4 Penyebab Segitiga Motor Bengkok : Biaya Servis & Ciri-Ciri

Advertisements

Penyebab Segitiga Motor Bengkok – Segitiga motor merupakan komponen yang memiliki fungsi untuk meyangga suspensi depan dan komponen ini terhubung langsung ke stang motor. Segitiga motor juga menjadi bantalan komstir atau steering, sehingga komponen ini dapat mempengaruhi kenyamanan berkendara.

Segitiga motor juga tidak berbeda jauh dengan komponen lainnya, dimana komponen tersebut dapat mengalami kerusakan. Namun kerusakan yang terjadi pada segitiga motor umumnya dikarenakan oleh kesalahan pengguna dalam mengendarai sepeda motor yang kurang baik.

Dan pada kesempatan ini kami akan membahas tentang penyebab segitiga motor bengkok, karena hal ini sering kali dialami oleh setiap pengguna sepeda motor. Kejadian tersebut biasanya dapat berakibat pada berkurangannya kenyamanan dalam berkendara, karena posisi mengendara akan berubah.

Advertisements

Nah, untuk kalian yang belum mengetahui akan hal tersebut, maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan secara lengkap. Barang kali saja informasi yang kami berikan hari ini dapat memberikan banyak manfaat.

Penyebab Segitiga Motor Bengkok
Advertisements

Ciri-Ciri Segitiga Motor Bengkok

Sebelum kami bahas lebih lanjut mengenai penyebab kerusakan komponen tersebut, alangkah baiknya jika kalian mengetahui terlebih dahulu beberapa ciri-ciri atau efek segitiga motor bengkok. Karena hal tersebut bisa dirasakan pada saat sepeda motor tersebut digunakan.

1. Stang Terasa Berat

Hal pertama yang akan dirasakan adalah setir atau stang motor akan terasa berat, hal tersebut akan sangat terasa apabila kondisi motor sedang berbelok. Dimana kondisi tersebut dapat menyebabkan kesulitan untuk mengarahkan kendaraan pada saat digunakan.

2. Stang Terasa Bergetar

Hal selanjutnya yang akan dirasakan adalah stang terasa bergetar, hal tersebut dikarenakan kondisi segitiga tidak menyatu secara sempurna dengan komponen lainnya seperti komstir atau suspensi. Sehingga dapat menyebabkan getaran pada saat sepeda motor tersebut digunakan.

3. Rem Depan Blong

Hal terakhir yang dapat dirasakan ialah rem tiba-tiba terasa blong, hal tersebut dikarenakan terjadi gap atau jarak pada rem depan. Gap atau jarak tersebut lah yang menjadikan rem depan akan terasa blong. Kalai sudah terjadi hal seperti itu, alangkah baiknya kalian langsung memperbaiki komponen tersebut.

Penyebab Segitiga Motor Bengkok

Apabila kalian sudah merasa ciri-ciri segita motor bengkok seperti yagn kami jelaskan diatas, lantas apa yang menjadi penyebab segitiga motor bengkok? Penyebab utama kerusakan komponen tersebut ialah karena pemakaian motor seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

Namun untuk penyebab segitiga motor bengkok secara pasti ialah sebagai berikut.

1. Benturan Yang Sangat Keras

Penyebab pertama bisa dikarenakan oleh benturan yang sangat keras. Karena komponen tersebut terbuat dari besi, sehingga akan sangat sulit untuk bengkok sebenarnya, namun hal tersebut tetap dapat terjadi apabila terjadi benturan yang sangat keras pada komponen tersebut.

Benturan tersebut bisa dikarenakan oleh kecelakaan, baik kecelakaan tunggal atau dengan kendaraan lain. Sehingga menyebabkan segitiga motor tersebut menjadi bengkok.

2. Kondisi Jalan Rusak

Penyebab berikutnya bisa dikarenakan kondisi jalan yang rusak. Karena komponen ini terhubung langsung dengan suspensi dan suspensi ini langsung terhubung ke roda yang secara langsung menyentuh jalan, maka tidak menutup kemungkinan dapat merusak segitiga motor apabila motor sering melewati jalanan yang rusak.

Terlebih lagi jika motor sering menghantam lubang besar dijalan, hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab utama kerusakan pada segitiga motor.

3. Penggunaan Yang Kasar

Penyebab selanjutnya bisa dikarenakan oleh penggunaan sepeda motor yang kasar. Karena seperti yang sudah kami jelaskan diatas, segitiga ini terhubung langsung dengan beberapa bagian yang bersentuhan dengan jalan. Sehingga penggunaan motor yang kasar dapat merusak komponen tersebut.

4. Usia Pakai Komponen

Penyebab terakhir dikarenakan oleh usia komponen itu sendiri. Karena setiap komponen itu memiliki usia pakai, sehingga saat usia pakai komponen tersebut telah habis. Maka tidak menutup kemungkinan komponen tersebut akan rusak dan harus diganti dengan yang baru.

Biaya Press Segitiga Motor Bengkok

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab segitiga motor bengkok, kemudian berapa biaya servis atau press segitiga motor? Untuk biaya perbaikan atau servis komponen ini terbagi berdasarkan jenis motor, karena ukuran segitiga motor berbeda-beda berdasarkan jenis motornya.

Jenis MotorBiaya
Motor Bebek dan SkuterRp 90.000
Motor Sport 150 ccRp 130.000
Motor Sport 250 ccRp 150.000

Akhir Kata

Demikian itu informasi tentang penyebab segitiga motor bengkok yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan pada kesempatan sekarang ini, semoga saja informasi mengenai segitiga motor yang baru saja kami bahas diatas bisa menambah wawasan kalian seputar sepeda motor.

Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.