Kelebihan dan Kekurangan Oli Enduro Matic

Advertisements

Kelebihan dan Kekurangan Oli Enduro Matic – Oli mesin merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan, karena oli yang akan menjaga performa dan ketahanan dari mesin itu sendiri. Apabila salah pemilihan oli, maka dapat menyebabkan mesin cepat rusak.

Terlebih lagi untuk sepeda motor matic, pemilihan oli mesin harus sangat diperhatikan. Oleh karena itu, kami sarankan untuk menggunakan oli motor matic terbaik. Supaya performa yang dihasilkan oleh motor tersebut bagus, kemudian mesin juga akan lebih awet dan tahan lama.

Salah satu rekomendasi pada oli motor matic terbaik ialah oli Enduro matic. Oli Enduro matic ini sendiri menjadi salah satu rekomendasi oli motor matic terbaik karena banyak varian oli yang bisa dipilih, selain itu juga karena kualitas dari oli tersebut yang memang bagus.

Advertisements

Namun sebelum memutuskan untuk menggunakan oli Enduro matic, alangkah baiknya jika kalian ketahui terlebih dahulu beberapa kelebihan dan kekurangan oli motor tersebut. Supaya nantinya kalian lebih merasa yakin lagi pada saat akan menggunakan oli tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Oli Enduro Matic
Sumber: pertaminalubricants.com
Advertisements

Jenis-Jenis Oli Enduro Matic

Sebelum kami bahas lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan oli ini, alangkah baiknya jika kalian ketahui terlebih dahulu jenis-jenis oli yang ditawarkan. Dimana oli Enduro matic menawarkan empat varian oli, yaitu Enduro matic, Enduro matic V, Enduro Matic S dan Enduro matic G.

1. Enduro Matic 10W-30

Kelebihan dan Kekurangan Oli Enduro Matic 10W 30
Sumber: blibli.com

Oli Enduro matic merupakan jenis oli yang dirancang dengan bahan utama synthetic dengan tingkat kekentalannya adalah 10W-30. Dengan tingkat kekentalan tersebut, oli ini lebih cocok digunakan untuk motor matic dengan kapasitas mesin dibawah 150 cc. Lebih tepatnya cocok digunakan untuk motor dengan kapasitas mesin 125 cc atau 110 cc.

2. Enduro Matic V 10W-40

Enduro Matic V 10W 40
Sumber: tokopedia.com

Oli Enduro matic V merupakan oli dengan bahan utama synthetic dengan tingkat kekentalan oli 10W-40, sehingga oli ini lebih cocok digunakan untuk motor matic dengan kapasitas mesin 150 cc, seperti misalnya Yamaha NMAX, XMAX, Honda ADV 150, Honda Vario 150 dan beberapa tipe motor matic berkapasitas 150 cc lainnya.

3. Enduro Matic S 10W-30

Enduro Matic S 10W 30
Sumber: lazada.co.id

Oli Enduro matic S juga termasuk jenis oli yang direkomendasikan untuk motor matic dengan kapasitas mesin dibawah 150 cc sama seperti Oli Enduro matic sebelumnya. Hanya saja, oli Enduro matic ini dirancang dengan bahan utama semi synthetic. Namun tingkat kekentalannya masih sama yaitu 10W-30.

4. Enduro Matic G 20W-40

Kelebihan dan Kekurangan Oli Enduro Matic G 20W 40
Sumber: blibli.com

Oli Enduro matic G merupakan oli dengan bahan utama semi synthetic sama dengan oli Enduro matic S, hanya saja tingkat kekentalan oli ini jauh lebih tinggi, yaitu 20W-40. Sehingga oli ini lebih cocok digunakan untuk motor tua, atau lebih tepatnya untuk motor dengan usia pakai lebih dari 5 tahun.

Kelebihan dan Kekurangan Oli Enduro Matic

Setelah mengetahui beberapa jenis oli yang ditawarkan, maka saatnya mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan oli Enduro matic. Dimana informasi kelebihan dan kekurangan oli motor matic ini bisa langsung kalian lihat secara lengkap dibawah ini.

Kelebihan Oli Enduro Matic

Kelebihan utama oli enduro matic ini adalah dapat menjaga performa mesin dan melindungi mesin dari suhu panas akibat pemakaian yang berlebih. Sehingga performa mesin motor matic tersebut akan tetap terjaga pada saat digunakan.

Selain itu, penggunaan oli Enduro matic juga mesin menjadi lebih tahan lama. Sehingga masa pakai mesin tersebut menjadi lebih panjang, karena mesin motor tersebut lebih terjaga kebersihannya oleh oli Enduro matic yang sesuai.

Oli Enduro matic juga terkenal dengan penggunaannya yang lebih efisien, karena masa pakai oli ini bisa bertahan lebih lama dibandingkan dengan beberapa merk oli lainnya. Sehingga hal tersebut dapat membantu kalian mengurangi biaya perawatan motor.

Kekurangan Oli Enduro Matic

Meskipun terdapat beberapa kelebihan oli Enduro matic, namun ada juga beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Akan tetapi kekurangan ini bukan merupakan kekurangan yang fatal, karena kekurangan ini tidak memberikan efek terlalu besar terhadap motor matic yang digunakan.

Kekurangan pertama ialah pemilihan oli harus sesuai dengan tipe motor yang digunakan. Seperti yang sudah kami jelaskan pada jenis-jenis oli Enduro matic, ada beberapa tipe oli yang secara khusus digunakan untuk motor matic dengan kapasitas dibawah dan diatas 150 cc. Dan ada juga jenis oli yang diperuntunkan untuk motor tua.

Apabila salah dalam pemilihan jenis oli, maka dapat menjadikan performa oli motor tersebut kurang maksimal. Seperti misalnya oli yang harusnya digunakan untuk motor matic dibawah 150 cc, namun digunakan untuk motor matic dengan kapasitas 150 cc.

Maka hal tersebut dapat menyebabkan performa motor matic tersebut menjadi kurang maksimal, selain itu penggunaan oli juga menjadi lebih boros karena oli tersebut digunakan bukan pada tipe mesin yang sesuai. Dan hal tersebut bisa berdampak pada keawetan mesin motor itu sendiri.

Harga Oli Enduro Matic

Apabila kalian merasa tertarik untuk membeli atau menggunakan oli Enduro matic setelah melihat beberapa kekurangan dan kelebihan oli diatas, maka ada baiknya jika kalian juga mengetahui berapa harga oli Enduro matic itu sendiri. Dimana untuk informasi harga oli Enduro matic adalah sebagai berikut:

Jenis OliHargaKeterangan
Oli Enduro Matic 10W-30Rp 34.500Beli
Oli Enduro Matic V 10W-40Rp 50.950Beli
Oli Enduro Matic S 10W-30Rp 34.500Beli
Oli Enduro Matic G 20W-40Rp 45.000Beli

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi dari Uji Kokoh yang membahas tentang kelebihan dan kekurangan oli Enduro matic, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan tambahan informasi seputar dunia otomotif kalian.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *