6 Penyebab AC Mobil Bocor dan Cara Mengatasi

Advertisements

Penyebab AC Mobil Bocor – AC (Air Conditioner) merupakan salah satu fitur yang disematkan pada mobil dengan fungsi untuk memberikan udara dingin ke dalam kabin, sehingga pengendara akan lebih merasa nyaman pada saat berkendara. Terutama pada saat cuaca sedang panas.

AC mobil sendiri terkadang mengalami sebuah permasalahan, dimana permasalahan paling umum dari AC ialah AC tidak dingin dan mengalami kebocoran. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang mengeluh akan kedua permasalahan pada AC mobil tersebut.

Nah, untuk kalian yang sekiranya saat ini sedang mengalami permasalahan AC mobil bocor, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi penyebab AC mobil bocor yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan.

Advertisements

Akan tetapi, selain memberikan informasi mengenai penyebab AC mobil bocor, kami juga turut memberikan beberapa informasi lainnya yang berhubung dengan hal tersebut. Sehingga kalian tidak hanya mengetahui informasi mengenai penyebab AC bocor saja.

Penyebab AC Mobil Bocor
Sumber: dream.co.id
Advertisements

Ciri-Ciri AC Mobil Bocor

Sebelum kami bahas lebih lanjut mengenai penyebab AC bocor, alangkah baiknya kalian ketahui terlebih dahulu ciri-ciri AC bocor. Dengan mengetahui ciri-ciri AC mobil bocor, maka kalian dapat memastikan penanganan yang sesuai untuk permasalahan tersebut.

Adapun ciri-ciri AC mobil bocor diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Lampu indikator AC akan berkedip
  • Udara yang dihasilkan dari AC akan terasa panas
  • Konsumsi aki dan bahan bakar menjadi lebih boros

Penyebab AC Mobil Bocor

Setelah mengetahui beberapa ciri AC mobil bocor, maka saatnya mengetahui beberapa hal penyebab AC mobil bocor. Dengan mengetahui penyebab permasalahan tersebut, maka akan ditemukan bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut yang sesuai.

1. Isi Freon Terlalu Sedikit

Penyebab pertama ialah karena isi freon terlalu sedikit atau kurang. Kondisi freon yang kekurangan gas freon dapat menyebabkan kompresor bekerja lebih keras, dan karena kinerja kompresor yang terlalu keras tersebut namun kondisi freon kurang dapat menyebabkan sebuah keretakan pada slang atau pipa AC.

Keretakan pada slang atau pipa AC sebenarnya tidak akan terjadi apabila kondisi freon tidak kekurangan atau terlalu sedikit. Akan tetapi jika kondisi freon yang kurang tersebut dibiarkan dengan jangka waktu yang cukup lama, maka lama kelamaan akan menimbulkan kebocoran.

2. Pengisian Freon Terlalu Banyak

Begitu juga dengan kebalikan dari penyebab pertama, apabila pengisian freon terlalu banyak juga dapat menyebabkan kebocoran. Hal tersebut dikarenakan daya pompa kompresor memiliki batasan, dengan terlalu banyaknya freon yang diiskan maka dibutuhkan daya kompresor yang jauh lebih besar.

Sedangkan jika kompresor tersebut dipaksakan untuk bekerja melebihi kapasitas yang dimiliki, maka dapat menyebabkan kerusakan pada kompresor. Dan dari kerusakan kompresor tersebut juga nantinya dapat menimbulkan sebuah kebocoran pada AC karena sistem AC tidak berjalan sebagai mestinya.

3. Mengalami Penyumbatan

Penyebab selanjutnya adalah terjadi penyumbatan pada aliran AC. Kondisi aliran AC yang tersumbat dapat menyebabkan tekanan yang terlalu besar dan dapat menyebabkan kebocoran. Karena slang atau pipa AC memiliki batasan tekanan yang dapat diterima, apabila tekanan yang diberikan terlalu berlebihan, maka dapat menyebabkan retakan atau bahkan jebol.

4. Kondisi Seal Rusak

Seal merupakan komponen yang memiliki fungsi untuk merapatkan dua buah komponen yang disambungkan atau dihubungkan dengan tujuan agar tidak terjadi kebocoran. Kondisi seal yang rusak pasti dapat menyebabkan kebocoran, karena dua komponen tersebut tidak terhubung atau tersambung dengan rapat.

5. Masa Pakai AC

Penyebab terakhir adalah masa pakai AC. Tidak berbeda jauh dengan komponen lainnya, AC juga memiliki masa pakai. Dimana masa pakai AC kurang lebih adalah 5 sampai 10 tahun, namun hal tersebut dengan catatan AC tersebut mendapatkan perawatan secara rutin.

Apabila AC mobil tidak mendapatkan perawatan secara rutin, maka usia pakai AC mobil bisa lebih kurang dari 5 tahun. Oleh karena itu, melakukan perawatan pada AC mobil sangat diperlukan agar usia pakai AC bisa bertahan lebih lama.

Cara Mengatasi AC Mobil Bocor

Setelah mengetahui apa saja penyebab AC mobil bocor, maka tinggal mencari tahu bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut. Dimana cara mengatasi AC mobil bocor harus disesuaikan dengan penyebab permasalahan, sehingga kami sarankan kalian periksa AC mobil tersebut mulai dari penyebab pertama.

Apabila penyebab pertama bukan merupakan sumber permasalahan, maka bisa dilanjutkan ke penyebab selanjutnya sampai ditemukan penyebab utama AC mobil mengalami kebocoran. Setelah itu tinggal diatas sesuai dengan penyebab permasalahannya.

Biaya Perbaikan AC Mobil Bocor

Adapun Biaya Perbaikan AC Mobil Bocor itu bervariasi, dimana biaya yang perlu dikeluarkan kurang lebih adalah 300 ribu rupiah sampai dengan 1,5 juta rupiah. Biaya tersebut sudah termasuk dengan biaya penggantian spare part apabila memang diperlukan penggantian.

Untuk penggantian spare part sendiri ada dua jenis, yaitu penggantian medium yang pengerjaannya tanpa harus membongkar AC mobil dengan biaya kurang lebih 1 juta rupiah dan penggantian besar yang pengerjaannya mulai dari flusing system dan penggantian oli kompresor yang bisa mencapai 1,5 juta rupiah.

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi dari Uji Kokoh yang membahas tentang cara mengatasi dan penyebab AC mobil bocor, mudah-mudahan saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian semua seputar dunia otomotif.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.