45 Lokasi Charger Mobil Listrik di Indonesia : Lama Pengisian & Biaya

Advertisements

Lokasi Charger Mobil Listrik – Di Indonesia mobil listrik saat ini sudah mulai banyak digunakan orang, oleh karena itu saat ini sudah banyak berdiri SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) di beberapa lokasi di Indonesia untuk menunjang aktifitas mobil listrik.

Lokasi pengisian daya atau charger mobil listrik di Indonesia merupakan salah satu KEKURANGAN MOBIL LISTRIK pada awal kemunculannya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, stasiun pengisian daya mobil listrik saat ini sudah mulai dibangun.

Bagi anda para pengguna mobil listrik, kemudian belum mengetahui lokasi pengisian daya mobil listrik di Indonesia. Maka tidak ada salahnya apabila anda melihat terlebih dahulu informasi lokasi pengisian daya mobil listrik yang pada kesempatan ini akan kami berikan.

Advertisements

Namun selain memberikan informasi tentang lokasi charger atau pengisian daya, kami juga turut memberikan beberapa informasi lainnya seperti biaya pengisian daya, cara pengisian daya dan lama pengisian daya untuk mobil listrik.

Lokasi Charger Mobil Listrik
Advertisements

Lama Pengisian Daya Mobil Listrik

Untuk dapat mengetahui waktu atau lama charger mobil listrik, anda dapat menghitungnya dengan menggunakan sebuah rumus. Dari rumus tersebut nantinya anda dapat mengetahui berapa lama pengisian daya yang sesuai untuk mobil listrik anda.

Lama Pengisian Daya = Kapasitas Bateri x Kapasitas Charger

Sebagai contoh, kapasitas baterai mobil listrik adalah 75 kWh, sedangkan untuk kapasitas charger adalah 22 kWh. Maka dapat dihitung dengan cara sebagai berikut:

75 kWh x 22 kWh hasilnya adalah 3,409 h, kemudian dikonversikan ke satuan waktu menjadi 3 jam 40 menit. Sehingga untuk jenis mobil listrik dengan kapasitas baterai 75 kWh membutuhkan waktu pengisian kurang lebih 3 jam lebih dengan kapasitas charger 22 kWh.

Biaya Pengisian Daya Mobil Listrik

Berdasarkan keterangan ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) biaya charger mobil listrik adalah Rp 1.650 per kWh sampai dengan Rp 2.466,7 per kWh. Sebagai contoh kita ambil biaya charger termurah yaitu Rp 1.650 per kWh dengan kapasitas baterai mobil 75 kWh.

Maka biaya yang perlu dikeluarkan untuk pengisian daya mobil listrik dengan kapasitas baterai tersebut adalah 75 x Rp 1.650 dan hasilnya adalah Rp 123.750.

Perlu diketahui juga, jika biaya pengisian tersebut merupakan biaya charger sampai baterai penuh. Apabila anda tidak ingin mengisi baterai sampai penuh, maka tinggal disesuaikan saja. Akan tetapi jarak tempuh mobil listrik tersebut juga pastinya tidak maksimal.

Lokasi Charger Mobil Listrik

Setelah mengetahui berapa lama pengisian dan biaya pengisian daya mobil listrik, maka saatnya anda mengetahui dimana lokasi pengisian daya di Indonesia. Saat ini lokasi pengisian daya mobil listrik di Indonesia hanya tersedia di Jakarta dan beberapa kota besar lainnya di Indonesia.

Lokasi SPKLU di Kantor PLN dan Pusat Perbelanjaan

Lokasi pertama SPKLU tersedia di kantor PLN dan di beberapa pusat perbelanjaan. Adapun lokasi charger tersebut tersebar di

  • Senayan City, Jakarta
  • Tanggerang City Mall
  • AEON Mall, Serpong
  • PLN Kantor Pusat
  • PLN UID Jaya, DKI Jakarta
  • PLN UID Jawa Barat
  • PLN UID Jawa Tengah dan Yogyakarta
  • PLN UID Bali
  • PLN ULP Embong Wungu, Surabaya

Lokasi Charger Mobil Listrik di Bandara Soekarno-Hatta

Selain itu, lokasi charger selanjutnya ada di bandara internasional Soekarno-Hatta, tepatnya berada di terminal 3. Dengan jumlah station pengisian ialah 1 unit.

Lokasi Charger Mobil Listrik SPKLU di SPBU Pertamina

Untuk lokasi charger berikutnya terdapat di SPBU pertamina Kuningan, Jakarta Selatan. Di SPBU tersebut tersedia 2 unit charger yang bisa digunakan untuk mengisi daya.

Lokasi Charger Mobil Listrik di Perkantoran

Lokasi charger berikutnya ada disekitar perkantoran dengan jumlah ada 3 unit, diantaranya adalah kantor BBPT Thamrin, kantor BPPT Serpong dan kantor PT LEN Bandung.

Lokasi Charger Mobil Listrik di Rest Area

Selain itu, lokasi selanjutnya terdapat di rest area tol Jakarta-Surabaya, lebih tepatnya berada di rest area km 207 A Palikanci, rest area 379 Batang, rest area km 519 A dan B Sragen.

Lokasi Charger Mobil Listrik di Dealer Mobil Resmi

Beberapa dealer resmi mobil juga menyediakan tempat charger mobil listrik, dengan lokasi di dealer resmi Mitsubihsi dengan jumlah 17 unti, dealer resmi BMW dengan jumlah 2 unit dan dealer resmi Mercedes-Benz dengan jumlah 1 unit.

Lokasi Charger Mobil Listrik di Pool Taksi Blue Bird

Dan lokasi terakhir tersedia di pool taksi blue bird, dimana terdpat 15 unit charger yang digunakan. Charger tersebut sebenarnya lebih ditujukan untuk taksi mobil listrik, namun dapat juga digunakan untuk orang umum.

Cara Pengisian Daya Mobil Listrik

Setelah mengetahui lokasi pengisian daya mobil listrik, namun anda belum mengetahui bagaimana cara mengisi daya mobil listrik? Maka tidak ada salahnya bagi anda untuk melihat terlebih cara pengisian daya mobil listrik yang akan turut kami sajikan juga secara lengkap dibawah ini.

  • Pertama-tama silahkan buka aplikasi Charge.IN. Apabila anda belum memilikinya, silahkan download terlebih dahulu di Google Play.
  • Setelah berhasil membuka aplikasi Charge.IN, silahkan cari SPKLU terdekat pada aplikasi tersebut.
  • Setelah itu silahkan anda menuju ke SPKLU terdekat tersebut, dan masukan Gun pengisian daya sesuai dengan tipe mobil.
  • Selanjutnya tinggal menempelkan kartu NFC mobil ke tempat pengisian daya untuk otentifikasi.
  • Selanjutnya scan QR Code pada SPKLU menggunakan aplikasi Charge.IN dan masukan jumlah kWh yang ingin diisikan. Disitu anda akan langsung melihat juga biaya yang perlu dikeluarkan.
  • Untuk pembayaran pengisian daya, sementara ini bisa melalui LinkAja.
  • Terakhir tinggal menunggu proses pengisian daya mobil listrik sampai selesai.

Akhir Kata

Dengan ini berakhir sudah informasi tentang lokasi charger mobil listrik yang sekiranya dapat Ujikokoh berikan untuk anda pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja informasi yang baru saja kami berikan diatas bisa menambah pengetahuan anda-anda sekalian.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *