Kunci Mobil Tidak Mau Berputar ? Penyebab & Cara Mengatasi

Advertisements

Kunci Mobil Tidak Mau Berputar – Kembali lagi pada kesempatan hari ini kami ingin memberikan sebuah tips seputar kendaraan bermotor, khususnya adalah untuk kendaraa roda empat atau mobil, yaitu mengenai kunci mobil tidak mau berputar.

Kunci kendaraan model lama masih menggunakan sebuah kunci yang dimasukan ke dalam lubang kunci, sedangkan untuk kunci kendaraan baru saat ini sudah menggunakan sistem keyless atau tanpa kunci yang dimasukan ke lubang kunci.

Untuk model kunci lama ini terkadang ada beberapa masalah yang sering muncul, salah satu diantaranya adalah kunci tidak mau berputar. Kondisi kunci yang tidak dapat berputar tentunya menjadikan kunci kontak tersebut tidak berfungsi.

Advertisements

Nah, untuk kalian yang sekiranya sedang mengalami hal tersebut, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat dahulu informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi kunci mobil tidak mau berputar yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan.

Kunci Mobil Tidak Mau Berputar
Advertisements

Fungsi Kunci Mobil

Fungsi kunci mobil secara umum ialah untuk menghubungkan serta memutuskan tegangan / arus sistem pengapian yang dihasilkan baterai ke rangkaian sistem pengapian. Kunci kontak terdiri dari beberapa komponen terminal yang memiliki fungsi untuk menghubungkan serta memutuskan tegangan / arus.

Selain itu, kunci mobil juga dilengkapi dengan sistem penguncian roda kemudi, sehingga pada saat posisi kunci off akan mengunci roda kemudi. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan pengamanan ekstra pada saat mobil tidak sedang digunakan atau terparkir.

Penyebab Kunci Mobil Tidak Mau Berputar

Lantas apa penyebab kunci mobil tidak mau berputar? Dalam kasus ini biasanya sering terjadi pada mobil yang usia pakainya sudah lama, sehingga terdapat beberapa kerusakan pada komponen kunci atau bahkan pada kunci mobil itu sendiri yang mengakibatkan kunci kontak tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Dan berikut ini adalah beberapa penyebab kunci kontak mobil tidak berfungsi atau dapat diputar.

1. Roda Kemudi Terkunci

Penyebab pertama bisa dikarenakan oleh roda kemudi terkunci. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, apabila posisi kunci di off kan, maka ada beberapa tipe mobil yang secara otomatis akan mengunci roda kemudi. Dan pada saat posisi roda kemudi terkunci, maka kunci kontak tidak dapat berputar.

2. Ada Benda Melekat di Kunci

Penyebab selanjutnya adalah adanya benda melekat di kunci kontak mobil. Apabila terdapat benda yang melekat pada kunci mobil, seperti misalnya stiker, selotip atau benda lainnya. Maka hal tersebut dapat mengakibatkan posisi kunci tidak sebagaimana mestinya dan dapat membuat kunci tidak berputar.

3. Kunci Mobil Sudah Rusak

Penyebab selanjutnya dikarenakan kunci mobil sudah rusak. Kondisi kunci mobil yang sudah rusak seperti misalnya patah atau terdapat keretakan juga dapat menyebabkan posisi kunci tidak pas pada lubang kunci seperti halnya penyebab kedua yang terdapat sebuah benda melekat pada kunci.

Apabila kondisi kunci yang rusak, maka posisi kunci tidak akan pas pada lubang kunci sehingga menyebabkan kunci tidak mau berputar atau dapat berfungsi sebagaimana mestinya karena kondisi kunci kontak telah rusak.

4. Lubang Kunci Kotor / Rusak

Penyebab terakhir ialah kondisi lubang kunci kotor atau rusak. Kondisi lubang kunci yang kemasukan kotoran atau rusak juga dapat menyebabkan kunci tidak berada pada posisi yang tepat, sehingga kunci kontak mobil tidak dapat berputar sebagaimana mestinya.

Cara Mengatasi Kunci Mobil Tidak Mau Berputar

Setelah mengetahui beberapa penyebab permasalahan tersebut, lantas bagaimana cara mengatasi kunci mobil tidak mau berputar? Untuk dapat mengatasi permasalahan ini harus diperiksa sesuai dengan penyebab permasalahan, maka dari kalian bisa periksa mulai dari penyebab pertama.

Silahkan periksa apakah roda kemudi terkunci atau tidak, cara memeriksanya dapat dilakukan dengan cara menggerakan kemudi ke kanan dan kiri tanpa memasukan kunci kontak terlebih dahulu. Apabila terasa ada yang mengganjal, maka roda kemudi sedang dalam posisi terkunci.

Adapun untuk membuka kunci roda kemudi tersebut dapat dilakukan dengan menggerakan kemudi ke kanan dan ke kiri sembari memutar kunci kontak. Setelah itu secara otomatis roda kemudi tidak lagi terkunci dan kunci kontak dapat berputar sebagaimana mestinya.

Apabila penyebab kunci mobil tidak mau berputar bukan hal tersebut, maka kalian bisa coba periksa kondisi kunci. Pastikan tidak ada benda yang melekat pada kunci mobil. Apabila ada sebuah benda yang melekat, silahkan coba buang benda tersebut dan coba kembali masukan kunci ke dalam lubang kunci.

Setelah mencoba hal tersebut namun kunci mobil masih tetap tidak mau berputar, maka penyebab permasalahan tersebut adalah penyebab yang terakhir. Dimana terdapat kerusakan seperti kunci patah atau retakan pada kunci. Maka dari itu, kalian bisa coba periksa kondisi kunci mobil tersebut.

Apabila kunci mobil tidak dalam kondisi rusak namun masih tetap tidak dapat digunakan, berarti sumber permasalahannya terdapat pada lubang kunci. Barang kali saja terdapat kotoran atau benda lain masuk ke dalam lubang kunci yang menyebabkan posisi kunci tidak sesuai.

Akhir Kata

Kami rasa cukup sekian dulu informasi mengenai cara mengatasi dan penyebab kunci mobil tidak mau berputar dari Uji Kokoh, semoga saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi bisa memberikan tambahan wawasan untuk kalian semua.

Sumber Gambar:

  • harapanrakyat.com
Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *