6 Jenis Plat Nomor Mobil Listrik : Perbedaan & Biaya

Advertisements

Jenis Plat Nomor Mobil Listrik – Plat nomor atau yang disebut juga dengan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) merupakan sebuah plat berbahan almuminum yang bertuliskan nomor kendaraan yang telah didaftarkan di kantor Samsat dan digunakan sebagai identitas kendaraan.

Dan belakangan ini dunia otomotif semakin diramaikan dengan adanya mobil listrik, dimana untuk plat nomor mobil listrik sendiri memiliki desain yang berbeda dengan plat nomor mobil konvensional atau yang masih menggunakan bahan bakar minyak.

Untuk kalian yang sekiranya masih belum mengetahui apa saja jenis plat nomor mobil listrik, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan seputar jenis-jenis plat nomor mobil listrik.

Advertisements

Namun selain memberikan informasi mengenai jenis plat nomor, kami juga turut memberikan beberapa informasi lainnya, seperti perbedaan plat nomor mobil listrik dan mobil konvensional serta biaya bikin plat nomor secara lengkap.

Jenis Plat Nomor Mobil Listrik
Advertisements

Perbedaan Plat Nomor Mobil Listrik

Desain plat nomor mobil listrik dan konvensional secara umum masih sama saja, dimana untuk warna dasar plat nomor mobil listrik masih dibuat dengan warna putih, hitam, kuning dan merah. Dimana warna dasar plat nomor tersebut, berdasarkan dari jenis kendaraannya.

Namun ada sedikit perbedaan antara plat nomor mobil listrik dan biasa (konvensional), dimana perbedaan tersebut ada pada strip atau garis biru yang posisinya ada dibagian bawah atau disebelah kanan dari plat nomor tersebut.

Strip / garis biru pada plat nomor mobil listrik adalah untuk jenis plat nomor yang dibuat secara umum atau tanpa permintaan khusus, sedangkan untuk strip biru disebelah kanan merupakan untuk jenis plat nomor yang dibuat berdasarkan permintaan.

Jadi secara umum, perbedaan plat nomor mobil listrik dan biasa hanya ada pada strip biru saja. Hal tersebut memiliki tujuan untuk lebih mempermudah proses identifikasi kendaraan. Karena seperti informasi yang beredar, mobil listrik itu bebas dari aturan ganjil genap.

Jenis Plat Nomor Mobil Listrik

Meskipun secara umum jenis plat nomor mobil listrik itu ada dua macam, yaitu plat nomor biasa dan plat nomor request (permintaan). Namun masih ada beberapa jenis plat nomor yang didasarkan dari tipe kendaraan itu sendiri.

Dimana beberapa jenis-jenis plat nomor mobil listrik itu sendiri diantaranya adalah sebagai berikut.

KeteranganJenis Kendaraan
Warna dasar hitam dengan garis biruKendaraan pribadi
Warna dasar putih dengan garis biruKendaraan pribadi baru (STCK)
Warna dasar kuning dengan garis biruKendaraan umum
Warna dasar merah dengan garis biruKendaraan dinas
Warna dasar hijau dengan garis biruKendaraan dikawasan tertentu

Biaya Bikin Plat Nomor Mobil Listrik

Setelah mengetahui beberapa jenis plat nomor mobil listrik, lantas berapa biaya untuk bikin plat nomor mobil listri. Adapun biaya pembuatan plat nomor mobil listrik sebenarnya tidak berbeda jauh dengan biaya membuat plat nomor mobil konvensional, karena bahan utama yang digunakan sama saja.

Hanya saja desain dari plat nomor yang dibuat untuk mobil listrik dan konvensional itu berbeda. Namun kami akan tetap memberikan informasi mengenai harga plat nomor mobil listrik, dimana harga plat nomor akan dibagi menjadi dua, yaitu biaya buat plat nomor resmi dan pinggir jalan.

Biaya Penerbitan Plat Nomor Cantik

Seperti yang telah kami jelaskan diatas, angka pada plat nomor sendiri dapat dibuat sesuai dengan permintaan pemilik kendaraan. Namun untuk jenis plat nomor ini memiliki biaya pembuatan yang berbeda dengan jenis plat nomor yang dibuat secara random angkanya.

Berikut ini adalah biaya pembuatan plat nomor pilihan yang berdasarkan dari PP Nomor 76 Tahun 2020.

KeteranganBiaya
Kombinasi satu angka tanpa hurus dibelakangRp 20.000.000
Kombinasi satu angka dengan huruf dibelakangRp 15.000.000
Kombinasi dua angka tanpa hurus dibelakangRp 15.000.000
Kombinasi dua angka dengan huruf dibelakangRp 10.000.000
Kombinasi tiga angka tanpa huruf dibelakangRp 10.000.000
Kombinasi tiga angka dengan huruf dibelakangRp 7.500.000
Kombinasi empat angka tanpa huruf dibelakangRp 7.500.000
Kombinasi empat angka dengan huruf dibelakangRp 5.000.000

Biaya Bikin Plat Nomor Pinggir Jalan

Untuk Biaya Bikin Plat Nomor Pinggir Jalan untuk mobil kurang lebih adalah Rp 120.000 untuk plat nomor polos atau tanpa adanya logo polri, sedangkan untuk plat nomor dengan logo polri dibandrol dengan harga Rp 185.000 untuk satu pasang plat nomor depan dan belakang.

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi mengenai jenis plat nomor mobil listrik yang pada kesempatan hari ini dapat Uji Kokoh berikan, semoga saja informasi mengenai jenis plat nomor diatas dapat memberikan tambahan informasi bagi kalian.

Sumber Gambar:

  • otomotif.kompas.com
  • beritau.live
Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *