7 Perbedaan RX King dan RX Spesial Terlengkap

Advertisements

Perbedaan RX King dan RX Spesial – Yamaha RX merupakan salah satu produk motor sport yang diproduksi oleh Yamaha sejak tahun 1980 sampai dengan tahun 2009. Motor ini menjadi salah satu motor legendaris, karena sampai saat ini masih tetap banyak yang menggunakan Yamaha RX.

Motor Yamaha ini sendiri hadir dengan beberapa varian, yaitu Yamah RX Spesial dan RX King. Dan dari kedua varian tersebut juga masih ada beberapa varian lainnya seperti Yamaha RX King Cobra. Motor Yamaha ini terkenal karena performanya yang begitu kencang.

Nah, untuk kalian yang sekiranya saat ini sedang ingin membeli motor Yamaha RX, namun masih merasa bingung dengan varian yang ada, seperti Yamaha RX Spesial dan RX King. Maka tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat dahulu informasi yang hari ini akan kami berikan.

Advertisements

Dimana pada kesempatan hari ini kami ingin memberikan informasi mengenai perbedaan RX King dan RX Spesial kepada kalian semua secara lengkap. Oleh karena itu, kami sarankan kepada kalian untuk melihat informasi dari kami terlebih dahulu, siapa tahu saja informasi tersebut dapat membantu.

Perbedaan RX King dan RX Spesial
Advertisements

Spesifikasi RX King dan RX Spesial

Sebelum kami bahas lebih lanjut mengenai perbedaan kedua varian motor Yamaha ini, alangkah baiknya jika kalian ketahui terlebih dahulu spesifikasi motor Yamaha ini. Karena spesifikasi kedua varian motor ini memiliki perbedaan, sehingga hal tersebut perlu kalian ketahui juga.

Spesifikasi Yamaha RX King

Mesin
Tipe 2-stroke, Berpendingin Udara
Volume Silinder 132 cc
Daya Maksimal 18,5 PS/9.000 rpm
Torsi Maksimal 1,54 kgf.m/8.000 rpm
Sistem Bahan Bakar Karburator Vm 26 x 1 Mikuni
Transmisi 5 Percepatan manual
Rasio Kompresi
Kapasitas Tangki BBM 9,5 Liter
Kaki-Kaki
Tipe Kerangka Double Cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Shockbreaker Ganda
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Ukuran Ban Depan 2,75 – 18 4 PR
Ukuran Ban Belakang 3,00 – 18 4 PR
Dimensi
Panjang x Lebar X Tinggi 1.970 x 735 x 1.065 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 160 mm
Jarak Sumbu Roda – mm
Tinggi Tempat Duduk – mm
Berat

Spesifikasi Yamaha RX Spesial

Mesin
Tipe 2-stroke, 1 silinder
Volume Silinder 115 cc
Daya Maksimal 15.5 ps (15,35 hp) @ 8500 rpm
Torsi Maksimal 1.35 kg-m @ 8000 rpm
Sistem Bahan Bakar Karburator: Mikuni VM 22
Transmisi 5 Percepatan manual
Rasio Kompresi
Kapasitas Tangki BBM 9.0 Liter
Kaki-Kaki
Tipe Kerangka Double Cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang double shockbreaker
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Ukuran Ban Depan 2.50-18-4pr
Ukuran Ban Belakang 2.75-18-4pr
Dimensi
Panjang x Lebar X Tinggi 1.950 x 745 x 1.035 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 155 mm
Jarak Sumbu Roda 1.240 mm
Tinggi Tempat Duduk 780 mm
Berat

Perbedaan RX King dan RX Spesial

Setelah mengetahui bagaimana spesifikasi kedua varian motor Yamaha tersebut, maka sudah sedikit terlihat perbedaan dari kedua varian motor tersebut. Namun untuk lebih jelas mengetahui perbedaan RX King dan RX Spesial, maka kalian bisa langsung melihat informasinya dibawah ini.

1. Tahun Produksi

Perbedaan pertama sudah sangat terlihat jelas dari tahun rpoduksi. Dimana tahun produksi RX Spesial lebih awal, karena memang tipe ini merupakan generasi pertama Yamaha RX. Dengan tahun produksi mulai dari awal kemunculan tahun 1980 sampai dengan tahun 1983.

Kemudian untuk tipe RX King mulai diproduksi dari tahun 1983 sampai dengan masa terakhir produksi motor ini, yaitu tahun 2009. Jadi perbedaannya sudah sangat terlihat jelas, apabila RX Spesial merupakan generasi pertama dari motor ini. Sedangkan RX-K merupakan generasi selanjutnya.

2. Kapasitas Mesin

Melihat dari kapasitas mesinnya, kedua varian motor ini juga sudah terlihat memiliki perbedaan. Dimana kapasitas mesin Yamaha RX Spesial adalah 115 cc, sedangkan untuk kapasitas mesin Yamaha RX King adalah 135 cc. Sehingga perbedaan dari kapasitas mesin juga sudah sangat terlihat.

3. Karburator

Selain itu, perbedaan selanjutnya terdapat pada jenis karburator yang digunakan. Dimana dapat dilihat pada spesifikasi kedua tipe motor Yamaha RX diatas, Yamaha RX Spesial menggunakan tipe karburator Mikuni VM22. Sedangkan untuk Yamaha RX-Kmenggunakan karburator Mikuni VM 26.

4. Rangka

Sedangkan dari sisi kerangka, kedua varian ini sama-sama menggunakan jenis kerangka yang sama, yaitu Double Cradle seperti yang sudah kami jelaskan diatas. Sehingga dari sisi jenis rangka yang digunakan pada kedua tipe motor tersebut tidak ada perbedaan.

5. AIS (Air Induction System)

Perbedaan selanjutnya adalah penambhan fitur AIS (Air Induction System), dimana fitur AIS baru terdapat pada motor Yamaha RX King generasi terakhir yang mulai diproduksi sejak tahun 2006. Sedangkan untuk tipe motor Yamaha RX keluaran sebelumnya belum dilengkapi dengan fitur tersebut.

Harga RX King dan RX Spesial

Apabila sudah mengetahui beberapa perbedaan dari kedua tipe motor Yamaha tersebut dan kalian merasa tertarik untuk membeli motor tersebut. Maka ada baiknya apabila kalian lihat terlebih dahulu informasi harga Yamaha RX-K dan RX Spesial yang turut kami sajikan juga hari ini.

Tipe MotorHarga
Yamaha RX SpesialRp 8 Juta – Rp 15 Juta
Yamaha RX KingRp 13 Juta – Rp 23 Juta

Harga diatas merupakan harga perkiraan, karena motor Yamaha ini sudah tidak lagi diproduksi. Sehingga harga diatas merupakan harga bekas dan harga tersebut bergantung dengan kondisi dari motor itu sendiri dan daerah tempat motor tersebut dijual. Sehingga akan ada perbedaan harga.

Akhir Kata

Dengan ini berakhir sudah informasi yang sekiranya dapat Uji Kokoh berikan mengenai perbedaan RX King dan RX Spesial, semoga saja informasi yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian semuanya yang memang sedang membutuhkan.

Sumber Gambar:

  • kumparan.com
  • otomotif.kompas.com
Advertisements

You May Also Like

About the Author: Rifki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *