9 Kelebihan dan Kelemahan Mobil Listrik Indonesia : Harga & Jenis

Kelebihan dan Kelemahan Mobil Listrik – Mobil listrik merupakan kendaraan roda empat yang bekerja menggunakan penggerak motor listrik, dimana sumber tenaga penggerak tersebut memakai energi listrik dalam baterai ataupun tempat penyimpanan energi lainnya.

Mobil listrik awalnya sangat populer sekitar akhir abad 19 serta awal abad 20, namun popularitas tersebut tersaingin oleh mobil dengan mesin pembakaran dalam. Karena teknologi yang digunakan pada mobil mesin pembakaran dalam jauh lebih maju dan harga mobil tersebut juga lebih murah.

Namun popularitas mobil listrik saat ini sudah mulai kembali naik, hal tersebut dapat dilihat semakin banyak produsen otomotif yang hanya memproduksi mobil pembakaran dalam sudah mulai memproduksi juga mobil listrik. Seperti misalnya Honda, Nissan dan beberapa pabrikan lainnya.

Hal tersebut mungkin saja dipicu oleh kemunculan pabrikan otomotif Tesla memang bergerak khusus dalam bidang energi dan mulai memproduksi mobil listrik. Semenjak kemunculan mobil listrik Tesla bisa diterima banyak kalangan, membuat pabrikan otomotif lain juga turut memproduksi mobil listrik.

Kelebihan dan Kelemahan Mobil Listrik

Kelebihan dan Kelemahan Mobil Listrik

Bagi anda yang merasa tertarik ingin memiliki mobil listrik, alangkah baiknya apabila anda mengetahui terlebih dahulu beberapa kelebihan dan kelemahan mobil listrik. Karena dibalik kecanggihan teknologi tersebut pasti terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kelemahan mobil listrik yang perlu anda ketahui.

Kelebihan Mobil Listrik

  • Ramah lingkungan, hal ini sudah pasti menjadi keunggulan utama mobil listrik, karena tidak adanya pembakaran pada mesin menjadikan mobil lebih ramah lingkungan dan hal tersebut juga pastinya akan memberikan dampak positif untuk lingkungan.
  • Lebih hemat, berdasarkan penelitian pada mobil listrik, dimana biaya untuk jarak tempuh 120 km hanya Rp 75.000. Jika dibandingkan dengan mobil bahan bakar bensin dengan jarak tempuh yang sama membutuhkan kurang lebih Rp 150.000 dan hal tersebut menjadi salah satu kelebihan mobil listrik.
  • Dilengkapi teknologi canggih, kelebihan mobil listrik utama lainnya ialah mobil sudah dilengkapi dengan sejumlah teknologi canggih, seperti misalnya ITS (Intelligent Transport System), Autopilot dan sejumlah teknologi lainnya.
  • Perawatan Jauh Lebih Mudah, komponen pada mobil listrik memang jauh lebih sederhana jika dibandingkan dengan mobil bahan bakar bensin. Dimana perawatan yang dilakukan pada mobil listrik hanya pada baterai saja, sehingga hal tersebut menjadikan salah satu kelebihan mobil listrik.
  • Hemat ruangan, dikarenakan tidak banyaknya komponen yang digunakan pada mobil listrik, hal tersebut membuat mobil listrik jauh lebih banyak memiliki ruang. Bahkan beberapa desain mobil listrik dapat dibuat dengan ukuran yang sangat mini dan hal tersebutlah yang menjadikan salah satu kelebihan mobil listrik.

Kelemahan Mobil Listrik

  • Waktu isi ulang lama, kelemahan mobil listrik yang paling utama ialah waktu pengisian ulang baterai mobil memang memakan waktu yang cukup lama. Dimana butuh waktu kurang lebih 6 jam agar mobil listrik dapat digunakan dengan jarak tempuh 120 km.
  • Keterbatasan jarak tempuh, hal ini sebenarnya tidak terlalu menjadi kelemahan mobil listrik. Akan tetapi para pengguna mobil listrik harus benar-benar menghitung jarak yang akan ditempuh apakah sesuai dengan kapasitas baterai. Kalau misalnya menggunakan mobil mesin bahan bakar, anda dapat mengisi ulang bahan bakar dimana saja. Sedangkan kalau mobil listrik anda tidak dapat mengisi ulang dimana saja, terkecuali anda memiliki generator. Hal tersebut menjadikan kelemahan mobil listrik.
  • Kecepatan terbatas, meskipun kecepatan mobil listrik sudah tergolong cepat dibandingkan dengan mobil bahan bakar bensin. Akan tetapi para pengguna tidak dapat sembarangan mengutakatik settingan kecepatan, karena hal tersebut bisa menyebabkan korsleting. Hal tersebut menjadikan kelemahan mobil listrik itu sendiri.
  • Harga mahal, kelemahan paling utama pada mobil listrik ialah harga mobil yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga mobil bahan bakar bensin. Hal tersebut dikarenakan harga baterai mobil listrik itu sendiri sudah sangat mahal, belum lagi dengan beberapa komponen lainnya.

Jenis Mobil Listrik Indonesia

Setelah anda mengetahui apa saja kelebihan dan kelemahan mobil listrik, maka anda perlu mengetahui juga beberapa jenis mobil listrik. Dimana jenis mobil listrik ini dibedakan berdasarkan tipe baterai yang digunakan.

Berdasarkan jenis baterainya, mobil listrik terbagi menjadi 4 jenis yaitu, BEV (Battery Electric Vehicle), HEV (Hybrid Electric Vehicle), PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) dan FCEV (Fuel Cell Electric Vehicle).

1. BEV (Battery Electric Vehicle)

1. BEV Battery Electric Vehicle

Jenis mobil listrik dengan baterai ini biasanya tidak menggunakan mesin pembakar (ICE), karena mobil listrik ini sepenuhnya bekerja menggunakan bekerja menggunakan energi listrik. Dimana energi listrik tersebut akan disimpan di battery pack.

2. HEV (Hybrid Electric Vehicle)

2. HEV Hybrid Electric Vehicle

Mobil listrik dengan baterai ini memiliki dua sistem penggerak, yakni motor traksi dan mesin pembakaran (ICE). Dimana motor akan mendapatkan daya berasal dari baterai, kemduian mesin bensin dan motor listrik akan secara bersamaan menggerakan transmisi untuk menggerakan roda.

Jenis mobil listrik hybrid ini juga tidak perlu pengisian ulang baterai, karena proses pengisian ulang baterai akan dilakukan secara otomatif pada saat mesin bekerja.

3. PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle)

3. PHEV Plug in Hybrid Electric Vehicle

Sedangkan jenis mobil listrik PHEV sebenarnya sama dengan jenis mobil HEV, dimana mobil listrik ini memiliki dua penggerak, yaitu ICE dan motor listrik. Perbedaan antara HEV dan PHEV hanya pada jenis baterai, jika jenis baterai PHEV ini dapat diisi ulang melalui listrik eksternal.

4. FCEV (Fuel Cell Electric Vehicle)

4. FCEV Fuel Cell Electric Vehicle

Jenis mobil listrik terakhir adalah Fuel Cell Electric Vehicle atau dikenal juga dengan kendaraan Zero Emission. Dimana jenis mobil listrik ini memanfaatkan teknologi fuel cell sebagai penghasil listriknya. Kemudian listrik tersebut lah yang akan menjalankan motor listrik.

Harga Mobil Listrik Indonesia

Tipe MobilHarga Mobil
BMW i3Rp 1.309.000.000,00
Hyundai Ioniq PrimeRp 637.000.000,00
Hyundai Ioniq SignatureRp 677.000.000,00
Hyundai KonaRp 697.000.000,00
Lexus UX300eRp 1.245.000.000,00
Mitsubishi Outlander PHEVRp 1.309.000.000,00
Nissan Kick e-PowerRp 451.000.000,00
Tesla Model 3Rp 1.500.000.000,00
Tesla Model SRp 1.000.000.000,00
Tesla Model XRp 2.700.000.000,00
Toyota Corolla Cross HybridRp 510.500.000,00
Toyota Prius PHEVRp 884.000.000,00

Dari beberapa harga mobil listrik diatas, mungkin HARGA MOBIL TESLA yang dirasa paling tinggi. Karena memang mobil tersebut saat ini sedang naik daun dan banyak orang suka dengan mobil listrik asal Amerika Serikat ini.

Dengan ini selesai sudah informasi tentang kelebihan dan kelemahan mobil listrik yang sekiranya dapat Ujikokoh.com berikan kepada anda hari ini, mudah-mudahan saja informasi yang baru saja kami berikan tentang kelebihan dan kelemahan mobil listrik dapat bermanfaat untuk anda.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *