7 Kekurangan dan Kelebihan Ban Motor Michelin : Jenis & Harga

Kekurangan dan Kelebihan Ban Motor Michelin – Michelin adalah salah satu perusahaan produsen ban yang berkantor pusat di Pranics. Perusahaan ini juga termasuk salah satu perusahaan ban terbesar di dunia seperti beberapa pesaingnya yaitu Bridgestone dan beberapa produsen ban lainnya.

Produsen ban motor michelin pertama kali berdiri tahun 1888 oleh Edouard Michelin bersama adiknya Andre Michelin dan baru pada tahun 1891, Michelin memutuskan untuk mematenkan produk ban pneumatik tanpa lemnya. Ban tersebut digunakan oleh Charles Terront untuk berlomba sepeda jarak jauh dan memenangkannya.

Tahun 1934, Michelin kembali mengenalkan produk ban terbaru mereka yaitu ban yang tetap bisa berjalan meskipun kondisi sobek, karena terdapat lapisan busa spesial. Dimana desain ban ini lebih dikenal dengan sebutan ban anti bocor saat ini.

Di Indonesia sendiri ban motor michelin sudah sangat terkenal, bahkan ban motor ini juga kerap digunakan untuk berbagai macam event seperti road race, motocross dan beberapa event sepeda motor lainnya. Karena memang salah satu kelebihan ban motor michelin memang cocok digunakan untuk kondisi yang ekstrim.

Kekurangan dan Kelebihan Ban Motor Michelin

Kekurangan dan Kelebihan Ban Motor Michelin

Pada kesempatan ini, Ujikokoh.com akan memberikan informasi tentang kelebihan dan kekurangan ban motor michelin untuk anda. Siapa tahu saja ada diantara anda yang ingin menggunakan ban michelin ini untuk kendaraan roda dua yang anda miliki.

Namun sebelum anda memutuskan untuk menggunakan ban michelin, alangkah baiknya apabila anda mengetahui terlebih dahulu beberapa kekurangan dan kelebihan dari ban motor michelin. Agar anda tidak merasa kecewa setelah anda memutuskan untuk menggunakan ban motor tersebut.

Kelebihan Ban Motor Michelin

Ban motor michelin sendiri memiliki beberapa keunggulan atau kelebihan yang membuat banyak orang menggunakan merek ban motor ini. Adapun beberapa kelebihan ban motor michelin itu sendiri diantaranya adalah.

1. Daya Cengkram Ban Bagus

Daya Cengkram Ban Bagus

Ban motor michelin dikenal dengan daya cengkramnya yang sangat kuat pada jalan, sehingga kendaraan tidak mudah slip atau terpeleset saat menggunakannya dijalan. Hal ini dikarenakan Teknologi X-Sipe yang digunakan dengan tujuan menepis air pada jalan, sehingga reskio slip akan lebih berkurang.

Selain itu, terdapat juga Teknologi Progressive Sipe. Teknologi ini menggunakan model celah ban yang dibuat saling menyilang dengan tujuan untuk lebih memperkuat daya cengkram ban terhadap aspal. Ditambah lagi dengan adanya Teknologi Silica Rain yang membuat ban michelin tahan terhadap cuaca dingin serta basah.

2. Lebih Stabil Saat Digunakan

Lebih Stabil Saat Digunakan

Kelebihan lainnya dari ban motor michelin ialah stabil saat digunakan. Kestabilan motor saat digunakan menjadi salah satu faktor keselamatan bagi para pengendara, karena kondisi motor yang kurang stabil dapat membuat pengendara membutuhkan ekstra control dalam berkendara.

Dengan dilengkapi Teknologi Adaptive Casing, ban motor michelin mampu memberikan kestabilan yang lebih tinggi pada kendaraan. Baik itu digunakan pada jalanan lurus atau berbelok-belok yang membuat kendaraan membutuhkan bagian luar ban untuk mencengkram ke jalan.

3. Warm-Up Cepat

Warm Up Cepat

Penyesuaian suhu ban dan aspal menjadi salah satu faktor penting agar ban dapat bekerja secara maksimal. Dan ban motor michelin termasuk salah satu jenis ban yang dapat warm-up atau menyesuaikan suhu ban dengan suhu jalan dengan cepat.

Hal tersebut dikarenakan penggunaan Teknologi Synthetic Component yang digunakan oleh ban motor michelin, sehingga ban motor yang satu ini bisa warm-up lebih cepat dan para pengendara dapat lebih aman berkendara.

4. Tidak Mudah Bocor

Tidak Mudah Bocor

Selain tiga kelebihan diatas, masih ada kelebihan terakhir dari ban motor michelin. Dimana ban motor ini tidak mudah bocor., hal tersebut dikarenakan adanya Teknologi Michelin Overlap. Sehingga ban motor tidak mudah bocor karena benda tajam seperti paku dan sebagainya.

Kekurangan Ban Motor Michelin

Meskipun terdapat banyak kelebihan ban motor michelin, tetap ada beberapa kekurangan ban motor michelin. Sehingga sebelum anda memutuskan untuk menggunakan ban motor michelin, anda juga harus mengetahui terlebih dahulu beberapa kekurangan ban motor tersebut.

1. Sambungan Ban Terkelupas

Sambungan Ban Terkelupas

Kekurangan pertama untuk ban motor michelin ialah sambungan ban sering terkelupas ketika ban melewati aspal atau jalan yang terlalu panas, meskipun hal tersebut tidak terjadi pada semua bagian sambungan pada ban. Akan tetapi, hal tersebut dapat membuat umur ban menjadi lebih pendek.

2. Umur Ban Tidak Lama

Umur Ban Motor Michelin Tidak Lama

Selain itu, kekurangan ban motor michelin yang lainnya adalah umur ban tidak lama. Selain dikarenakan kekurangan yang pertama, ketidakawetan umur ban michelin juga dikarenakan oleh penggunaan Medium Compound pada ban motor michelin.

Sedangkan jenis ban yang umumnya memiliki umur panjang ialah jenis ban yang menggunakan Hard Compound. Oleh karena itu umur ban michelin termasuk tidak tahan lama.

3. Harga Cukup Mahal

Harga Ban Motor Michelin Cukup Mahal

Kekurangan ban motor michelin yang paling utama ialah harga ban yang terlalu mahal. Jika dibandingkan dengan beberapa produsen ban motor lainnya, ban motor michelin termasuk produsen yang mematok harga ban cukup tinggi. Sehingga ban motor michelin tidak banyak digunakan oleh kalangan menengah kebawah.

Jenis & Harga Ban Motor Michelin Terbaru

Nah, setelah anda mengetahui beberapa kekurangan dan kelebihan ban motor michelin lalu anda masih tetap merasa yakin ingin menggunakan merek ban motor yang satu ini. Maka anda harus mengetahui juga beberapa jenis ban motor michelin, supaya anda bisa mengetahui jenis ban mana yang cocok untuk motor anda.

Apabila anda menggunakan jenis ban yang salah untuk motor anda, maka hasil yang didapatkan juga akan kurang maksimal. Selain itu, perhatikan juga UKURAN BAN MOTOR yang digunakan, agar beban ban tidak menghambat performa mesin.

Ban Michelin Untuk Offroad

Ban Michelin Untuk Offroad

Bagi anda yang merupakan pengendara motor trail atau suka menggunakan motor dijalanan off road, maka akan sangat cocok sekali apabila anda menggunakan jenis ban motor michelin yang berikut ini.

Jenis BanKeteranganHarga Ban
MICHELIN ANAKEE ADVENTURECocok digunakan untuk berpetualang pada motor trailRp 1 Juta – Rp 3.6 Juta
MICHELIN ROAD 5 TRAILLebih percaya diri pada kondisi apapun, bahkan setelah 5.000 kmRp 1.2 Juta – Rp 3.7 Juta
MICHELIN
SIRAC STREET
Memiliki stabilitas serta pengalaman manuver yang lebih nyaman dijalanan berbatu dan mulusRp 350 Ribu – Rp 600 Ribu
MICHELIN SIRACBan multifungsi yang dibuat untuk jenis motor trail dengan kapasitas sedangRp 350 Ribu – Rp 600 Ribu

Ban Michelin Untuk Motor Sport

Ban Michelin Untuk Motor Sport

Supaya bisa menghasilkan performa motor yang lebih maksimal di trek, mcihelin memiliki tipe ban motor yang cocok digunakan untuk jenis motor sport. Berikut ini adalah jenis ban motor michelin yang cocok untuk motor sport.

Jenis BanKeteranganHarga Ban
MICHELIN POWER 5Memaksimalkan keamanan dan kenyamanan di jalan yang keringRp 1.5 Juta – 3.8 Juta
MICHELIN POWER RSDilengkapi dengan Adaptive Casing Technology+Rp 1.4 Juta – 3.4 Juta
MICHELIN POWER CUP 2Telah dihomologasi oleh pabrikan premium seperti KTMRp 1.9 Juta
MICHELIN POWER RAIN100% ban sirkuit, dirancang spesial untuk daya cengkram maksimalRp 3.5 Juta
MICHELIN PILOT STREET RADIALCocok digunakan jenis motor sport berkapasitas kecilRp 900 Ribu – Rp 1.4 Juta
MICHELIN PILOT POWER 3Memiliki daya cengkram, pengereman dan kontrol yang baik dijalan basahRp 900 Ribu – 2.2 Juta
MICHELIN PILOT MOTO GPCocok digunakan untuk berkendara sehari-hariRp 300 Ribu – Rp 800 Ribu

Ban Michelin Untuk Skuter

Ban Michelin Untuk Motor Skuter

Berikutnya kami akan memberikan jenis ban michelin yang cocok digunakan untuk jenis skuter. Tipe ban motor ini mungkin akan sangat cocok untuk kebanyakan orang di Indonesia, karena pengguna jenis skuter di Indonesia yang sangat banyak.

Jenis BanKeteranganHarga Ban
MICHELIN CITY GRIPBan skuter pertama yang telah dilengkapi sipesRp 200 Ribu – Rp 400 Ribu
MICHELIN PILOT STREETDirancang untuk skuter berkapasitas kecil dan penggunaan sehari-hariRp 300 Ribu – Rp 500 Ribu
MICHELIN SIRAC STREETMemiliki tingkat kestabilan tinggi untuk jalanan yang mulusRp 350 Ribu
MICHELIN CITY GRIP PROLebih tahan bocor dan memiliki umur panjangRp 200 Ribu – Rp 500 Ribu
MICHELIN M35Performa handal di jalanan yang basahRp 600 Ribu

Untuk harga ban motor michelin mungkin memiliki sedikit perbedaan di setiap daerah dan toko yang menjual ban motor tersebut, akan tetapi harga ban motor tersebut tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan harga yang kami berikan diatas.

Dengan ini selesai sudah informasi tentang kelebihan dan kekurangan ban motor michelin yang baru saja kami bahas bersama dengan jenis dan harga ban motor michelin. Semoga saja informasi tentang ban motor yang baru kami sampaikan diatas dapat memberikan banyak manfaat untuk anda.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *