3 Harga Airbag Mobil : Cara Kerja, Komponen & Fungsi

Harga Airbag Mobil – Airbag mobil adalah perangkat keselamatan modern pada kendaraan. Pengemudi atau penumpang mobil akan dilindungi oleh airbag (kantong udara) pada saat terjadi kecelakaan baik itu sesama mobil, kendaraan lain ataupun dengan objek tertentu.

Airbag awalnya hanya disediakan pada bagian pengemudi mobil saja, namun hal tersebut terus dikembangkan sehingga air mobil sudah tersedia juga untuk penumpang depan dan penumpang belakang yang biasanya terpasang pada bagian pintu.

Airbag sendiri biasanya sudah tersedia langsung pada mobil untuk varian tertentu. Namun pada saat airbag mobil tersebut telah digunakan, maka airbag tersebut harus diperbaiki atau mengganti airbag dengan yang baru. Karena airbag sendiri hanya dapat digunakan satu kali.

Nah, untuk anda yang sekiranya ingin mengganti airbag atau memperbaiki airbag mobil, namun belum mengetahui berapa harga airbag mobil? Maka ada baiknya jika anda lihat dahulu infromasi tentang harga airbag terbaru yang akan Ujikokoh.com berikan pada kesempatan hari ini.

Harga Airbag Mobil

Fungsi Airbag Mobil

Fungsi airbag mobil sendiri ialah sebagai pelindung penumpang mobil pada saat terjadi kecelakaan seperti yang sudah kami sampaikan diatas. Meskipun tidak benar-benar melindungi penumpang, airbag mobil dapat meredam energi benturan.

Namun hal tersebut harus didukung dengan penggunaan sabuk pengaman atau seatbelt. Karena dengan menggunakan seatbelt, posisi duduk pengemudi dan penumpang akan tetap terjaga pada saat terjadi benturan keras. Kemudian akan mendapat perlindungan tambahan dari airbag.

Komponen Airbag Mobil

Airbag atau kantong udara sendiri terdiri dari beberapa komponen, dimana komponen utama airbag ialah kantong udara itu sendiri. Namun terdapat komponen pendukung lainnya yang membuat airbag dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Berikut ini adalah beberapa komponen airbag mobil secara lengkap:

  • Airbag Inflator
  • Carsh sensors
  • Diagnostic monitoring unit
  • Airbag indicator lamp
  • Kumparan koneksi
  • Kantong udara
  • Wiring harness
  • Cover

Cara Kerja Airbag Mobil

Lantas bagaimana cara kerja airbag mobil? pemicu (trigger) akan bekerja secara cepat mengaktifkan propelant untuk menghasilkan N2 (nitrogen) yang digunakan untuk mengembangkan kantong udara. Selang beberapa saat kantong udara dapat mengempis secara otomatis.

Pemicu (trigger) sendiri akan bekerja sesuai dengan perintah dari crash sensors yang mendeteksi terjadinya benturan sangat keras. Besarnya tekanan benturan itu sendiri sudah disetting pada crash sensors. Jadi pada saat energi benturan kurang dari yang telah ditentukan, aribag tidak dapat mengembang.

Harga Airbag Mobil

Apabila sudah mengetahui beberapa hal tentang airbag mobil, maka saatnya kembali ke pokok pembahasan yaitu harga air bag mobil. Harga airbag sendiri bervariasi sesuai dengan tipe mobil, kemudian juga berdasarkan komponennya.

Karena penggunaan airbag ini sendiri hanya satu kali pakai, sama halnya dengan seatbelt pretensioner. Karena seperti yang sudah kami jelaskan diatas, airbag akan bekerja maksimal pada saat seatbelt juga terpasang dengan benar.

Harga Airbag Pengemudi

Adapun untuk harga airbag pada bagian pengemudi yang biasanya terpasang di kemudi kurang lebih seharga 7 juta rupiah. Harga tersebut sudah termasuk harga kantong udara dan cover yang digunakan untuk menutupi airbag mobil.

Harga Airbag Penumpang Depan

Kemudian untuk harga airbag penumpang depan berada dikisaran harga 14 juta rupiah. Harga airbag penumpang depan jauh lebih mahal karena ukuran kantong udara pada bagian penumpang depan jauh lebih besar. Posisi airbag penumpang depan biasanya ada pada bagian dashboard.

Harga Crash Sensor

Lantas harga crash sensors berada pada kisaran harga 470 ribu rupiah, biasanya sudah mendapatkan tiga buah sensor untuk bagian depan, kanan dan kiri. Karena pada saat terjadi benturan, crash sensors airbag sudah pasti akan rusak sehingga harus diganti juga.

Selain itu, hal lainnya yang perlu diganti ialah electronic control unit (ECU) dengan kisaran harga mencapai 2,35 juta rupiah. ECU ini yang nantinya akan meneruskan perintah crash sensors untuk mengaktifkan pemicu supaya kantong udara dapat mengembang.

Akhir Kata

Demikian itu informasi tentang harga airbag mobil yang sekiranya dapat kami berikan pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja informasi tentang harga airbag diatas bisa menambah pengetahuan anda-anda sekalian.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *