6 Biaya Pajak Mobil Kia Sorento 2021 : Cara Menghitung Pajak & Review

Pajak Mobil Kia Sorento – Pajak mobil adalah biaya yang wajib dikeluarkan oleh setiap pemilik mobil yang menggunakan mobil tersebut dijalan. Membayar pajak mobil juga menjadi salah satu syarat agar dokumen atau surat kendaraan tetap aktif atau masih sah digunakan sehingga kendaraan tetap dapat digunakan dijalan.

Apabila anda tidak membayar pajak mobil tersebut, maka secara otomatis surat-surat kendaraan tersebut menjadi tidak sah dan secara hukum mobil tersebut tidak dapat dikendarai atau digunakan dijalan. Karena kendaraan tersebut tidak dilengkapi dengan surat-surat atau dokumen yang sah secara peraturan.

Oleh karena itu, sebagai warga negara Indonesia yang baik dan taat terhadap hukum, maka wajib membayar pajak kendaraan setiap tahunnya. Karena memang hal tersebut telah diatur oleh Undang-Undang Lalu Lintas. Meskipun tidak ada sanksi pindana apabila tidak membayar pajak, akan tetapi terdapat sanksi administratif.

Sehingga untuk anda yang tidak ingin mendapatkan sanksi administratif karena tidak membayar pajak mobil, maka anda harus membayar pajak secara rutin setiap tahunnya. Dan perlu di ingat juga, bahwa nominal denda yang dikenakan akan semakin tertambah sesuai dengan jangka waktu pajak yang tidak dibayarkan.

Biaya Pajak Mobil Kia Sorento Cara Menghitung & Review

Biaya Pajak Mobil Kia Sorento Cara Menghitung

Dan pada kesempatan ini, Ujikokoh.com ingin memberikan informasi seputar biaya pajak mobil Kia Sorento bersama dengan cara menghitung pajak mobil dan juga sedikit review tentang mobil Kia SUV yang satu ini. Mungkin saja ada diantara anda yang sedang mencari informasi tentang mobil Kia Sorento.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi anda untuk melihat terlebih dahulu informasi tentang mobil Kia Sorento yang akan kami bahas secara lengkap dibawah ini.

Review Mobil Kia Sorento

Review Mobil Kia Sorento

Kia Sorento adalah jenis mobil SUV crossover yang diproduksi sejak tahun 2002 dan sampai saat ini masih tetap dirpoduksi. Pada awal produksinya, Kia Sorento menggunakan kerangka body SUV Compact. Namun model tersebut hanya digunakan sampai tahun 2009.

Kemudian dilanjutkan menggunakan model kerangka bodi Mid Size Crossover SUV dari tahun 2009 dan menjadi generasi kedua dari Kia Sorento. Model kerangkan tersebut masih tetap digunakan sampai saat ini dengan total generasi yang telah dihasilkan adalah empat generasi.

Dimana generasi terbaru Kia Sorento yaitu generasi keempat diluncurkan pada tahun 2020, dengan mengusung mesin berkapasitas 2.5L yang mampu menghasilkan daya maksimal mencapai 191 horsepower dan torsi maksimal mencapai 181 Lb.-ft.

Cara Menghitung Pajak Mobil

Cara Menghitung Pajak Mobil

Sebelum anda mengetahui berapa biaya pajak mobil Kia Sorento yang akan kami hadirkan pada kesempatan hari ini, kami juga ingin membagi informasi tentang cara MENGHITUNG PAJAK MOBIL. Dimana cara menghitung pajak mobil ini dapat anda gunakan sebagai rumus untuk menghitung pajak mobil-mobil yang lainnya.

Menghitung Biaya Pajak Mobil (Biaya Admin + SWDKLLJ + PKB)

Keterangan:

  • Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) bersarnya adalah Rp 143,000,00
  • Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) besarnya adalah 2% dari harga jual kendaraan pada saat itu.
  • Biaya Admin besarnya adalah Rp 50,000,000

Sebagai contoh anda membeli sebuah mobil dengan harga Rp 230 juta, maka untuk menghitung biaya pajak mobil tersebut adalah (Rp 50,000 + Rp 143,000 + 230 juta x 2%) maka total pajak yang harus dibayarkan untuk mobil dengan harga tersebut adalah Rp 4,793,000.

Pajak Mobil Kia Sorento

Pajak Mobil Kia Sorento

Dan berikut ini adalah biaya pajak untuk mobil Kia Sorento yang akan kami sajikan mulai dari tahun pertama produksi sampai dengan tipe mobil keluaran terbaru.

Tipe MobilTahun ProduksiBiaya Pajak
Kia Sorento2003Rp 2.153.000,00
Kia Sorento2007Rp 3.593.000,00
Kia Sorento2013Rp 4.773.000,00
Kia Sorento2014Rp 5.993.000,00
Kia Sorento2015Rp 9.933.000,00
Kia Sorento2020Rp 8.473.000,00

Biaya pajak mobil yang kami sajikan diatas mungkin ada sedikit perbedaan, karena nilai jual kendaraan di setiap daerah itu berbeda-beda dan pajak kendaraan bermotor itu berdasarkan dari presentase nilai jual bukan berdasarkan dari nominal yang telah ditetapkan. Sehingga akan terdapat perbedaan biaya pajak disetiap daerah.

Dengan ini selesai sudah informasi tentang biaya pajak mobil Kia Sorento yang sekiranya dapat kami berikan kepada anda hari ini, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami berikan tersebut bisa menambah pengetahuan anda seputar pajak kendaraan bermotor.

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *