safety Car di MotoGP

Safety car di MotoGP adalah mobil keselamatan yang akan memeriksa kondisi sirkuit pada saat balapan akan dimulai. Safety car di MotoGP memiliki fungsi yang berbeda pada safety car di Formula One, Nascar ataupun ajang balap mobil lainnya.

Jenis Safety Car di MotoGP

Untuk jenis safety car yang digunakan pada ajang balap MotoGP ialah mobil BMW M3, dimana mobil ini dirancang khusus sebagai safety car pada ajang balapan tersebut. Namun berbeda dengan jenis safety car yang digunakan pada ajang balap mobil Formula 1.

Dimana pada ajang balap Formula 1 menggunakan jenis mobil keselamatan Mercedes-Benz, bukan menggunakan mobil BMW M3 seperti yang digunakan di MotoGP. Kemudian pada ajang balap Nascar juga memiliki jenis safety car yang berbeda yaitu mobil Chevrolet atau Lexus.

Harga Safety Car di MotoGP

Adapun untuk harga safety car di MotoGP sendiri tidak berbeda jauh dengan Harga Mobil BMW M3 pada umumnya, dimana mobil BMW M3 di Indonesia dibandrol dengan harga kurang lebih 2 miliar rupiah sudah termasuk pajak dan lain-lain.

Fungsi Safety Car di MotoGP

Setelah mengetahui beberapa hal tentang safety car di MotoGP, maka saatnya mengetahui fungsi dari mobil keselamatan tersebut. Dimana fungsi safety car di MotoGP berbeda dengan fungsi safety car pada ajang balap mobil seperti Formula 1, Nascar atau lainnya.

Dimana pada ajang balap mobil, safety car akan muncul apabila terjadi kecelakaan, cuaca buruk atau hal lainnya dengan tujuan untuk mengurangi kecepatan pembalap. Akan tetapi hal tersebut berbeda dengan fungsi safety car di MotoGP, dimana fungsi mobil keselamatan tersebut diantaranya adalah:

1. Memeriksa Kondisi Sirkuit

Fungsi pertama ialah memeriksa kondisi sirkuit yang akan digunakan untuk balapan, oleh karena itu safety car akan muncul pertama kali di depan pembalap. Kemudian sebelum pembalap melakukan warm up, safety car akan berputar sebanyak satu putaran untuk memeriksa kondisi sirkuit.

Hal tersebut memiliki fungsi untuk memastikan kondisi sirkuit siap untuk digunakan dan tidak ada hal-hal yang mengganggu seperti kerusakan sirkuit, oli yang berceceran atau benda lain yang dapat mengganggu bahkan dapat membuat pembalap celaka.

2. Melaporkan Pada Race Direction

Setelah mobil keselamatan melakukan satu kali putaran pada sirkuit, maka navigator akan melaporkan kondisi sirkuit pada race direction. Oleh karena itu, jumlah orang pada safety car adalah dua orang, satu berfungsi sebagai pengemudi (driver) dan satu lagi sebagai navigator.

Setelah navigator melaporkan kondisi sirkuit kepada race direction kemudian menyatakan kondisi sirkuit sudah aman, barulah balapan MotoGP dapat dilakukan.

3. Mengikuti Pembalap di Lap Pertama

Setelah melaporkan kondisi sirkuit, safety car tidak langsung masuk ke dalam pit lane. Melainkan safety car akan mengikuti di belakang pembalap pada putaran pertama, hal tersebut memiliki fungsi untuk memastikan balapan terjadi dengan aman.

Hal tersebut disebabkan lap pertama ajang balap MotoGP sangat rawan dengan kecelakaan, karena jarak diantara pembalap pada lap pertama masih sangat dekat. Sehingga masih sangat rawan akan kecelakaan pada saat putaran pertama.

Akhir Kata

Demikian itu informasi tentang fungsi safety car di MotoGP yang sekiranya dapat kami berikan pada kesempatan ini, kami harap informasi yang baru saja berikan tentang fungsi safety car diatas bisa memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian semua.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.