2 Penyebab Minyak Rem Mobil Habis dan Cara Mengatasi

Advertisements

Penyebab Minyak Rem Mobil Habis – Minyak rem merupakan salah satu bagian terpenting pada sistem pengereman, dimana minyak rem digunakan pada jenis rem cakram atau disc yang memiliki fungsi untuk memberikan tekanan pada kampas rem dan kampas rem akan diteruskan ke cakram atau disc.

Maka dari itu, minyak rem menjadi salah satu bagian terpenting dalam sebuah sistem pengereman. Karena pada saat kondisi minyak rem habis, maka akan ada beberapa efek yang bisa diakibatkan. Dan dari efek tersebut pastinya akan sangat membahayakan pengendara.

Untuk kalian yang sekiranya saat ini sedang mengalami permasalahan minyak rem mobil habis dan kalian masih belum mengetahui apa penyebab minyak rem tersebut habis. Maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu pembahasan yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan.

Advertisements

Dimana kami akan memberikan pembahasan mengenai penyebab minyak rem mobil habis secara lengkap bersama beberapa informasi lainnya seperti ciri-ciri minyak rem habis sampai dengan cara mengatasi minyak rem habis. Untuk kalian yang sudah ingin mengetahui informasi selengkapnya, maka bisa langsung melihatnya dibawah ini.

Penyebab Minyak Rem Mobil Habis
Sumber: auto2000.co.id
Advertisements

Ciri-Ciri Minyak Rem Mobil Habis

Sebelum kami bahas lebih lanjut mengenai permasalahan ini, alangkah baiknya kalian ketahui terlebih dahulu beberapa ciri dari permasalahan ini. Karena ada ciri-ciri minyak rem mobil habis yang bisa mendeteksi permasalahan awal ini.

1. Lampu Indikator Rem Menyala

Ciri paling mudah untuk mengetahui permasalahan ini adalah lampu indikator rek akan menyala. Apabila lampu indikator rem sampai menyala, maka sudah dapat dipastikan minyak rem telah berkurang atau bahkan telah habis.

Sehingga pada saat mengendarai mobil kalian harus memperhatikan sejumlah lampu indikator yang terdapat pada bagian dashboard atau speedometer supaya kalian terus dapat mengetahui kondisi mobil yang sedang dialami secara real time.

2. Pedal Rem Terasa Blong

Ciri lainnya yang dapat dirasakan pada saat minyak rem mobil habis adalah pedal rem terasa blong. Hal tersebut sudah pasti akan terjadi karena tekanan pada kampas rem tidak terjadi secara sempurna, sehingga proses pengereman yang terjadi juga tidak sempurna.

Penyebab Minyak Rem Mobil habis

Setelah mengetahui beberapa ciri minyak rem mobil habis, lantas hal apa yang dapat menyebabkan minyak rem mobil habis? Adapun penyebab permasalahan tersebut umumnya ada dua, yaitu kampas rem habis dan terjadi kebocoran pada sistem rem atau slang minyak rem.

1. Kampas Rem Habis

Kondisi kampas rem yang habis mengharuskan minyak rem memberikan tekanan lebih besar pada saat melakukan pengereman, hal tersebut ternyata dapat mengurangi volume minyak rem secara otomatis. Apabila kondisi ini terjadi secara terus menerus, maka minyak rem dapat habis dalam jangka waktu tertentu.

2. Terjadi Kebocoran

Penyebab selanjutnya adalah terjadi kebocoran pada slang minyak. Kondisi ini merupakan penyebab paling mudah untuk di identifikasi. Karena kondisi minyak rem tidak mungkin cepat habis atau habis dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, kondisi minyak rem yang cepat habis sudah pasti akan disebabkan oleh kebocoran.

Cara Mengatasi Minyak Rem Mobil Habis

Apabila sudah mengetahui beberapa penyebab permasalahan ini, maka dapat ditemukan beberapa cara mengatasi minyak rem mobil habis. Dimana cara untuk mengatasi ini tetap harus disesuaikan dengan penyebab permasalahan.

Apabila penyebab permasalahan terdapat pada kondisi kampas rem yang sudah habis, maka perlu dilakukan penggantian pada kampas rem. Namun jangan lupa juga untuk melakukan penggantian atau penambahan minyak rem, karena setelah kondisi tersebut pasti minyak rem telah berkurang.

Sedangkan untuk penyebab kedua, maka perlu dilakukan penggantian pada bagian yang mengalami kebocoran. Sedangkan untuk proses penggantian komponen tersebut kami sarankan dilakukan di bengkel agar dapat diperiksa secara keseluruhan penyebab dari kebocoran tersebut.

Biaya Ganti Minyak Rem Mobil Habis

Adapun untuk biaya ganti minyak rem mobil habis terbagi menjadi dua, yaitu harga minyak rem dan ongkos penggantian. Adapun harga minyak rem mobil sendiri mulai dari 20 ribu sampai dengan 750 ribu, tergantung dari kualitas dan brand dari minyak rem yang digunakan.

Sedangkan untuk ongkos penggantian minyak rem biasanya dibandrol dengan tarif 100 ribu sampai 150 ribu, apabila penggantian dilakukan di bengkel biasa. Sedangkan untuk biaya ganti minyak rem di bengkel resmi biasanya dibandrol mulai dari 180 ribu sampai 200 ribu.

Jadi paling tidak untuk kalian yang ingin melakukan penggantian minyak rem harus mempersiapkan biaya untuk membeli minyak rem itu sendiri ditambah dengan biaya ongoks penggantian minyak rem.

Akhir Kata

Sekiranya cukup sekian dulu informasi mengenai penyebab minyak rem mobil habis dari Uji Kokoh, semoga saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi bisa memberikan tambahan informasi untuk kalian semuanya seputar minyak rem mobil.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.