Mobil Tidak Bisa Distarter : Penyebab & Cara Mengatasi

Advertisements

Mobil Tidak Bisa Distarter – Mobil merupakan salah satu kendaraan yang paling banyak diminati orang, karena dengan menggunakan mobil perjalanan bisa lebih nyaman. Ditambah lagi para pengguna juga dapat membawa banyak barang bawaan dengan berbagai macam jumlah dan ukuran.

Namun tidak berbeda dengan jenis kendaraan lainnya, mobil juga diperlukan perawatan. Apabila tidak dilakukan perawatan secara rutin, maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi kerusakan pada komponen-komponen mobil yang mengakibatkan mobil tersebut tidak dapat digunakan.

Salah satu kerusakan yang cukup merepotkan pada mobil ialah tidak bisa distarter atau dinyalakan. Penyebab mobil tidak bisa distarter sendiri ada banyak sekali, salah satunya adalah aki mobil tekor. Akan tetapi masih ada beberapa penyabab lainnya lagi.

Advertisements

Nah, untuk kalian yang sekiranya saat ini sedang mengalami permasalahan tersebut, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat pembahasan tentang penyebab dan cara mengatasi mobil tidak bisa distarter yang pada kesempatan ini akan kami bahas.

Mobil Tidak Bisa Distarter
Advertisements

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, mobil tidak bisa distarter itu memiliki banyak penyebab. Karena proses menghidupkan mobil itu sendiri terdiri dari beberapa komponen, apabila salah satu komponen tersebut rusak maka mobil tidak dapat hidup.

1. Aki Mobil

Penyebab pertama yang dapat menyebabkan hal tersebut adalah aki mobil tekor. Dimana aki mobil memiliki fungsi untuk memberikan energi ke dinamo starter, kemudian dinamo starter akan memutar koil yang nantinya akan menghasilkan percikan api.

Apabila aki mobil tekor, maka dinamo starter tidak dapat berfungsi sebagai mana mestinya. Maka dari itu, Merawat Aki Mobil Agar Tidak Soak itu sangat penting. Karena aki atau bateri sendiri merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk menghidupkan mobil.

2. Dinamo Starter

Penyebab kedua bisa dikarenakan dinamo starter yang rusak. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, dinamo starter memiliki fungsi untuk memutar gigi flywheel pada saat pertama kali menghidupkan mesin. Apabila komponen ini tidak berfungsi maka mesin tidak dapat dihidupkan.

3. Koil

Penyebab berikutnya bisa dikarenakan koil mobil sudah rusak, karena fungsi koil ini adalah untuk memberikan tenaga listrik ke busi agar menghasilkan sebuah percikan api. Dimana dari hasil percikan api pada busi tersebut yang akan memberikan kompresi ke mesin.

Apabila komponen ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka mesin mobil tidak bisa nyala. Maka dari itu, kerusakan pada koil mobil juga bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter atau dihidupkan.

4. Busi

Komponen selanjutnya yang bisa menjadi penyebab mobil susah hidup adalah busi. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, busi memiliki fungsi untuk memercikan bunga api yang nantinya digunakan untuk memberikan energi kompresi ke piston dalam mesin.

Apabila tidak terjadi percikan pada busi, maka tidak akan ada kompresi atau tekanan yang dihasilkan ke piston mesin. Sehingga mesi mobil tidak dapat berfungsi atau hidup.

5. Fuel Pump

Penyebab terakhir bisa dikarenakan oleh fuel pump tidak bekerja sebagaimana mesitinya. Fungsi fuel pump adalah untuk mengalirkan bahan bakar ke ruang kompresi. Hasil percikan api dari busi tersebut akan diteruskan ke bahan bakar, sehingga dapat menghasilkan kompresi.

Apabila fuel pump tidak mengalirkan bahan bakar ke ruang kompresi, maka hasil percikan api dari busi tidak dapat diteruskan menjadi energi kompresi. Oleh karena itu, kerusakan pada fuel pump bisa menjadi salah satu penyebab mobil tidak bisa distarter.

Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter

Lantas bagaimana cara mengatasi mobil tidak bisa distarter? Untuk dapat mengetahui cara mengatasi mobil susah hidup harus mengetahui penyebab permasalahannya terlebih dahulu. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, kalian bisa memeriksa penyebab kerusakan dari nomor satu sampai akhir.

Karena untuk mengidentifikasi sebuah kerusakan pada mobil harus diawali dari penyebab paling utama, kemudian diurutkan sampai penyebab paling akhir. Karena penyabab kerusakan paling akhir itu yang paling jarang ditemui. Maka dari itu, kalian bisa memeriksanya mulai dari penyebab yang pertama.

Apabila dari beberapa penyebab diatas masih belum ditemukan inti permasalahannya, maka ada baiknya kalian bawa mobil kalian ke bengkel untuk diperiksa lebih lanjut oleh orang yang lebih memahami. Karena mungkin saja ada kerusakan pada komponen lainnya yang menyebabkan mobil susah hidup.

Cara Menghidupkan Mobil Tidak Bisa Distarter

Apabila kalian tidak dapat mengetahui penyabab dan cara mengatasi mobil tidak bisa distarter, maka kalian bisa mencoba Cara Menghidupkan Mesin Mobil tidak bisa distarter yang akan kami berikan juga pada kesempatan ini. Namun cara menghidupkan mobil ini dapat dilakukan apabila kerusakan hanya terjadi pada aki mobil yang tekor.

Apabila permasalahan mobil tidak bisa distarter dikarenakan beberapa penyebab lainnya yang bukan merupakan karena aki mobil tekor, maka cara menghidupkan mesin mobil ini tidak dapat berlaku. Karena syarat mesin mobil dapat hidup secara normal tentunya, komponen pendukung untuk menghidupkan mesin mobil harus normal juga.

1. Menghidupkan Mobil Matic Tidak Bisa Distarter

Cara menghidupkan mesin mobil pertama ialah cara menghidupkan mesin mobil matic. Cara menghidupkan mesin mobil matic yang dikarenakan aki tekor tentunya berbeda dengan cara menghidupkan mesin mobil manual. Dimana cara yang dapat dilakukan untuk menghidupkan mesin mobil matic ialah dengan cara jumper aki.

2. Menghidupkan Mobil Manual Tidak Bisa Distarter

Sedangkan untuk cara menghidupkan mesin mobil manual karena aki soak sendiri bisa menggunakan cara jumper aki atau bisa juga dengan cara mendorong mobil. Cara menghidupkan mesin mobil dengan cara diri dorong ialah dengan cara memposisikan gear transmisi pada posisi gear 3 atau empat.

Setelah posisi gear transmisi berada diposisi gear 3 atau 4, kemudian injak kopling. Setelah itu silahkan dorong mobil dengan jarak antara 10 sampai dengan 15 meter untuk mendapatkan tenaga tekan yang cukup. Setelah berada pada jarak yang dibutuhkan, silahkan lepaskan pedal kopling sembari menginjak pedal gas.

Setelah mesin mobil berhasil hidup, kalian bisa langsung memperbesar tekanan pada pedal gas atau kembali menginjak pedal kopling apabila kalian ingin langsung melajukan mobil tersebut.

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi tentang cara mengatasi dan penyebab mobil tidak bisa distarter dari Uji Kokoh, semoga saja informasi yang baru saja kami berikan diatas bisa memberikan banyak manfaat dan bantuan untuk kalian semua. Terutama untuk kalian yang memang benar-benar membutuhkannya.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.