Kabel Gas Spontan Motor : Fungsi & Biaya Ganti

Advertisements

Kabel Gas Spontan – Kabel gas spontan merupakan jenis kabel gas yang umumnya digunakan pada jenis motor balap, karena penggunaan kabel gas spontan dapat meningkatkan performa motor itu sendiri. Terutama dari sisi akselerasi motor menjadi lebih cepat.

Meskipun kabel tersebut lebih pas digunakan pada jenis motor balap, akan tetapi masih tetap dapat digunakan pada jenis motor sehari-hari. Karena memang kabel tersebut dijual secara bebas, dan sering juga digunakan pada jenis modifikasi Honda Beat karbu road race.

Nah, untuk kalian yang sekiranya ingin menggunakan kabel tersebut, alangkah baiknya jika kalian melihat terlebih dahulu informasi yang akan kami berikan pada kesempatan hari ini. Supaya kalian bisa lebih merasa yakin pada saat akan menggunakan kabel tersebut nantinya.

Advertisements

Jangan sampai kalian merasa menyesal dikemudian hari karena penggunaan kabel tersebut ternyata tidak sesuai dengan apa yang kalian harapkan. Oleh karena itu, kami sarankan kepada kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang akan kami berikan pada kesempatan ini.

Kabel Gas Spontan
Sumber: bukalapak.com
Advertisements

Fungsi Kabel Gas Spontan

Fungsi utama kabel ini adalah untuk mempersingkat waktu pembukaan skep, hal tersebut dikarenakan oleh ukuran grip pada kabel ini lebih besar dibandingkan pada jenis kabel biasa. Sehingga hal tersebut dapat mempersingkat waktu untuk mencapai putaran mesin tinggi.

Oleh karena itu, kabel gas ini lebih sering digunakan untuk jenis motor balap, karena motor balap umumnya membutuhkan waktu singkat untuk mencapai putaran mesin tinggi. Sehingga motor tersebut dapat memenangkan perlombaan motor balap yang diikuti.

Efek Menggunakan Kabel Gas Spontan

Sebelum kalian memutuskan untuk mengganti kabel gas biasa dengan kabel gas spontan, alangkah baiknya kalian ketahui terlebih dahulu beberapa efek yang bisa didapatkan apabila menggunakan kabel gas tersebut. Supaya nantinya kalian tidak kaget setelah menggunakan kabel gas tersebut.

1. Akselerasi Meningkat

Efek pertama yang sudah pasti dirasakan adalah akselerasi motor meningkat. Karena seperti yang sudah kami jelaskan diatas, kabel gas ini mampu mempercepat waktu putaran mesin dalam mencapai RPM tinggi. Sehingga efek pertama yang akan dirasakan adalah akselerasi pasti akan meningkat.

2. Boros Bahan Bakar

Karena akselerasi motor lebih meningkat, maka hal tesebut akan berimbas kepada konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Karena semakin cepat putaran mesin, maka sumber bahan bakar yang dibutuhkan juga akan ikut meningkat. Sehingga konsumsi bahan bakar otomatis menjadi boros.

3. Kontrol Gas Sulit

Efek terakhir yang akan dirasakan adalah kontrol gas menjadi sulit. Apabila kalian tidak terbiasa menggunakan gas spontan, maka hal pertama yang dirasakan adalah kontrol gas akan sulit. Karena dengan menarik sedikit saja gas, tenaga yang dihasilkan sudah sangat besar.

Maka dari itu, bagi pengguna gas spontan yang masih baru harus lebih berhati-hati dalam menggunakannya. Karena hal tersebut bisa berakibat fatal apabila kalian tidak dapat mengontrol gas dengan baik. Sehingga kami sarankan penggunaan gas spontan bukan untuk motor sehari-hari.

Biaya Ganti Kabel Gas Spontan

Harga kabel gas spontan sendiri bervariasi, mulai dari Rp 150 ribu sampai dengan Rp 300 ribu. Tergantung dari jenis sepeda motor yang akan menggunakan kabel gas tersebut. Dan setiap produsen motor juga biasanya telah menyediakan kabel gas original juga sesuai dengan tipe motor.

Sedangkan untuk biaya ganti kabel gas ini tidak berbeda jauh dengan biaya ganti kabel gas pada umumnya, mulai dari Rp 10.000 sampai dengan Rp 30.000. Tergantung dari tempat atau bengkel yang kalian pilih untuk mengganti kabel gas motor milik kalian.

Akhir Kata

Demikian itu informasi yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan pada kesempatan ini mengenai kabel gas spontan, semoga saja informasi yang baru kami berikan diatas tadi dapat memberikan banyak manfaat dan tambahan informasi seputar dunia otomotif kalian.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *